Cara Mengatasi Kode Konfirmasi Instagram Tidak Masuk ke Nomor HP

Sabtu, 01 Juni 2024 | 09:00 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Cara Mengatasi Kode Konfirmasi Instagram Tidak Masuk ke Nomor HP

ILUSTRASI. Mengatasi Kode Konfirmasi Instagram Tidak Masuk ke Nomor HP. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo


INSTAGRAM - JAKARTA. Pengguna memerlukan kode konfirmasi untuk masuk kembali ke akun Instagram. Keamanan media sosial kini semakin beragam, termasuk menyambungkan nomor HP maupun email.

Instagram merupakan salah satu media sosial yang memberikan fitur berbagai foto atau video ke pengguna lain.

Keamanan Instagram merupakan salah satu yang terbaik karena memberikan keamanan berlapis, termasuk koneksi dengan nomor HP dan Media sosial Meta.

Nah, pengguna yang ingin masuk kembali ke akun wajib mendapatkan kode verifikasi yang dikirim melalui nomor HP maupun email.

Baca Juga: Kenapa Akun Instagram Diretas? Simak Penjelasan dan Cara Menghentikannya

Kode Konfirmasi di Instagram Tidak Masuk

TECH-ANTITRUST/FACEBOOK

Bahkan data tersebut masih akan bertambah seiring berkembangnya platform ekspresi diri ini maupun medium personal branding dan bisnis.

Saat mendaftarkan Instagram dan ingin mengaktifkan autentikasi dua faktor, setiap pengguna perlu memasukkan kode konfirmasi Instagram yang terdiri dari enam nomor digital. Kode ini akan dikirimkan ke nomor telepon atau email yang sudah didaftarkan.

Menurut laman Guiding Tech, ada berbagai faktor yang menyebabkan kode konfirmasi Instagram tidak diterima pengguna, di antaranya:

  • Nomor HP diblokir sistem Instagram karena dinilai melanggar aturan Instagram.
  • Server penyedia kartu SIM bermasalah.
  • Pengguna salah memasukkan nomor HP.
  • Pengguna sudah memasukkan nomor HP yang sama untuk menerima kode konfirmasi berturut-turut.
  • Adanya alamat IP yang diblokir
  • Server Instagram kelebihan beban atau sibuk.

Baca Juga: Gambar All Eyes on Rafah Sudah Dibagikan 44 Juta Kali via Online

Mengatasi masalah kode konfirmasi instagram tidak masuk

Tips Mengatasi Kode Konfirmasi Instagram yang Tidak Diterima

1. Periksa Nomor Telepon: Pastikan nomor telepon yang dimasukkan sudah benar. Coba masuk ke akun Instagram dengan perangkat lain yang sering dipakai untuk login. Pastikan kode negara dan nomor telepon yang digunakan sudah benar.
2. Pastikan Koneksi Internet Lancar: Sinyal internet yang buruk dapat menyebabkan kode konfirmasi tidak diterima. Jika menggunakan data seluler, coba beralih ke jaringan WiFi yang kuat atau sebaliknya.
3. Pastikan Ponsel Aktif: Pastikan ponsel tidak disetel ke mode "Jangan Ganggu". Pada iPhone: Nonaktifkan fitur "Focus" untuk mematikan mode "Jangan Ganggu". Pada Android: Nonaktifkan fitur "Jangan Ganggu" melalui Quick Panel atau menu Pengaturan.
4. Periksa Status Server Instagram: Kunjungi situs web downdetector.com untuk mengetahui apakah server Instagram sedang down atau sibuk. Tunggu layanan dipulihkan dan coba kembali minta kode konfirmasi.
5. Hapus Cache Aplikasi Instagram: Data cache aplikasi yang usang dapat menyebabkan masalah pada penerimaan kode konfirmasi. Hapus data cache aplikasi Instagram untuk menyegarkan sistem perangkat.

Cara Menggunakan Kode Konfirmasi Instagram

Untuk menggunakan kode Anda bisa mengikuti petunjuk di bawah ini.

1. Menerima Kode: Pengguna akan menerima Kode yang dikirimkan melalui SMS atau email tergantung pada informasi kontak yang Anda berikan.

2. Memasukkan Kode: Pengguna diminta untuk memasukkan kode konfirmasi, buka SMS atau email untuk menemukan kode tersebut, kemudian masukkan ke dalam kolom yang disediakan di aplikasi atau situs web Instagram.

3. Verifikasi: Setelah memasukkan kode dengan benar, Instagram akan memverifikasi identitas Anda dan memungkinkan Anda melanjutkan ke langkah berikutnya, seperti mengatur ulang kata sandi atau menyelesaikan pendaftaran akun.

Itulah informasi terkait masalah kode konfirmasi untuk masuk kembali ke akun Instagram yang gagal masuk.

Selanjutnya: Diam-Diam, Joe Biden Izinkan Ukraina Gunakan Senjata AS untuk Serang Wilayah Rusia

Menarik Dibaca: Topang Payudara dengan Maksimal, Ini 5 Jenis Bra Terbaik untuk Remaja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru