Cara Download Dolphin Emulator APK Versi 5.0 ke atas dan Spesifikasi Android Minimum

Jumat, 18 November 2022 | 09:27 WIB   Penulis: Arif Budianto
Cara Download Dolphin Emulator APK Versi 5.0 ke atas dan Spesifikasi Android Minimum

ILUSTRASI. Cara Download Dolphin Emulator APK Versi 5.0 ke atas dan Spesifikasi Android Minimum


KONTAN.CO.ID - Begini cara download Dolphin Emulator APK versi 5.0 ke atas untuk HP Android. Link download Dolphin Emulator APK versi terbaru ini dapat diakses lewat Play Store dan website resmi Dolphin Emulator.

Tahukah Anda? Kita dapat memainkan game dari konsol atau platform tertentu menggunakan HP Android yang Anda miliki. Misalnya memainkan game PSP dapat memanfaatkan emulator yang bernama PPSSPP atau game PS2 menggunakan AetherSX2.

Tampaknya masih ada emulator lainnya yang dapat Anda coba. Bagi gamers yang ingin memainkan game berbasis konsol Nintendo GameCube dan Wii, Dolphin Emulator adalah jawabannya.

Dolphin Emulator ini dapat memainkan beberapa judul game populer seperti Mario, Zelda, Monster Hunter dan masih banyak jdul lainnya yang rilis di konsol GameCube dan Wii.

Dolphin Emulator adalah emulator GameCube dan Wii yang gratis dan memiliki sumber terbuka (open source) yang tersedia di Windows, macOS, Linux dan juga Android.

Baca Juga: Mengenal Dolphon Emulator, Cara Bermain Game Game Nintendo GameCube dan Wii di PC

Super Mario Galaxy 2

Mengingat spesifikasi HP Android yang lambat laun semakin canggih, Dolphin Emulator juga semakin stabil saat berjalan di perangkat Android. Anda dapat memainkan beragam judul GameCube dan Wii dengan lancar menggunakan Dolphin Emulator ini.

Fakta menarik dibalik Dolphin Emulator, ini merupakan emulator pertama yang berhasil menjalankan game dari konsol GameCube dan satu-satunya emulator yang dapat menjalankan game Wii.

Dilansir dari website resmi Dolphin Emulator, setidaknya ada 60,3% game yang dapat dimainkan dengan baik lewat emulator tersebut dan 36,7%  yang berjalan sempurna.

Tertarik buat cobain Dolphin Emulator dan memainkan game jadul yang dulu Anda temukan di GameCube dan Wii? Yuk simak cara download Dolphin Emulator APK versi 5.0 ke atas di Android.

Oh iya, sebelum memainkan Dolphin Emulator di perangkat Android yang Anda miliki, simak spesifikasi yang dibutuhkan berikut ini.

Baca Juga: Genshin Impact Masuk The Game Awards 2022 untuk 2 Kategori ini, Begini Cara Vote

Spesifikasi Dolphin Emulator Android

Spesifikasi Dolphin Emulator minimum di Android:

  • Versi Android: Android 5.0
  • CPU: AArch64
  • RAM: 1 GB
  • Graphics hardware: OpenGL ES 3.0

Spesifikasi Dolphin Emulator recomended di Android:

  • OS: Android 10
  • CPU: Snapdragon 835 atau yang setara
  • RAM: 4 GB
  • Graphics hardware: Adreno 540 atau yang setara dengan dukungan OpenGL ES 3.2 dan Vulkan

Silahkan cek spesifikasi perangkat Android yang Anda miliki, baik itu HP atau tablet Android, apakah sudah memenuhi syarat di atas?

Jika perangat Android yang Anda miliki sudah memenuhi spesifikasi Dolphin Emulator seperti yang tertera di atas, sekarang kita lanjut ke langkah berikutnya untuk download emulator tersebut.

Baca Juga: PUBG Mobile 2.3 Terbaru: Link Download Resmi (Android, iOS) & Ukuran Besarnya Update

Cara download Dolphin Emulator APK versi 5.0 ke atas di Android:

  1. Siapkan HP Android atau tablet yang akan Anda gunakan untuk menjalankan Dolphin Emulator sesuai dengan spesifikasi di atas.
  2. Buka Play Store atau kunjungi link resmi berikut ini untuk download Dolphin Emulator APK versi 5.0 ke atas:
    • Link download Dolphin Emulator versi 5.0-17269 APK Android (via website): https://dolphin-emu.org/download
    • Link download Dolphin Emulator versi 5.0-17269 APK Android (via Play Store): https://play.google.com/store/apps/details?id=org.dolphinemu.dolphinemu
  3. Catatan, aplikasi Dolphin Emulator ini tidak datang dengan game dari konsol GameCube atau Wii. Anda harus memiliki dan mendapatkan game sendiri untuk memainkan game dari konsol GameCube dan Wii lewat Dolphin Emulator ini.

Seperti yang kita ketahui, download Dolphin Emulator APK Android ini tidak datang dengan game yang dapat Anda mainkan ketika selesai download. Anda harus memiliki salinan game dari konsol GameCube dan Wii untuk menjalankannya lewat Dolphin Emulator ini.

Berikut ini daftar format game ISO/ROM yang dapat dimainkan lewat Dolphin Emulator:

  • GCM/ISO
  • GCZ
  • CISO
  • WBFS

Demikian beberapa informasi seputar Dolphin Emulator, termasuk cara download APK versi 5.0 ke atas di Android dan spesifikasi yang dibutuhkan untuk memainkan emulator tersebut.

Akhir kata, selamat mencoba Dolphin Emulator APK versi 5.0 ke atas di Android.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru