Cara menangani efek samping vaksin Covid-19

Kamis, 03 Juni 2021 | 15:30 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Cara menangani efek samping vaksin Covid-19


COVID-19 - Jakarta. Kenali cara menangani efek samping vaksin Covid-19 agar Anda lebih siap divaksinasi. Pasalnya, vaksin Covid-19 pasti menimbulkan efek samping.

Program vaksinasi Covid-19 terus diperluas ke berbagai lapisan masyarakat di Indonesia. Untuk Anda yang akan disuntik vaksin Covid-19, kenali cara menangani efek samping pasca penyuntikan atau penanganan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).  

Satgas Penanganan Covid-19 mencatat hingga 2 Juni 2021, sebanyak 16.766.263 telah menjalani vaksinasi tahap I. Sedangkan jumlah masyarakat yang mendapatkan suntik vaksin Covid-19 tahap II sebanyak 10.852.984 jiwa.

Pemerintah menargetkan sasaran vaksinasi Covid-19 secara umum sebanyak 181.554.465 jiwa. Khusus untuk target vaksinasi petugas kesehatan, petugas publik dan lansia sebanyak 40.349.049 jiwa.

KIPI adalah gejala medis, terjadi setelah vaksinasi, dan diduga terkait dengan imunisasi atau vaksinasi. Mengenal penanganan KIPI bakal meningkatkan kepercayaan diri Anda menjalani vaksin Covid-19.

Suntik vaksin Covid-19 seperti imunisasi pada umumnya yang menimbulkan efek samping. Satgas Penanganan Covid-19 dan Kementerian Kesehatan mencatat sejauh ini belum muncul efek samping berbahaya dari suntik vaksin Covid-19.

Baca juga: Zona merah Covid-19 30 Mei 2021 makin banyak, Jawa Tengah sumbang 1 wilayah

Gejala medis yang muncul pasca suntik vaksin Covid-19 umumnya bersifat sementara dan ringan. Efek samping setelah vaksin Covid-19 juga akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan.

Efek samping vaksin Covid-19 antara lain nyeri, bengkak, dan kemerahan di lokasi suntikan, atau demam, sakit kepala, lelah atau tidak enak badan, mengantuk, mual, dan lapar.

Cara menangani efek samping suntik vaksin Covid-19

Berikut beberapa cara menangani efek samping suntik Covid-19 seperti dilansir dari situs Covid19.go.id:

  1. Kompres dengan air dingin di area suntikan jika terasa nyeri atau bengkak atau kemerahan
  2. Jika demam, bisa dengan kompres atau mandi dengan air hangat, perbanyak minum air putih, dan istirahat, serta minum obat penurun demam bila perlu.
  3. Jika terjadi efek samping suntik Covid-19 atau KIPI yang lebih berat dari biasanya, catat reaksi / keluhan yang dialami dan laporkan pada petugas atau fasilitas layanan kesehatan, kontak yang tertera pada kartu vaksinasi.
  4. Selain itu, laporkan KIPI atau efek samping Covid-19 ke https://keamananvaksin.kemkes.go.id

Itulah cara menangani efek samping suntik vaksin Covid-19. Ingat, pandemi Covid-19 belum berakhir. Jangan takut untuk vaksin Covid-19. Segera datangi layanan kesehatan jika sudah mendapat jadwal suntik vaksin Covid-19.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Selanjutnya: Kenali efek samping vaksin Covid-19 dan cara mengatasinya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru