Cara Mudah Konsumsi Daun Sukun, Bisa Bikin Asam Urat dan Kolesterol Langsung Rontok

Senin, 08 Mei 2023 | 08:44 WIB Sumber: Kompas.com
Cara Mudah Konsumsi Daun Sukun, Bisa Bikin Asam Urat dan Kolesterol Langsung Rontok

ILUSTRASI. Daun sukun ini ternyata memiliki sejumlah manfaat, di antaranya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan asam urat.


KESEHATAN - Siapa yang tidak tahu daun sukun. Daun sukun ini ternyata memiliki sejumlah manfaat, di antaranya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan asam urat.

Melansir dari Kompas.com, setidaknya ada lima manfaat daun sukun.

1. Menurunkan gula darah

Menurut artikel dalam Jurnal Medula (2017) dari Fakultas Kedokteran Unila, ekstrak daun sukun terbukti memiliki efek antidiabetik dan antihiperglikemik. 

Artinya, daun sukun berkhasiat mencegah gula darah berada dalam kadar tinggi atau melebihi batas normal. 

Kandungan flavonoid dalam daun sukun juga mampu menurunkan kadar gula darah dan menurunkan kadar HbA1C. 

Kadar HbA1C sendiri menjadi indikator keberhasilan pengobatan pada pasien dengan diagnosis diabetes.

Baca Juga: 9 Herbal yang Bisa Bikin Asam Urat Keok, Ada Apa Saja?

2. Melindungi jantung

Pusat Penelitian Kimia LIPI pada 2010 pernah meneliti manfaat daun sukun untuk penyakit kardiovaskular. 

Penelitian tersebut mengungkap, kandungan flavonoid dan beta sitosterol pada daun sukun membawa manfaat baik bagi jantung. 

Dua senyawa itu membantu melindungi jantung dari iskemia atau kekurangan aliran darah, penyebab terjadinya gagal jantung.

3. Menurunkan kadar asam urat

Kadar asam urat yang tinggi dapat meningkatkan risiko kerusakan sendi. Kondisi ini berisiko pada radang sendi bernama penyakit asam urat atau gout. 

Tingginya kadar asam urat dalam tubuh biasanya akibat konsumsi zat purin berlebih, di antaranya makanan laut, daging merah, dan jeroan. 

Daun sukun mengandung vitamin B1, B2, C, kalsium, fosfor, zat besi, flavonoid, dan beta sitosterol. 

Kandungan flavonoid dalam daun sukun tersebut bermanfaat menurunkan asam urat dengan cara menghambat xantin oksidase, enzim pengubah purin menjadi asam urat. 

Akan tetapi, penderita asam urat tak boleh hanya bergantung pada air rebusan daun sukun. Orang dengan asam urat tinggi harus menjaga konsumsi makanan yang mengandung purin.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Pada tahun 2010, Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan manfaat daun sukun sebagai penurun kadar kolesterol. 

Khasiat tersebut berdasarkan uji terhadap ekstrak daun sukun pada mencit di laboratorium. Hasilnya, senyawa flavonoid khas yang dimiliki daun ini berperan menghambat penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah aorta, sehingga kadar kolesterol turun secara signifikan.

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Makanan Penurun Asam Urat yang Aman Untuk Dikonsumsi

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru