Cari masker rambut alami? Coba pakai 8 bahan ini, yuk

Jumat, 27 Agustus 2021 | 11:06 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cari masker rambut alami? Coba pakai 8 bahan ini, yuk

ILUSTRASI. Masker rambut bisa Anda buat dengan bahan-bahan alami.


KESEHATAN - JAKARTA. Ada banyak bentuk perawatan rambut yang perlu Anda lakukan. Tak hanya memakai sampo dan kondisioner, masker rambut juga harus Anda gunakan supaya kesehatan rambut dan kulit kepala terjaga.

Memang ada banyak masker yang dijual di pasaran. Sayangnya, produk-produk itu menggunakan bahan kimia yang dapat memperparah kondisi rambut. Salah satu alternatif yang layak Anda coba adalah memakai bahan-bahan alami.

Meski demikian, bukan berarti Anda bebas menggunakan bahan alami ini, ya. Usahakan untuk tetap berkonsultasi ke ahli atau dokter untuk mendapat hasil yang sesuai dengan keinginan. Berkonsultasi dulu juga mampu menurunkan risiko efek samping, seperti alergi, yang mungkin Anda alami.

Rambut Kering

Bagi pemilik rambut kering, GH (goodhousekeeping.com) merekomendasikan masker yang terbuat dari 1 sdt madu, satu telur, dan 1 sdm cuka apel. Campur semua bahan itu hingga teraduk rata lalu aplikasikan secara merata pada rambut. Diamkan selama 30-40 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

Baca Juga: 4 Cara mengatasi rambut mengembang, mudah Anda coba

Memanjangkan Rambut

Memiliki rambut panjang merupakan salah satu keinginan yang dimiliki banyak orang. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membuat masker rambut dari kayu manis dan minyak kelapa dengan perbandingan yang sama.

Setelah teraduk rata, aplikasikan masker itu pada rambut dan kulit kepala selama minimal 30 menit. Selanjutnya, bilas dengan air. Antimikroba yang terdapat dalam bahan alami itu mampu memperlancar aliran darah sehingga pertumbuhan rambut lebih terstimulasi.

Rambut Berminyak

Mengutip dari GH, rambut berminyak dapat diatasi dengan telur dan lemon. Protein yang terkandung dalam telur dapat mengurangi produksi minyak berlebih sehingga rambut terlihat lebih sehat.

Caranya, campur satu putih telur dengan air perasan setengah lemon. Oleskan masker rambut itu pada rambut selama minimal 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Usahakan untuk melakukannya secara rutin supaya hasilnya bisa maksimal.

Baca Juga: Ini cara membuat plus 5 manfaat masker kopi untuk kulit

Rambut Rusak

Masker rambut dari minyak zaitun dan alpukat bisa mengatasi rambut rusak.

Ada banyak faktor penyebab rambut rusak, seperti paparan sinar matahari, polusi, atau faktor yang lain. Untuk mengatasinya, cobalah memakai minyak zaitun dan alpukat secara rutin. Cara yang perlu Anda lakukan pun tak sulit.

Pertama, campur ½ alpukat dan 1 sdm minyak zaitun dengan satu telur dan 1 sdm madu. Anda perlu mengaplikasikan masker tersebut saat rambut masih basah lalu tutup dengan shower cap. Diamkan dulu selama 20 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Selanjutnya: Ini 8 bahan alami yang bisa membantu meredakan jerawat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru