Cara Daftar TikTok Shop Seller, Kanal Baru untuk Jualan Online

Rabu, 13 April 2022 | 12:57 WIB Sumber: Kompas.com
Cara Daftar TikTok Shop Seller, Kanal Baru untuk Jualan Online

ILUSTRASI. Cara Daftar TikTok Shop Seller, Kanal Baru untuk Jualan Online


TIKTOK - Jakarta. Sarana untuk jualan online kini semakin banyak. Belakangan ini banyak yang jualan online menggunakan TikTok Shop. Lalu bagaimana cara daftar sebagai seller untuk jualan online melalui TikTok Shop?

Sebagai pengguna aktif TikTok, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan TikTok Shop. Beberapa produk yang dijual di TikTok Shop mungkin kadang muncul di halaman for your page (FYP) sebagai konten yang dipromosikan.

Produk-produk di TikTok Shop juga tampaknya berhasil menarik banyak peminat, yang bisa mendatangkan calon pembeli. Lantas, bagaimana cara mendaftar TikTok Shop seller untuk jualan online? Berikut panduannya:

Cara daftar TikTok Shop Seller

Dikutip dari laman TikTok, TikTok shop merupakan tempat untuk konsumen lokal untuk membeli beragam jenis barang sembari memberikan peluang mengiklankan bisnis, menarik pelanggan, dan memanfaatkan sumber daya sebagai kreator. 

Baca Juga: Tinggal Tempel Link, SaveTik Situs Download Video TikTok Tanpa Watermark

Adapun cara untuk berjualan atau menjadi seller di TikTok Shop adalah:

  • Buka laman https://seller-id.tiktok.com/account/welcome
  • Klik “Sign up with TikTok Account”
  • Selanjutnya klik “Sign Up” jika belum memiliki akun, atau lakukan Login dengan akun TikTok jika sebelumnya pernah memiliki akun
  • Setelah akun berhasil dibuat, login dengan akun TikTok yang telah dimiliki kemudian Klik “Authorize” untuk mengizinkan TikTok Shop mengakses akun TikTok
  • Selanjutnya lakukan verifikasi kode untuk lanjut berjualan di TikTok Shop
  • Untuk mulai berjualan sebaiknya lakukan verifikasi dokumen terlebih dahulu dengan menekan tombol “Upload Documents” guna melakukan verifikasi.

Adapun untuk menambahkan produk yang akan dijual di TikTok Shop bisa klik menu “Add First Product” kemudian “add product” yang ada pada halaman Homepage. Cara lain bisa dengan melakukan klik pada menu “Products”, kemudian tap “Add New product” untuk mulai menambahkan produk barang yang dijual.

Apa itu TikTok Shop?

TikTok Shop adalah bentuk Kerjasama TikTok dengan Shopify. Dikutip dari Hootsuite, TikTok Shop memungkinkan pengguna untuk menelusuri, memilih dan membeli barang tanpa perlu keluar dari aplikasi TikTok.

TikTok Shop pertama kali diluncurkan oleh pengguna di Amerika Serikat, Inggris dan Kanada. Kini, TikTok tersedia untuk pengguna di sebagian besar negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Alasan mengapa berjualan di Tiktok menarik adalah karena banyaknya tren yang muncul di TikTok. Selain itu, TikTok digunakan oleh berbagai kalangan, tak hanya anak-anak.

Setidaknya ada sekitar 1 miliar pengguna aktif bulanan di TikTok. Alasan yang lain untuk berjualan di TikTok, karena pengguna TikTok rata-rata menghabiskan waktu penggunaan hariannya lebih dari satu jam. Dengan demikian, besar peluang untuk menarik pelanggan di TikTok untuk berbelanja di TikTok Shop.

Itulah cara daftar sebagai seller TikTok Shop. Semoga dagangan Anda laris.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Daftar TikTok Shop untuk Jualan Online di TikTok",

Penulis : Nur Rohmi Aida
Editor : Rendika Ferri Kurniawan

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru