Cari cara memutihkan gigi alami? Pakai 4 bahan ini, yuk

Jumat, 02 Juli 2021 | 12:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cari cara memutihkan gigi alami? Pakai 4 bahan ini, yuk

ILUSTRASI. Mengonsumsi buah stroberi termasuk salah satu cara memutihkan gigi alami. REUTERS/Regis Duvignau


KESEHATAN - Memiliki warna gigi yang cerah bisa jadi salah satu cara menunjang penampilan. Untuk mendapat hal itu, ada beberapa cara memutihkan gigi alami yang dapat Anda praktikkan.

Selain mencerahkan warna gigi, kandungan dalam bahan alami juga mampu menjaga kesehatan gigi.

Hal penting yang perlu Anda ingat jika ingin memiliki gigi cerah dan sehat adalah dengan rajin menjaga kebersihan. Usahakan untuk selalu menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari.

Frekuensi sikat gigi bisa bertambah saat Anda baru saja mengonsumsi makanan dan minuman yang meninggalkan noda, seperti kopi.

Selain menyikat gigi, cobalah untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan memakai benang gigi dan obat kumur. Nah, beberapa bahan alami berikutĀ akan membantu Anda mendapat warna gigi yang lebih cerah:

Konsumsi buah dan sayur

Melansir Pleasant Family Dentistry, mengonsumsi buah dan sayur bisa jadi salah satu cara memutihkan gigi. Apalagi, buah dan sayur dengan tekstur renyah.

Mengonsumsi jenis buah dan sayur itu efektif membersihkan plak yang membuat gigi terlihat kuning dan tidak cerah.

Beberapa jenis buah yang bisa Anda coba adalah buah stroberi dan buah nanas. Asam malat dan bromelain yang terkandung dalam jenis buah itu mampu membersihkan noda kuning di gigi.

Baca Juga: Ini Cara Menghilangkan Sakit Gigi, Pakai 4 Bahan Alami

Baking soda

Jika Anda ingin mencerahkan warna gigi, tak ada salahnya untuk memanfaatkan baking soda. Kandungan dalam baking soda mampu membersihkan noda di permukaan gigi.

Namun, karena bersifat abrasif, sebaiknya jangan gunakan baking soda terlalu sering dalam jangka waktu lama, ya.

Kulit pisang

Cara memutihkan gigi alami berikutnya yang patut Anda coba adalah dengan memanfaatkan kulit pisang. Anda hanya perlu menggosokkan kulit pisang bagian dalam pada gigi selama dua menit lalu bersihkan gigi dengan pasta gigi seperti biasa.

Selain kulit pisang, Anda juga bisa memanfaatkan kulit lemon dan kulit jeruk. Namun, kulit buah itu mengandung asam sitrat. Jadi, jika Anda memiliki gigi sensitif, sebaiknya gunakan bahan alami yang lain.

Baca Juga: 4 Bahan alami ini bisa jadi cara menghilangkan sakit gigi

Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat Anda gunakan sebagai cara memutihkan gigi alami.

Pleasant Family Dentistry merekomendasikan minyak kelapa untuk mencerahkan gigi. Kandungan dalam jenis minyak itu mampu melawan pertumbuhan bakteri sehingga plak yang membuat warna gigi berubah dapat berkurang.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Berkumurlah dengan 1 sdm minyak kelapa selama 15 hingga 20 menit lalu kumur lagi dengan air untuk membersihkan sisa minyak kelapa.

Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan efek itu.

Selanjutnya: 4 Cara Menghilangkan Bau Mulut, Mudah Anda Coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru