EDUKASI FINANSIAL - JAKARTA. Intip cara daftar internet banking Bank Mandiri dan syaratnya. Nasabah perlu mengikuti proses registrasi dan aktivasi layanan agar dapat menikmati fasilitas perbankan berikut.
Mandiri Internet Banking merupakan layanan perbankan elektronik yang disediakan oleh Bank Mandiri melalui laman browser. Layanan ini memungkinkan nasabah Bank Mandiri untuk mengakses dan mengelola rekening melalui internet secara aman dan mudah.
Internet banking memungkinkan nasabah mendapatkan layanan transaksi dengan keamanan berlapis.
Dengan Mandiri Internet Banking, nasabah dapat melakukan berbagai transaksi perbankan secara online dan real time.
Baca Juga: Cara Transfer via Aplikasi Livin Mandiri ke Sesama Bank, Antar Bank & Biaya Transfer
Daftar internet banking Bank Mandiri
Berikut ini beberapa informasi terkait yang wajib Anda ketahui
- Cek saldo dan mutasi rekening: Nasabah dapat melihat saldo terkini dan riwayat transaksi rekening nasabah.
- Transfer antar rekening: Nasabah dapat melakukan transfer dana antara rekening Mandiri, baik antar-rekening sendiri maupun rekening pihak ketiga di Bank Mandiri.
- Transfer ke bank lain: Nasabah juga dapat mentransfer dana ke rekening di bank lain yang tergabung dalam jaringan transfer antar bank (kliring).
- Pembayaran tagihan: Nasabah dapat melakukan pembayaran tagihan rutin, seperti tagihan listrik, air, telepon, pulsa telepon, tagihan kartu kredit, dan lain-lain.
- Pembelian produk dan layanan: Layanan ini juga dapat digunakan untuk pembelian produk dan layanan tertentu, seperti pembelian tiket pesawat atau pembelian pulsa dan paket data.
- Permintaan cetak rekening dan buku tabungan: Nasabah dapat meminta cetak rekening atau buku tabungan melalui layanan ini.
Selain itu, Internet banking dari Bank Mandiri juga memfasilitasi keamanan ganda menggunakan token. Biaya token Mandiri Internet Banking tercatat sebesar Rp20.000 yang akan dikenakan pada awal pendaftar.
Selain itu syarat daftar internet banking Bank Mandiri juga cukup mudah sama seperti mobile banking. Pastikan bagi nasabah lama menyiapkan beberapa hal seperti aplikasi Livin by Mandiri.
Pada dasarnya, untuk mendaftar layanan internet banking perlu dua tahapan yakni Registrasi dan Aktivasi.
Untuk proses registrasi, nasabah bisa menggunakan layanan dari Livin by Mandiri maupun ATM. Sedangkan untuk aktivasi dapat memanfaatkan fitur M-Token dan layanan CS di cabang terdekat.
Yuk simak tahapan dari registrasi hingga aktivasi internet banking Bank Mandiri yang praktis untuk dilakukan.
Baca Juga: Bank Mandiri Akan Luncurkan Program Livin’poin Bagi Kemudahan Nasabah
Tahapan registrasi
1. Registrasi via Livin by Mandiri
Opsi pertama, nasabah bisa memanfaatkan fitur aplikasi Livin by Mandiri.
- Unduh Livin’ by Mandiri.
- Buka Aplikasi.
- Masukkan nomor kartu debit dan masa berlaku (tanggal kedaluwarsa) kartunya.
- Masukkan tanggal lahir nasabah.
- Klik kirim SMS untuk verifikasi perangkat.
- Buat kata sandi sesuai kriteria.
- Buat PIN untuk melakukan transaksi.
- Masukkan PIN kartu debit.
- Pendaftaran berhasil.
2. Registrasi via ATM Bank Mandiri
Selain itu, nasabah bisa juga mendapatkan nomor dan kode access untuk proses aktivasi selanjutnya.
- Datang ke ATM Mandiri terdekat.
- Masukkan kartu ATM.
- Masukkan PIN ATM.
- Klik Transaksi Lainnya.
- Pilih menu Pendaftaran e-Banking.
- Pilih menu Internet Banking.
- Klik Setuju saat halaman konfirmasi sudah muncul di layar.
- Masukkan PIN ATM.
- Buat PIN untuk internet banking.
- Masukkan PIN yang sudah dibuat.
- Pilih Benar.
- Tunggu hingga keluar struk dari mesin ATM.
- Nomor kartu dan Acces Code akan muncul.
Kemudian, nasabah dapat membawa kartu dan access code ke laman IB Mandiri melalui menu Akitvasi USER.
Aktivasi layanan keuangan
1. Aktivasi via m-Token Internet Banking Mandiri
Nasabah bisa melakukan aktivasi m-token melalui halaman internet banking.
- Buka tautan ib.bankmandiri.co.id di browser.
- Klik menu Pengguna Baru/Registrasi Ulang
- Cek Syarat dan Ketentuan dahulu sebelum.
- Lalu, klik setuju.
- Masukkan 16 digit Access ID dan Access Code Internet Banking berupa PIN.
- Pilih Aktifkan.
- Masukkan User ID, alamat email, dan PIN internet banking.
- Pilih Kirim.
- Aktivasi berhasil.
Nasabah perlu datang ke kantor cabang Bank Mandiri untuk melakukan aktivasi transaksi finansial termasuk pengambilan M-Token.
2. Aktivasi di Kantor Cabang Bank Mandiri Terdekat
Pastikan Anda membawa syarat seperti buku tabungan hingga KTP untuk verifikasi.
- Bawa KTP, buku tabungan Mandiri, email aktif, dan HP.
- Datang ke kantor cabang bank Mandiri terdekat.
- Pastikan ambil nomor antrian CS.
- Isi formulir pendaftaran dan aktivasi i-Banking Mandiri.
- Tunggu panggilan ke CS.
- Customer service akan mengaktivasi untuk memiliki m-Token Mandiri.
- Aktivasi m-Token bisa menjadi opsi dengan biaya tambahan.
- Layanan internet banking Mandiri sudah bisa digunakan.
Demikian beberapa penjelasan terkait cara registrasi dan aktivasi internet banking Bank Mandiri yang mudah untuk diterapkan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News