Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami, Makan Buah & Sayur Ini

Kamis, 02 Maret 2023 | 18:05 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami, Makan Buah & Sayur Ini


KESEHATAN - Kadar kolesterol tinggi salah satu pemicunya adalah pola makan, sehingga pemilihan menu yang akan dikonsumsi sangat berpengaruh pada kadar kolesterol. Untuk itu, ada obat kolesterol alami buah dan sayuran yang mudah didapatkan. 

Kolesterol adalah lemak yang diproduksi di dalam tubuh untuk memproduksi vitamin D, asam empedu, hingga berbagai macam hormon. Di dalam darah, kolesterol dibawa oleh protein. 

Gabungan protein dan kolesterol disebut dengan lipoprotein. Ada dua lipoprotein, pertama lipoprotein dengan kepadatan rendah (LDL) yang biasa disebut dengan kolesterol jahat dan lipoprotein dengan kepadatan tinggi (HDL) yakni sebagai kolesterol baik.

Baca Juga: Kapan Jam Sarapan Pagi Ideal? Ini Jaraknya dengan Makan Siang dan Makan Malam

Dalam kadar yang ideal, kolesterol baik untuk kesehatan tubuh. Namun, jika jumlahnya berlebihan, justru bisa menjadi pemicu beragam penyakit. 

Nah, beberapa sayuran dan buah efektif mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Lalu, apa saja obat kolesterol alami buah dan sayuran? 

Baca Juga: 5 Jenis Sarapan yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

6 Obat kolesterol alami buah dan sayuran 

Berikut ini buah dan sayuran penurun kolesterol secara alami sebagaimana dilansir dari Harvard Health Publishing:

1. Terong

Obat kolesterol alami buah dan sayuran pertama adalah terong. Terong memiliki kandungan senyawa bernama pektin, yang bisa berguna untuk penurun kolesterol sekaligus memberikan perlindungan dari berbagai risiko penyakit jantung.

Baca Juga: 10 Buah & Sayur Terbaik untuk Bikin Gula Darah Tinggi dalam Tubuh Kembali Normal

2. Oyong

Okra atau biasa disebut oleh orang Indonesia sebagai oyong juga bisa menjadi salah satu obat kolesterol alami. 

Selain kaya akan serat, oyong juga memiliki kandungan vitamin C dan vitamin K. Maka tak heran oyong adalah salah satu buah dan sayur penurun kolesterol yang sangat baik. 

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis, Simak Ya!

3. Apel

Sudah sejak lama apel dianggap sebagai obat kolesterol alami buah dan sayuran. Makan apel sehari bisa mengurangi kadar kolesterol LDL.

Buah lezat ini juga bisa menurunkan kadar trigliserida, sejenis lemak dalam darah yang bisa memicu beragam penyakit. 

Baca Juga: 7 Menu Sarapan yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Kolesterol

4. Anggur 

Sebagai obat kolesterol alami buah dan sayuran, anggur memiliki kandungan resveratrol dan saponin.

Anggur adalah salah satu buah yang jadi favorit banyak orang lantaran rasanya yang manis. Berkat kandungan serat larut di dalamnya, buah ini bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Sebagai obat kolesterol alami buah dan sayuran, anggur memiliki kandungan resveratrol dan saponin. Kedua zat tersebut bisa menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah. 

Baca Juga: Simak BerMmanfaat Buah Semangka, Bisa Turunkan Risiko Kanker

5. Stroberi

Stroberi adalah buah yang kaya serat dan bisa menjadi buah dan sayur penurun kolesterol.

Stroberi adalah buah yang kaya serat dan bisa menjadi buah dan sayur penurun kolesterol. Hal ini membuat stroberi mampu mengurangi penumpukan lemak dan kolesterol serta mencegah penyempitan pembuluh darah.

Selain stroberi, buah lainnya dalam keluarga beri seperti blueberry dan raspberry juga sama efektifnya untuk mengendalikan kolesterol.

Baca Juga: Simak BerMmanfaat Buah Semangka, Bisa Turunkan Risiko Kanker

6. Citrus

Ragam buah citrus ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan kaya akan serat, menjadikannya termasuk dalam buah dan sayur penurun kolesterol.

Citrus adalah penyebutan untuk kelompok buah seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan sebagainya. Ciri khasnya yakni rasa asam. 

Ragam buah citrus ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan kaya akan serat, menjadikannya termasuk dalam buah dan sayur penurun kolesterol.

Itulah sederet obat kolesterol alami buah dan sayuran yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Selain menyehatkan, mereka juga lezat untuk dikonsumsi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru