Cara mencegah Covid-19 karena virus corona varian Delta, hindari 6 tempat ini

Senin, 28 Juni 2021 | 12:10 WIB Sumber: Kompas.com
Cara mencegah Covid-19 karena virus corona varian Delta, hindari 6 tempat ini


KESEHATAN - Jakarta. Masuknya virus corona varian Delta dari India turut berkontribusi atas ledakan kasus Covid-19 di Indonesia pada Juni 2021 ini. Simak cara mencegah Covid-19 akibat infeksi virus corona varian Delta agar pandemi ini bisa terkendali.

Salah satu cara mencegah Covid-19 akibat virus corona varian Delta adalah menjalankan protokol kesehatan. Bersamaan itu, masyarakat juga harus menghindari sejumlah tempat karena berisiko tinggi dalam menularkan virus corona varian Delta.

Melansir data Satgas Covid-19, hingga Minggu (27/6) ada tambahan 21.342 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia. Sehingga total menjadi 2.115.304 kasus positif Corona.

Sementara itu, jumlah yang sembuh dari kasus Corona bertambah 8.024 orang sehingga menjadi sebanyak 1.850,481 orang. Sedangkan jumlah orang yang meninggal akibat virus Corona di Indonesia bertambah 409 orang menjadi sebanyak 57.138 orang.

Virus corona varian Delta merupakan hasil mutasi yang terjadi di India. Virus corona varian Delta sangat mudah menular. Oleh karena itu, virus corona varian Delta ini sudah menyebar ke lebih dari 85 negara.

Untuk mencegah Covid-19 akibat penularan virus corona varian Delta yang cepat ini, ada sejumlah lokasi yang disarankan untuk dihindari menurut situs Inline yang dilansir dari Kompas Tren. Lokasi yang harus dihindari untuk mencegah Covid-19 akibat penularan virus corona varian Delta adalah:

1. Bar atau kafe

Tempat pertama yang harus dihindari untuk mencegah Covid-19 akibat penularan virus corona varian Delta adalah bar atau kafe. Para ahli menyebutkan bahwa bar atau kafe merupakan salah satu tempat berisiko penularan Covid-19 selama pandemi. Memang memakai masker dan menjaga jarak bisa membantu mengurangi risiko, namun ketika berada di bar atau kafe, protokol kesehatan itu sulit dilakukan karena harus makan atau minum.

Baca juga: Kenapa WHO mengkhawatirkan varian Delta, ini alasannya

2. Gedung konser atau tempat ibadah

Tempat kedua yang harus dihindari untuk mencegah Covid-19 akibat penularan virus corona varian Delta adalah gedung konset atau tempat ibadah. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperingatkan agar jangan menghadiri pertemuan yang melibatkan sekitar 10 orang atau lebih karena beririsiko terpapar virus.

Hal itu karena pertemuan itu berpotensi menimbulkan kontak dengan orang yang memiliki virus. Sementara jaga jarak akan sulit dilakukan pada pertemuan itu.

Simak daftar tempat yang harus dihindari untuk mencegah penularan virus corona varian Delta di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru