Cara memasak mie instan yang lebih sehat

Selasa, 31 Agustus 2021 | 13:00 WIB Sumber: Kompas.com
Cara memasak mie instan yang lebih sehat


KULINER - Jakarta. Mie instan, banyak yang suka karena rasa dan mudah dibuat. Namun, jika terlalu sering dikonsumsi, mie instan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Nah, untuk meminimalisir dampak negatif tersebut, berikut cara memasak mie instan yang sehat. 

Baru-baru ini, brand mie instan asal Indonesia, Indomie, menjadi mie instan terbaik di dunia versi LA Times. Yah, mie instan memang punya rasa yang menggoda lidah dan membuat kita selalu merindungan kenikmatan rasanya.

Namun, sudah bukan rahasia umum lagi bahwa konsumsi mie instan berlebihan bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Melansir dari Healhtline, mie instan sangat rendah nilai nutrisnya sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari.

Dalam laporan tersebut, disebutkan bahwa mie instan sangat rendah nilai gizi termasuk protein, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B12, kalsium, magnesium, dan kalium.

Disisi lain, konsumsi mie instan berlebihan juga menimbulkan efek negatif. Pasalnya kandungan sodium dalam mie instan sangat tinggi. Hal ini bisa meningkatkan risiko anker perut, penyakit jantung, dan stroke.

Tapi bagi kalian para pecinta mie instan, ada cara yang mudah memasak mie instan lebih sehat, sehingga mie instan tersebut memiliki nilai gizi yang lebih tinggi. Bagaimana cara memasak mie instan yang lebih sehat? Berikut informasinya:

Baca juga: Awas! Makan mie instan dengan nasi terus menerus bisa memicu masalah kesehatan

Cara masak mie instan agar lebih sehat

Berikut tiga cara memasak mie instan agar lebih sehat:

1. Buang sebagian bumbunya

Cara pertama memasak mie instan yang lebih sehat adalah membuang sebagian bumbunya. Jangan gunakan bumbu mie instan sepenuhnya karena bumbu tersebut sanga tinggi kadar natriumnya.

Sebagai gantinya, tambahkan bahan alami yang bisa memperkaya rasa seperti minyak wijan, kecap ikan, atau kecap manis.

2. Tambahkan sayuran segar

Cara kedua memasak mie instan yang lebih sehat adalah menambah sayuran segar. Menambahkan sayuran segar seperti sawi, selada, pak choy, wortel akan menambah nilai gizi pada mie instan. Sayuran segar ini akan menambahkan nutrisi penting seperti potasium, serat makanan, folat, vitamin A, dan vitamin C.

3. Tambahkan protein

Cara ketiga memasak mie instan yang lebih sehat adalah menambah protein. Kita dapat menambahkan telur rebus atau telur goreng saat masak mie instan agar lebih sehat.

Jika tidak menyukai telur, Anda bisa menambahkan irisan daging sapi atau ayam tanpa lemak. Untuk menambah rasa ekstra pada daging, Anda dapat menumisnya dengan tambahan merica atau kecap asin sebelum menambahkannya ke dalam mie instan.

Demikianlah cara memasak mie instan yang lebih sehat. Meski demikian, jangan terlalu sering makan mie instan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Memasak Mie Instan Agar Lebih Sehat",


Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

Selanjutnya: Bahaya! Suka makan mi instan pakai nasi? Ini peringatan dokter

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru