Cara memperbaiki data sertifikat vaksin Covid-19 yang salah, cukup via email

Kamis, 12 Agustus 2021 | 05:30 WIB Sumber: Kompas.com
Cara memperbaiki data sertifikat vaksin Covid-19 yang salah, cukup via email


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Tak perlu bingung jika data sertifikat vaksin Covid-19 ada yang salah. Berikut cara mudah memperbaiki data sertifikat vaksin Covid-19 yang salah.

Sertifikat vaksinasi, sertifikat vaksin, atau kartu vaksin Covid-19 tak hanya sebagai tanda telah vakasinasi. Sertifikat vaksin Covid-19 juga dibutuhkan oleh masyarakat untuk sejumlah keperluan. Diantaranya, sebagai syarat melakukan perjalanan kereta hingga pesawat, masuk mal, dan lain-lain saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 16 Agustus.

Nah, bagi masyarakat yang memiliki kendala, misalnya kesalahan data pada kartu atau sertifikat vaksin Covid-19, bisa mengajukan perbaikan data. Bagaimana cara memperbaiki data sertifikat vaksin Covid-19 yang salah?

Cara memperbaiki data sertifikat vaksin Covid-19

Cara memperbaiki data sertifikat vaksin Covid-19 yang salah cukup mudah dilakukan. Masyarakat bisa memperbaiki data sertifikat vaksin yang salah secara online dengan menggunakan handphone.

Berikut cara memperbaiki data sertifikat vaksin Covid-19 yang salah:

  1. Masyarakat menyampaikan kendala yang dihadapi dengan mengirimkan email ke: sertifikat@pedulilindungi.id
  2. Adapun format email yang dikirmkan adalah sebagai berikut: Nama Lengkap NIK KTP Tempat Tanggal Lahir No. Handphone
  3. Selanjutnya lampirkan foto dan kartu vaksinasi serta menjelaskan keluhannya.

Baca juga: Begini cara cek sertifikat vaksin dan solusi jika belum muncul di pedulilindungi.id

Tak hanya untuk memperbaiki kesalahan data kartu vaksin, melalui email tersebut juga dapat dilakukan untuk menyampaikan keluhan. Keluhan misalnya, masyarakat sudah melakukan vaksinasi, tetapi sertifikat vaksinasi belum muncul pada aplikasi Peduli Lindungi, dapat menyampaikan keluhan ke surel tersebut.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kemenkes melalui media sosialnya. Adapun sebelumnya, dikutip dari Kompas.com 29 Juli 2021, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menyampaikan apabila ada delay dalam pengiriman sertifikat maka menurutnya aduan bisa disampaikan ke PeduliLindungi yang akan diproses 1-2 minggu kemudian.

Baca juga: Cara mudah download sertifikat vaksin Covid-19 yang kini jadi syarat mall

"Bisa dikontak e-mail atau web PeduliLindungi, atau masuk ke aplikasi. Biasanya 1-2 minggu akan keluar," kata Nadia dikutip dari Kompas.com, Senin (4/7/2021).

Nadia sebelumnya menyampaikan aduan bisa dikirimkan melalui email di pedulilindungi@kominfo.go.id

Demikianlah panduan cara memperbaiki data sertifikat vaksin Covid-19 yang salah. Jangan lupa, barcode sertifikat vaksin Covid-19 berisi data rahasia, jadi jangan disebar melalui media sosial. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Data di Sertifikat Vaksin Salah? Begini Cara Memperbaikinya",


Penulis : Nur Rohmi Aida
Editor : Rendika Ferri Kurniawan

Selanjutnya: Bisa dari Hp, inilah cara memperbaiki data sertifikat vaksin Covid-19 yang salah

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru