Cara Menghilangkan Komedo Secara Medis, Apakah Pasta Gigi Bisa Menghilangkan Komedo

Minggu, 11 Juni 2023 | 06:00 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Cara Menghilangkan Komedo Secara Medis, Apakah Pasta Gigi Bisa Menghilangkan Komedo


Cara Menghilangkan Komedo -  Simak cara menghilangkan komedo secara medis. Benarkah pasta gigi bisa bermanfaat untuk menghilangkan komedo di hidung?

Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi sering dibicarakan banyak anak muda. Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi dianggap efektif dan mudah karena bisa dilakukan sendiri di rumah.

Benarkah pasta gigi bisa untuk menghilangkan komedo di hidung?

Sebelum mengetahui cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi, mari simak penjelasan tentang komedo.

Dilansir dari website resmi Primaya Hospital, komedo adalah salah satu jenis jerawat yang terbentuk akibat penyumbatan folikel rambut atau pori-pori. Sumbatan itu berasal dari penumpukan sel kulit mati, bakteri, dan minyak. Ketika terjadi penyumbatan itu, pori-pori akan membesar dan timbul benjolan kecil pada permukaan kulit. Benjolan kecil-kecil inilah yang disebut komedo.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi, Cek Obat Komedo Menurut Dokter

Terdapat dua jenis komedo, yakni terbuka dan tertutup. Komedo terbuka dikenal juga dengan sebutan blackhead, sedangkan komedo tertutup adalah whitehead.

Dalam komedo terbuka, minyak masuk ke pori-pori yang terbuka dan membentuk sumbatan ketika bercampur dengan sel kulit mati dan keringat. Sumbatan ini lalu terpapar udara yang mengoksidasi dan membuat warnanya menjadi gelap. Adapun komedo tertutup adalah komedo yang tak terkena paparan udara karena sumbatan terjadi di bawah permukaan kulit sehingga warnanya terang.

Baik komedo terbuka maupun tertutup berbentuk benjolan dan dapat berkembang menjadi jerawat yang lebih bandel karena infeksi atau peradangan. Komedo bisa muncul di seluruh permukaan kulit, tapi lebih lazim terbentuk pada wajah, khususnya hidung, pipi, dan dahi. Ukurannya pun bervariasi, kira-kira berdiameter 1-2 milimeter.

Komedo paling sering muncul pada usia remaja atau dewasa muda. Komedo juga dapat terjadi pada ibu hamil. Hal ini disebabkan adanya kaitan antara komedo dengan perubahan kadar hormon yang lazim terjadi menjelang dewasa atau selama masa kehamilan.

Komedo dapat hilang sendiri. Namun tak jarang terjadi ­breakout, yakni kemunculan komedo dalam jumlah banyak di satu area, termasuk hidung. Dalam hal ini, Anda bisa mencoba cara menghilangkan komedo di hidung untuk menjaga penampilan.

Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi

Dilansir dari website resmi RSI Surabaya, cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi memang mudah dilakukan. Cara menghilangkan komedo hanya perlu mengoleskan pasta gigi ke area yang berkomedo dan kemudian tunggu hingga mengering dan kemudian dibersihkan.

Pada kenyataannya, pasta gigi cukup ampuh untuk menghilangkan komedo yang membandel. Menurut Derm Collective, pasta gigi membantu menghilangkan komedo dengan cara pengelupasan.

Pasta gigi memiliki efek antibakteri dan anti-inflamasi yang bisa jadi andalan. Namun, cara ini tidaklah disarankan. Beberapa bahan aktif dalam pasta gigi bisa mengiritasi kulit dan efek samping lain yang merugikan.

Terdapat bahan pasta gigi yang menyebabkan iritasi jika diaplikasikan ke kulit, yakni:

  • Triclosan. Senyawa ini adalah agen antibakteri dan antijamur yang kuat dengan sifat anti-inflamasi ringan. Namun, penggunaannya dalam produk perawatan kulit dianggap kontroversial.
  • Hidrogen Peroksida. Sama halnya dengan triclosan, hidrogen peroksida bersifat antibakteri. Ia mampu membunuh sel melalui proses yang disebut stres oksidatif. Sayangnya, stres oksidatif juga dapat merusak sel-sel sehat sehingga menyebabkan iritasi dan memperlambat proses penyembuhan komedo.
  • Sodium Bikarbonat. Soda bikarbonat bertindak sebagai pengelupas yang ringan. Sayangnya, natrium bikarbonat dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan yang berlebihan.

Reaksi setiap kulit mungkin akan berbeda pada setiap orang. Jadi, lebih baik temukan perawatan kulit yang tepat untuk membantu menghilangkan komedo di wajah Anda.

Cara menghilangkan komedo secara medis

Mengutip website resmi Primaya Hospital, komedo adalah jenis jerawat yang paling mudah dihilangkan. Khusus untuk komedo blackhead, karena letaknya yang berada di permukaan kulit, obat oles yang digunakan dapat langsung bereaksi.

Anda dapat menggunakan obat apotek yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat sebagai cara menghilangkan komedo di hidung.

Jika Anda memerlukan obat resep dokter, biasanya dokter akan memberikan retinoid topikal. Obat oles komedo ini bekerja dengan cara mengeringkan kulit dan merangsang pembentukan sel kulit baru untuk membuka pori-pori yang tersumbat. Obat benzoil peroksida dan asam salisilat dengan resep dokter juga tersedia untuk menghilangkan komedo.

Umumnya dokter tidak menggunakan obat oral untuk menghilangkan komedo. Sedangkan plester pori-pori atau pore pack tidak begitu efektif untuk mengangkat komedo karena hanya mampu menjangkau lapisan teratas kulit.

Plester ini hanya dapat mengambil kotoran yang berada di permukaan kulit. Jikapun bisa mengangkat komedo, sifatnya hanya sementara. Sumbatan dapat terjadi lagi dan memicu kembalinya komedo.

Adapun penanganan oleh dokter kulit atau tenaga medis terlatih untuk menghilangkan komedo di hidung termasuk:

  • Pengelupasan kimia untuk menggantikan sel kulit mati dengan sel kulit baru
  • Facial untuk mengeluarkan sumbatan dengan alat dan teknik khusus

Itulah cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi maupun secara medis. Untuk menghindari efek negatif, cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi harus Anda konsultasikan dengan dokter kecantikan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru