Cara Daftar Subsiditepat.mypertamina.id Agar Tetap Bisa Beli Solar Subsidi

Minggu, 28 Mei 2023 | 05:00 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Cara Daftar Subsiditepat.mypertamina.id Agar Tetap Bisa Beli Solar Subsidi


PEMBATASAN BBM - JAKARTA. Ikuti cara daftar MyPertamina secara online di website Subsiditepat.mypertamina.id berikut. Saat ini Pertamina telah mewajibkan pembeli solar subsidi atau Biosolar harus memiliki QR code atau terdaftar di Subsiditepat.mypertamina.id.

Kewajiban daftar di Subsiditepat.mypertamina.id juga berlaku untuk konsumen di Jakarta, Bogor dan Depok. Sebelumnya, pembelian solar subsidi di wilayah tersebut masih bebas.

Diberitakan Kompas.com, Pertamina Patra Niaga melanjutkan program pembatasan pembelian Solar subsidi yang kini menerapkan mekanisme Full QR di 234 kota atau kabupaten di Indonesia.

Artinya, masyarakat yang akan membeli Solar subsidi di 234 kota atau kabupaten tersebut, sudah wajib memiliki QR Code yang didapat setelah melakukan registrasi di MyPertamina.

Irto Ginting, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga mengatakan, program subsidi tepat untuk Solar subsidi bukan hal baru. Saat ini pihaknya terus mengevaluasi serta melanjutkan tren positif dari program tersebut.

Selain itu, penyaluran Solar subsidi juga sudah diatur dalam Surat Keputusan BPH Migas No. 04/P3JBT/BPH MIGAS/KOM/2020 mengenai Pengendalian Penyaluran Jenis BBM Tertentu, baik kriteria kendaraan, dan volume atau kuota hariannya.

"Mengingat penyaluran Solar Subsidi sudah diatur, maka bertahap kami berlakukan Full QR untuk Solar Subsidi. Ini adalah langkah selanjutnya untuk memastikan masyarakat terbiasa memanfaatkan QR Code-nya," ujar Irto dalam keterangan resminya, Kamis (25/5/2023).

Baca Juga: Resmi Berlaku Di 234 Kota, Beli Solar Wajib Daftar Subsiditepat.mypertamina.id

Dengan penerapan Full QR untuk Solar subsidi, menurut Irto, memiliki manfaat termasuk bagi penggunanya. Pertama dalam hal keamanan kuota harian yang berhak dibeli, lalu evaluasi atas modus penyalahgunaan oknum yang tak bertanggung jawab.

Irto mengatakan, saat skema input nomor polisi masih diperbolehkan, banyak kejadian nomor polisi kendaraan konsumen yang ternyata sudah digunakan oknum tak bertanggung jawab. "Full QR ini bisa menjadi jawaban, karena semua transaksi benar-benar sesuai dengan scan QR Code. Untuk keamanan ekstra, QR Code dapat direset berkala tanpa ada batas, jadi jika hilang atau curiga digunakan, bisa diganti dengan QR Code baru melalui website Subsidi Tepat," ujar Irto.

Penerapan mekanisme Full QR untuk Solar subsidi di 234 kota atau kabupaten, resmi berlaku mulai 25 Mei 2023. Sepajang periode 2 minggu ke belakang, wilayah-wilayah tersebut sudah menerapkan mekanisme Full Registrant dan performa transaksi QR juga diklaim cukup baik serta siap menerapkan Full QR.

Menurut Irto, pada awal penerapan Full QR Pertamina juga menyiapkan antisipasi untuk memudahkan masyarakat, yakni dengan penyediaan titik print QR pada beberapa SPBU. "Jadi masyarakat yang QR Code tertinggal, atau mau refresh ulang QR Code, bisa dibantu di SPBU dan bisa langsung melanjutkan transaksi pembelian Solar Subsidi," katanya.

Diharapkan program Subsidi Tepat Full QR pada tahap awal dapat berjalan dengan baik, dan mendapat dukungan dari seluruh stakeholder.

Cara daftar MyPertamina di website Subsiditepat.mypertamina.id

Untuk mempercepat pendaftaran MyPertamina, harap mempersiapkan dokumen sebagai berikut:

  • KTP
  • STNK
  • Foto Kendaraan yang memperlihatkan jumlah roda dan nopol
  • Surat Rekomendasi (Untuk non kendaraan)

Untuk kesuksesan pendaftaran, Pastikan :

  • Foto KTP Terbaca
  • Foto STNK Terbaca
  • Foto Kendaraan Sesuai dengan STNK
  • Isi Silinder yang diinput sesuai STNK
  • Jumlah Roda dapat dihitung dan sama dengan data yang diinput

Cara daftar MyPertamina untuk beli solar

Berikut ini cara daftar MyPertamina untuk beli solar di website Subsidi Tepat Pertamina.

1. Membuat akun di website www.subsiditepat.mypertamina.id

Masukan data diri, data kendaraan, dan foto dokumen terkait (STNK, KTP, dan surat pendukung lainnya)

Melakukan self declare untuk pertanggungjawabaan data yang disubmit.

2. Pencocokan data

Data yang sudah disubmit akan dicocokkan dengan dokumen yang diuplod, serta ketentuan subsidi yang berlaku.

3. Mendapatkan QR Code

Pengguna akan mendapatkan email pemberitahuan terkait hasil verifikasi, dan jika mendapatkan subsidi akan mendapatkan QR Code dengan dua cara:

  • Melalui akun pengguna di website subsidi tepat.
  • Melalui fasilitas QR Code subsidi tepat di aplikasi MyPertamina.

4. Transaksi di SPBU

Pengguna melakukan scan QR pada EDC atau menginput nomor polisi kendaraan jika tidak memiliki ponsel. Pembayaran dapat menggunakan cash, MyPertamina atau metode lain di SPBU.

Harga Solar bersubsidi 2023

Merujuk website resmi Pertamina, harga Solar 2023 masih sama dengan tahun 2022. Solar atau Biosolar adalah BBM bersubsidi yang harganya ditetapkan pemerintah.

Terakhir kali pemerintah mengubah harga Solar pada September 2023 menjadi Rp 6.800 per liter. Sampai Januari 2023, harga solar bersubsidi masih Rp 6.800 per liter di seluruh Indonesia.

Itulah info cara daftar MyPertamina melalui website Subsiditepat.mypertamina.id untuk beli solar bersubsidi. Segera daftarkan mobil Anda di Subsiditepat.mypertamina.id agar bisa beli solar bersubsidi atau biosolar.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru