Cara mengurangi risiko Covid-19, segera turunkan berat badanmu

Jumat, 07 Mei 2021 | 04:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara mengurangi risiko Covid-19, segera turunkan berat badanmu

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski vaksin Covid-19 sudah ditemukan, bukan berarti penyakit itu benar-benar hilang. Bahkan, masih banyak pasien yang mengalami tingkat keparahan infeksi yang tinggi. Ada banyak faktor yang berpengaruh terhadap tingkat keparahan itu.

Mulai dari usia, penyakit yang sebelumnya sudah dialami, dan tak terkecuali berat badan. Melansir India.com, dari 6.910.695 pasien yang berat badannya tercata, 1.602 pasien membutuhkan perawatan ICU dan 5.479 pasien meninggal akibat infeksi Virus Corona.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien dengan BMI di angka 23 memiliki tingkat keparahan Covid-19 yang lebih rendah. Sedangkan pasien dengan angka BMI di bawah 23 memiliki tingkat keparahan dan risiko kematian yang cukup tinggi pula.

India.com mengatakan bahwa berat badan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan pasien berusia 20 hingga 39 tahun. Pengaruh berat badan berkurang pada pasien berusia 60 tahun. Bahkan, pengaruhnya benar-benar berkurang pada pasien berusia 80 tahun.

Baca Juga: Virus corona varian baru terdeteksi di Tangerang, ini cara menjaga daya tahan tubuh

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penurunan berat badan berpengaruh pada tingkat keparahan Covid-19 yang semakin rendah pula. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menerapkan pola hidup sehat supaya berat badan menjadi lebih terkontrol.

Jika Anda kesulitan untuk menurunkan berat badan, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter bisa memberikan saran menu makan sehat, intensitas olahraga, dan hal lain yang perlu Anda lakukan supaya berat badan turun.

Selain menurunkan tingkat keparahan Covid-19, berat badan yang lebih terkontrol juga bisa menurunkan risiko penyakit yang lain. Mulai dari diabetes, serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung yang lain. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengontrol berat badan dengan baik.

Baca Juga: Jadi lebih singkat, ini alur terbaru layanan vaksinasi Covid-19

Tak hanya menurunkan berat badan, masih banyak cara mencegah infeksi Virus Corona lainnya yang perlu Anda lakukan. Pertama, hindari berkerumun dengan banyak orang di satu tempat. Jika Anda terpaksa mengunjungi tempat umum, usahakan selalu menjaga jarak dengan orang lain.

Jangan lupa pula untuk selalu menggunakan masker yang sesuai dengan standar kesehatan. Pilihlah masker dengan ukuran yang tepat supaya nyaman digunakan. Tidak berhenti sampai di situ, Anda juga perlu menjaga kebersihan tangan dengan mencucinya memakai sabun dan air mengalir.

Selanjutnya: Cara memperkuat sistem imun di tengah ancaman virus corona gelombang baru

Editor: Belladina Biananda
Terbaru