Cara mengatur pola makan yang sehat untuk penderita diabetes

Jumat, 25 Juni 2021 | 13:31 WIB Sumber: Kompas.com
Cara mengatur pola makan yang sehat untuk penderita diabetes

ILUSTRASI. Cara mengatur pola makan yang sehat untuk penderita diabetes


KESEHATAN - Jakarta. Selain menjalani pengobatan rutin, penderita diabetes harus mengubah pola makan untuk mencegah gula darah naik. Bagaimana pola makan yang sehat bagi penderita diabetes?

Diabetes terdiri dari berbagai jenis dengan metode pengobatan yang berbeda. Jadi, tidak semua metode pengobatan cocok untuk mengobati setiap jenis diabetes. Misalnya, teknik pengobatan untuk diabetes tipe 1 tentu berbeda dengan diabetes tipe 2, begitupula sebaliknya.

Namun, mengatur pola makan adalah cara terbaik untuk mengatasi apapun jenis diabetes yang Anda alami. Mengatur pola makan juga membantu mengelola berat badan dan mengurangi risiko komplikasi diabetes, seperti masalah jantung dan stroke, dan kondisi kesehatan lainnya termasuk jenis kanker tertentu.

Ahli diet Douglas Twenefour, juga berkat bahwa mengonsumsi makanan sehat penting untuk mengelola diabetes dan mengurangi risiko komplikasi diabetes. "Namun, menjalani pola makan sehat ini seringkali menjadi hal yang tak mudah bagi banyak orang," tambahnya.

Baca juga: Bau mulut bisa menjadi gejala diabetes

Mengatur pola makan untuk penderita diabetes

Jika Anda menderita diabetes tipe 1, cara mengatur pola makan adalah dengan menghitung jumlah karbohidrat yang dikonsumsi. Ini penting untuk menjaga kadar glukosa darah tetap stabil. Karena itu, penderita diabetes tipe 1 haru memperkirakan berapa banyak karbohidrat dalam makanan yang dikonsumsinya dan mencocokkannya dengan berapa banyak insulin yang diperlukan.

Jika Anda memiliki diabetes tipe 2 dan mengalami kelebihan berat badan, cara mengatur pola makan adalah untuk menurunkan berat badan terlebih dahulu. Hal ini penting karena membantu meningkatkan manajemen diabetes. Sebab, menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan glukosa darah dan mengurangi risiko komplikasi lain.

Baik penderita diabetes tipe 1 atau 2, cara mengatur pola makan harus memperhitungkan dengan baik nutrisi yang masuk ke tubuh. Bagi Anda penderita diabetes yang merasa bingung tentang bagaimana cara terbaik untuk mengatur pola makan, berikut tips yang bisa Anda lakukan:

Simak cara mengatur pola makan untuk penderita diabetes di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru