Cari cara menghilangkan karang gigi secara alami? Coba 7 bahan ini

Jumat, 16 April 2021 | 11:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cari cara menghilangkan karang gigi secara alami? Coba 7 bahan ini

ILUSTRASI. Minyak kelapa bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan karang gigi secara alami.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Karang gigi yang terus dibiarkan bisa menyebabkan masalah yang lebih parah, lo. Misalnya, gusi menjadi lebih mudah berdarah, menimbulkan sakit gigi, dan lain sebagainya. Untuk menghindari hal itu, cobalah untuk mempraktikkan cara menghilangkan karang gigi secara alami.

Sebelum memanfaatkan berbagai macam bahan alami di sekitar Anda, ada hal penting yang perlu Anda lakukan. Usahakan untuk rajin menyikat gigi supaya tidak ada sisa makanan dan kuman lain yang menumpuk hingga menimbulkan karang gigi.

Pilihlah sikat gigi dengan bulu halus dan sesuai dengan kondisi Anda. Selain itu, Anda perlu menggunakan obat kumur dan benang gigi supaya kebersihan gigi dan mulut terjaga secara maksimal. Nah, ketika hal itu sudah Anda lakukan, bahan-bahan berikut bisa mengoptimalkan usaha Anda.

Baking Soda

Stylecraze (stylecraze.com) mengatakan bahwa baking soda mengandung antibakteri sehingga mampu menghilangkan karang gigi. Tidak berhenti sampai di situ, baking soda juga mampu mencerahkan warna gigi Anda.

Caranya cukup mudah. Pertama, 1 sdm baking soda dengan sejumput garam. Setelah teraduk rata, gunakan baking soda itu untuk menyikat gigi lalu kumur dengan air hangat. Untuk mendapat hasil yang maksimal, usahakan untuk melakukannya tiap dua hari sekali.

Baca Juga: Cara alami mengatasi gigi kuning bisa pakai 5 bahan ini

Minyak Kelapa

Cara menghilangkan karang gigi secara alami selanjutnya adalah dengan memanfaatkan minyak kelapa. Jenis minyak itu mampu membersihkan berbagai macam kotoran yang ada di sela gigi Anda. Selain itu, antimikroba yang terkandung dalam minyak kelapa mampu mencegah infeksi penyakit gigi dan mulut.

Anda hanya perlu berkumur dengan 1 sdm minyak kelapa selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, buang minyak kelapa yang sudah dipakai untuk berkumur dan kumur lagi dengan air hangat. Cobalah untuk melakukan langkah itu sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Baca Juga: 3 Cara memutihkan gigi dengan bahan alami

Lidah Buaya, Essential Oil, Baking Soda, Air, Gliserin Nabati

Lidah buaya dan bahan lainnya bisa digunakan sebagai cara menghilangkan karang gigi secara alami.

Sama seperti minyak kelapa, lidah buaya mengandung antimikroba yang mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda. Stylecraze pun mengatakan bahwa essential oil lemon mengandung antijamur yang mampu menghilangkan karang gigi.

Anda perlu mencampur 1 sdt gel lidah buaya, 10 tetes essential oil lemon, 4 sdm baking soda, satu gelas air, dan 4 sdt gliserin nabati terlebih dahulu. Selanjutnya, gosokkan campuran itu pada gigi Anda secara menyeluruh lalu kumur dengan air.

Selanjutnya: Terbuat dari bahan alami, berikut 4 obat gusi bengkak

Editor: Belladina Biananda
Terbaru