Cara Mengatasi Penyimpanan Gmail Penuh, Ikuti Langkah Ini

Kamis, 19 Mei 2022 | 14:32 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Cara Mengatasi Penyimpanan Gmail Penuh, Ikuti Langkah Ini

ILUSTRASI. Cara mengatasi penyimpanan Gmail penuh.


GMAIL -Jakarta. Penyimpanan akun Gmail Anda hampir penuh? Ada beberapa cara yang perlu Anda ketahui untuk mengatasi masalah tersebut. 

Gmail adalah salah satu platform surat elektronik (surel) yang cukup populer digunakan masyarakat Indonesia. Selain itu, Gmail sendiri merupakan salah satu platform yang dibuat Google yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. 

Gmail menyediakan kapasitas sebesar 15 GB pada setiap akun google. Kapasitas tersebut mencakupi Gmail, Google Drive dan Google Photos.

Baca Juga: Baik untuk Kesehatan Tubuh, Begini 6 Cara Diet Mediterania

Pada dasarnya, ukuran file surel itu terbilang kecil dan tidak banyak memakan kapasitas penyimpanan. Namun, jika didiamkan bertahun-tahun akan menumpuk dan menjadi besar juga. 

Selain itu biasanya Gmail penuh akibat kapasitas penyimpananya habis oleh Google Drive atau Photos. 

Melansir dari Support Google berikut adalah cara mengatasi penyimpanan yang penuh.

Menghapus File Menurut Ukuran di Google Drive

Cara pertama adalah menghapus file di Google Drive dari ukuran terbesar ke terkecil. Caranya buka Gmail di komputer lalu urutkan file berdasarkan ukuran. 

Setelah mengurutkan file pindahkan file yang besar ke Sampah dan hapus secara permanen. 

Hapus Email dengan Lampiran Besar

Menghapur email dengan lampiran besar merupakan cara kedua agar penyimpanan Gmail tidak penuh. 

Caranya dengan ketik ‘has:attachment larger:10M’, yang dimaksud angka 10 disini adalah ukuran file. Jadi carilah ukuran file yang paling besar lalu klik hapus file, setelah itu ke menu Sampah dan klik kosongkan Sampah.

Baca Juga: Ampuh! 6 Cara Menghilangkan Panu Menggunakan Bahan Alami, Sudah Coba?

Hapus Email di Folder Spam

Selain menghapus email yang berukuran besar, menghapus email di folder spam juga bisa jadi cara mengatasi penyimpanan Gmail yang penuh. 

Cara menghapus email di folder spam cukup mudah, tinggal cari folder spam lalu klik Hapus Sekarang dan klik Hapus selamanya.

Hapus Foto dan Video 

Seperti yang sudah sebutkan diatas penyimpanan Gmail mencakupin Google Drive dan Google Photos. Oleh karena itu dengan menghapus foto dan video di Google Photos bisa juga menjadi cara mengatasi penyimpanan Gmail yang penuh.

Mengahpus Data yang Tersembunyi di Google Drive

Cara selanjutnya adalah dengan menghapus data yang tersembunyi di Google Drive. Biasany data yang tersembunyi ini memakan tempat cukup besar, pasalnya data yang tersimpan tidak terlihat dan cederung akan terus menumpuk hingga Gmail penuh.

Baca Juga: 7 Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Membeli Kapasitas Penyimpanan Tambahan

Cara terakhir mengatasi agar Gmail tidak penuh adalah membeli kapasitas penyimpanan tambahan akun Google. 

Pengguna bisa mengupgrade kapasitas penyimpanan sesuai dengan paket yang disediakan oleh Google. Cara ini bisa dijadikan opsi jika semua file atau email di dalam Gmail anda penting semua. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru