Cara Mengatasi Laptop Freeze atau Tidak Bisa Bergerak, Pahami Penyebabnya

Selasa, 24 September 2024 | 12:24 WIB   Penulis: Arif Budianto
Cara Mengatasi Laptop Freeze atau Tidak Bisa Bergerak, Pahami Penyebabnya

ILUSTRASI. Cara Mengatasi Laptop Freeze atau Tidak Bisa Bergerak, Pahami Penyebabnya


TIPS & TRIK - Cara mengatasi atau memperbaiki laptop freeze atau tidak bisa bergerak, pahami penyebabnya. Ada beberapa hal yang menyebabkan laptop dalam kondisi freeze atau tidak bisa digerakkan sama sekali, simak penjelasan lengkapnya pada pembahasan berikut.

Jika Anda membuka laptop atau komputer dan tidak terjadi masalah apapun, maka pekerjaan yang membutuhkan perangkat tersebut dapat diselesaikan dengan lancar.

Tetapi bagaimana kalau pagi ini Anda membuka laptop, setelah beberapa saat Anda menggerakkan mouse, membuka aplikasi dan bersiap untuk produktif, setelah itu semuanya tidak bisa bergerak sama sekali.

Mouse tidak bisa digeser, keyboard meskipun kita menekan tombol-tombol tertentu juga tidak menampilkan input, hanya menampilkan situasi di layar yang diam tanpa kata.

Istilah tersebut kerap kali disebut sebagai freeze, di mana apa yang tampil di layar tidak bisa bergerak sama sekali dalam beberapa detik atau mungkin untuk waktu yang lama.

Tetapi tahukah Anda apa yang menyebabkan laptop menjadi freeze atau tidak bisa digerakkan?

Baca Juga: Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor dengan Mudah (Windows 10/Windows11)

Memori di Laptop

Ada beberapa hal yang menyebabkan laptop menjadi freeze. Pahami penyebabnya, inilah beberapa hal umum yang menyebabkan laptop freeze:

  • Overheat, suhu laptop yang memanas membuat kinerja dari laptop itu sendiri terbatas. Jika suhu laptop semakin memanas, bahkan melebihi batas, ini akan menyebabkan laptop freeze.
  • Kesalahan hardware. Misalnya, hardisk yang sudah berumur di mana kesehatannya mulai menurun, itu juga membuat laptop freeze.
  • Virus atau malware. Tak sengaja download file atau aplikasi di internet, mungkin saja virus atau malware ikut terbawa. Malware yang berjalan di background tanpa sepengetahuan juga akan memenuhi memory, ini juga membuat laptop freeze.
  • RAM yang penuh. Laptop memiliki spesifikasi yang bervariasi, jika RAM pada laptop Anda mungkin tidak terlalu besar dan dipaksa membuka banyak aplikasi hingga game secara bersamaan, maka bisa juga menjadi penyebab laptop freeze.
  • Driver yang tidak diupdate. Pastikan Anda mengecek driver pada perangkat keras Anda di laptop berjalan di versi terbaru atau setidaknya yang paling stabil. 
  • Sistem yang korup. Situasi ini kemungkinan terjadi lantaran kesalahan update atau saat instal tidak aplikasi tertentu tidak selesai sampai 100%. Tak selang berapa lama, laptop akan mengalami freeze.

Setelah mengetahui penyebab laptop freeze, apa yang harus Anda lakukan atau kita sebagai pengguna untuk memperbaiki laptop tersebut?

Baca Juga: Penyebab Akun Genshin Impact Terkena Banned dan Cara Memulihkan Akun Tersebut

Cara mengatasi atau memperbaiki laptop freeze:

  1. Update driver laptop secara berkala, diharapkan performa laptop akan stabil.
  2. Jangan download aplikasi atau game secara ilegal, kita tidak tahu apakah virus atau malware bersemayam di situ.
  3. Jika spesifikasi laptop Anda terbilang pas-pasan, jangan membuka aplikasi atau game secara bersamaan. Selesaikan tugas Anda satu per satu, multitasking akan memberatkan laptop, bahkan freeze jika spesifikasinya rendah.
  4. Jaga suhu laptop jangan sampai overheat. Gunakan pendingin atau cooler, jangan diletakkan di atas benda yang lembut atau menyerap panas, misalnya bantal atau semacamnya.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda ketahui tentang laptop freeze, mulai dari penyebabnya hingga cara mengatasi atau memperbaiki laptop tersebut.

Selamat bekerja kembali dan semoga laptop Anda bisa berkompromi.

Selanjutnya: Sempat Menembus Rekor Baru, IHSG Semakin Berisiko?

Menarik Dibaca: Kembangkan Layanan Bisnis, Deliveree Sediakan Opsi Asuransi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru