Cara Download Video YouTube Tanpa Aplikasi Tambahan, Gratis, Praktis dan Aman

Kamis, 29 September 2022 | 09:34 WIB   Penulis: Arif Budianto
Cara Download Video YouTube Tanpa Aplikasi Tambahan, Gratis, Praktis dan Aman

ILUSTRASI. Cara Download Video YouTube Tanpa Aplikasi Tambahan, Gratis, Praktis dan Aman


KONTAN.CO.ID - Mau download video YouTube tanpa aplikasi tambahan? Cobain cara download video YouTube gratis, praktis dan aman berikut ini.

YouTube merupakan salah satu platform yang hadir dalam bentuk website maupun aplikasi yang begitu populer. Banyak video yang mungkin Anda tonton berasal dari YouTube, entah itu video dari kanal favorit Anda hingga yang beredar di sosial media.

Bicara soal video YouTube, kita dapat dengan leluasa menonton beragam video yang menarik dengan cara streaming. Namun, bagaimana jika kita sedang tidak terhubung dengan internet paket data yang Anda gunakan sudah habis kuotanya? Apakah masih bisa nonton video YouTube?

Jawabannya tentu saja bisa, Anda tetap bisa nonton video YouTube meskipun tidak terhubung dengan internet alias offline.

YouTube and TikTok

Lalu, bagaimana caranya? Mudah, yang perlu Anda lakukan supaya bisa nonton video YouTube secara offline adalah mengunduhnya atau download

Seperti yang kita ketahui, aplikasi maupun website YouTube menyediakan fitur download video. Ini merupakan fitur resmi yang memang disediakan oleh pihak YouTube, di mana memungkinkan pengguna untuk download video yang mereka inginkan.

Sebelum Anda download video YouTube lewat aplikasi atau website resminya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Meskipun YouTube menghadirkan fitur download video secara gratis, namun itu hanya bisa ditonton lewat website atau aplikasinya saja.

Video YouTube yang sudah Anda download tidak akan tersimpan di galeri perangkat yang Anda gunakan. Selain itu, tidak semua video YouTube juga bisa Anda download atau unduh, kecuali berlangganan premium.

Jika Anda tidak terlalu bermasalah dengan beberapa hal tersebut, berikut ini cara download video YouTube yang dapat Anda simak.

Baca Juga: Cara Download The Spike - Volleyball Story Android dan iOS, Link Apk Versi Terbaru

Cara Download Video YouTube Gratis di HP (via aplikasi):

  • Buka aplikasi YouTube di HP Android atau iOS Anda.
  • Temukan video YouTube yang ingin diunduh atau download.
  • Setelah itu, perhatikan di bagian bawah video YouTube, ketuk tombol Download apabila tombol aktif. Jika tombol tersebut tidak aktif, artinya Anda harus berlangganan atau bisa cari video yang lainnya.
  • Jangan lupa, pilih resolusi yang tersedia mulai dari yang rendah (144p) dan sedang (480p). Resolusi dengan kualitas tinggi hanya dapat diakses bagi pengguna Premium.
  • Tunggu proses download video YouTube selesai.

Setelah proses download video YouTube di aplikasi selesai, selanjutnya Anda bisa menontonnya di menu Library pada navigasi bagian bawah. Setelah itu pilih menu Download untuk menonton video YouTube yang telah diunduh secara offline.

Selain lewat HP, Anda juga bisa download video YouTube langsung di website resminya menggunakan laptop atau komputer. Yuk cari tahu selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Download Video TikTok Tanpa Watermark Terbaru 2022 Tanpa Aplikasi, Coba Cara Ini Yuk

Cara Download Video YouTube Gratis di laptop (via website):

  • Buka website YouTube melalui aplikasi browser di laptop Anda.
  • Cari video YouTube yang ingin Anda download.
  • Perhatikan beberapa tombol di bawah video, tepatnya di atas nama channel. Temukan tombol Download untuk mengunduh video YouTube yang diinginkan.
  • Untuk pengguna gratis tersedia opsi resolusi rendah (144p) dan sedang (480p), sementara pengguna YouTube premium dapat memilih opsi resolusi yang lebih tinggi lagi.
  • Tunggu proses download video YouTube selesai.

Demikian beberapa hal yang dapat Anda simak terkait download video YouTube tanpa aplikasi tambahan yang gratis, praktis dan aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru