Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing atau Domba, Kenali Ciri-Ciri

Senin, 11 Juli 2022 | 09:40 WIB Sumber: Kompas.com
Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing atau Domba, Kenali Ciri-Ciri

ILUSTRASI. Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing atau Domba, Kenali Ciri-Ciri


IDUL ADHA - Jakarta. Simak cara membedakan daging sapi dan kambing. Cara membedakan daging sapi dan kambing bisa dilihat dari ciri-ciri fisiknya.

Cara membedakan daging sapi dan kambing penting diketahui pada musim kurban Idul Adha. Pasalnya, daging kurban yang dibagikan panitia Idul Adha biasanya tercampur antara daging sapi dan kambing.

Disisi lain, terkadang ada anggota keluarga yang tidak suka atau memiliki pantangan terhadap daging sapi atau kambing. Oleh karena itu, sebelum mengolahnya, Anda harus mengetahui cara membedakan daging sapi dan kambing.

Bagi Anda yang menghindari jenis salah satunya, bisa melihat dari ciri-cirinya apakah daging sapi atau kambing Lantas apa saja ciri-ciri daging sapi dan daging kambing dan bagaimana cara membedakan daging sapi dan kambing?

Cara membedakan daging sapi dan kambing

Cara membedakan daging sapi dan kambing bisa dilakukan dengan melihat ciri-ciri fisiknya. Ciri-ciri daging sapi, sebagaimana dikutip dari laman Dinas Peternakan Provinsi Jatim adalah sebagai berikut:

  • Daging merah pucat
  • Berserabut halus dengan sedikit lemak
  • Konsistensi liat
  • Bau dan rasa aromatis

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami dan Waktu yang Dibutuhkan

Sementara itu, ciri-ciri pada daging kambing yakni sebagai berikut:

  • Daging lebih pucat dari daging domba
  • Lemak menyerupai lemba domba
  • Daging kambing jantan berbau khas

Sementara itu, untuk ciri-ciri daging domba yakni:

  • Daging terdiri dari serabut halus
  • Warna merah muda, konsistensi cukup tinggi
  • Banyak lemak di otot
  • Bau sangat khas
  • Lemak berwarna putih.

Cara membedakan daging sapi dan kambing

Selengkapnya untuk membedakan apakah daging sapi atau kambing, sebagaimana dikutip dari laman Dinas Kehewanan Provinsi NTB, di antaranya bisa dilihat dari penampakannya.

Pada daging sapi, biasanya daging akan terlihat memiliki garis putih panjang. Garis putih panjang tersebut adalah lemak, pada kambing garis putih memanjang tersebut tak terlihat. Selain itu, perbedaan lain yakni jumlah murni daging kambing dalam satu ekor biasanya lebih sedikit dibandingkan dengan daging sapi.

Perbedaan lainnya yakni daging kambing lebih lunak dibanding daging sapi yang cenderung kenyal. Perbedaan lain bisa dilamati dari bau, di mana daging kambing umumnya memiliki bau yang lebih kuat dibanding sapi.

Sementara itu, dikutip dari Kompas.com, perbedaan daging sapi dan kambing yang bisa diamati yakni warna daging sapi pada umumnya berwana merah cenderung pucat dan akan berubah menjadi cokelat gelap saat terpapar udara. Sementara kambing terlihat lebih cerah namun berubah pucat keunguan saat terpapar udara.

Perbedaan lain yakni pada serat yakni serat daging sapi lebih kecil dan cenderung tak terlihat. Sehingga daging sapi saat dipegang lebih halus. Namun pada daging kambing serat lebih tebal dan cenderung kasar.

Perbedaan lain, daging kambing memiliki aroma yang mencolok dibanding daging sapi. Selain itu, daging kambing tercium bau amis atau “prengus” , namun pada sapi aroma tak mencolok dan tak terlalu amis. Bau tersebut akan hilang saat sudah dimasak, namun aroma daging kambing mungkin akan bertahan saat memasaknya tak benar.

Itulah cara membedakan daging sapi dan kambing. Jangan salah lagi untuk membedakan daging sapi dan kambing ya!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Saja Ciri Daging Sapi dan Daging Kambing? Ini Cara Membedakannya",


Penulis : Nur Rohmi Aida
Editor : Rizal Setyo Nugroho

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru