CLOSE [X]

Cara Komplain Paket JNE Express beserta Lacak Resi dengan Mudah

Rabu, 20 Desember 2023 | 16:16 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Cara Komplain Paket JNE Express beserta Lacak Resi dengan Mudah

ILUSTRASI. Komplain Paket JNE Express dan Lacak Resi. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Cara Komplain Paket JNE Express - JAKARTA. Simak panduan cara komplain paket JNE Express dan pelacakan lewat resi. Salah satu layanan pengiriman barang yang sudah terkenal di Indonesia adalah JNE Express.

JNE Express merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman dan logistik di Indonesia. "JNE" merupakan singkatan dari PT Jalur Nugraha Ekakurir.

Perusahaan ini berkomitmen untuk menyediakan layanan pengiriman yang cepat dan andal untuk berbagai jenis barang, mulai dari dokumen, paket, hingga barang dagangan.

JNE Express menawarkan berbagai layanan pengiriman, baik domestik maupun internasional.

Baca Juga: Cara Menghubungi Customer Service Shopee dalam Layanan Toko dan Pembeli

JNE-Karyawan Sedang Melayani Pelanggannya

Untuk pengiriman domestik, JNE Express menyediakan layanan pengiriman kilat, reguler, dan OKE. Layanan kilat memastikan paket sampai ke tujuan dalam waktu 1-2 hari kerja. Layanan reguler membutuhkan waktu 2-3 hari kerja, sedangkan layanan OKE membutuhkan waktu 3-4 hari kerja.

Untuk pengiriman internasional, JNE Express menyediakan layanan pengiriman ke berbagai negara di dunia. Layanan ini mencakup pengiriman dokumen, paket, dan barang dagangan.

JNE Express juga menyediakan layanan pelacakan online. Dengan layanan ini, pengirim dan penerima dapat memantau status pengiriman paket mereka secara real-time.

Nah, berikut ini beberapa langkah untuk cek resi JNE Express melalui laman Website dan media sosial berikut ini.

Baca Juga: Cara Menjadi Mitra ShopeeFood Driver secara Online dan Syaratnya

Cek resi JNE

1. Cek resi JNE Express via website

Kemudian ada pilihan lain dengan cara cek resi JNE Express melalui laman JNE di jne.co.id.

  • Buka https://www.jne.co.id/ pada browser.
  • Klik kolom Lacak Kiriman.
  • Isikan nomor resi JNE Express.
  • Klik Tracking berwarna hijau.
  • Tunggu pencarian paket yang tersedia berwarna biru.
  • Klik nomor resi warna biru untuk status lebih detail.

2. Cek resi JNE Express via MyJNE

Pengguna bisa ikuti langkah dari cara cek resi JNE Express via aplikasi dalam pemantauan paket dengan jumlah banyak. 

  • Download aplikasi MyJNE di Google Play Store atau App Store.
  • Pilih Sign Up dengan nomor HP.
  • Pilih cek resi JNE Express.
  • Masukkan nomor resi JNE Express.
  • Tunggu informasi posisi keberadaan paket.

3. Cek resi JNE Express via media sosial

Sedangkan, cara cek resi JNE berikut bisa dilakukan apabila muncul kecurigaan paket yang berhenti lama.

Pelanggan hanya perlu memberikan nomor resi JNE Express lewat layanan customer service (CS) seperti Twitter @JNE_ID dan Facebook JNE Pusat.

Komplain paket JNE Express

Hubungi Layanan Pelanggan JNE Express seperti hotline JNE Express di nomor (021) 2927 8888 dan email: customercare@jne.co.id.

Kemudian, Anda juga bisa membuka laman resmi JNE yang bisa dijangkau lewat fitur CHAT JONI.

  • Buka laman resmi www.jne.co.id/.
  • Klik ikon Chat JONI.
  • Isi formulir dengan memasukkan nama lengkap, email, dan nomor telepon.
  • Klik Start Chatting.
  • Isi kolom pesan terkait keluhan/masalah/pertanyaan tentang paket JNE.
  • Tunggu balasan dari pihak CS.

Anda bisa segera hubungi pusat layanan pelanggan JNE Express. Anda dapat menemukan nomor kontak dan informasi lainnya di situs web resmi mereka atau pada tanda terima pengiriman.

Tips komplain paket

Saat berbicara dengan layanan CS JNE Express, siapkan informasi penting seperti nomor resi pengiriman, detail pengirim, dan penerima, serta deskripsi keluhan atau masalah yang Anda alami.

Gambarkan masalah yang Anda alami dan berikan informasi yang dibutuhkan agar mereka dapat membantu Anda dengan lebih baik.

Jangan lupa untuk meminta nomor referensi atau tiket keluhan sebagai bukti bahwa keluhan Anda telah tercatat dalam sistem mereka. Ini dapat membantu mempercepat proses penyelesaian.

Ikuti petunjuk atau saran yang diberikan oleh petugas layanan pelanggan untuk menyelesaikan masalah atau keluhan. Mereka mungkin memberikan informasi tambahan atau meminta tambahan dokumen.

Pantau status keluhan Anda melalui nomor referensi yang diberikan. Jika keluhan tidak terselesaikan dengan memuaskan, Anda mungkin perlu mengajukan keluhan lebih lanjut atau mencari bantuan dari instansi yang berwenang.

Demikian informasi bermanfaat untuk melacak dan komplain paket JNE Express bagi pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti
Terbaru