Catat 5 Bahan Alami Ini Untuk Menghilangkan Karang Gigi Membandel

Rabu, 31 Agustus 2022 | 10:11 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Catat 5 Bahan Alami Ini Untuk Menghilangkan Karang Gigi Membandel

ILUSTRASI. Ilustrasi karang gigi.


KESEHATAN - Karang gigi adalah salah satu masalah gigi yang tak boleh dianggap sepele. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa bahan alami yang ampuh menghilangkan karang gigi membandel yang patut Anda coba.

Sebelumnya, karang gigi disebabkan oleh adanya plak yang berasal dari penumpukan sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan di sela-sela gigi. Bakteri tersebut lama-lama akan menempel dan akan berisiko membuat gigi rusak jika tidak segera dibersihkan. 

Oleh karena itu sebelum karang gigi membandel, Anda harus rajin menggosok gigi agar tidak ada sisa-sisa makanan yang menempel.

Baca Juga: Coba 4 Olahraga yang Efektif Mengecilkan Perut Buncit

Ada salah satu cara alternatif menghilangkan karang gigi dengan menggunakan bahan-bahan alami. Namun, tetap Anda harus berkonsultasi dengan dokter supaya hasilnya lebih maksimal. 

Berikut cara menghilangkan karang gigi menggunakan bahan alami yang di lansir dari Emedi Health: 

1. Jeruk 

Jeruk dipercaya mampu menghilangkan karang gigi. Pasalnya, jeruk mengandung asam sitrat dapat melunakkan karang gigi sehingga dapat menjadi lebih mudah saat dibersihkan. 

2. Lidah Buaya

Tidak hanya jeruk, lidah buaya juga mempunyai manfaat bisa menghilangkan karang gigi loh. Dilansir dari Emedi Health, ada sebuah penelitian bahwa lidah buaya mempunyai khasiat yang hampir sama dengan obat kumur untuk menghilangkan karang gigi.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2022/2023: Pekan 5 Ada Man City vs Nott’m Forest

3. Daun Jambu Biji

Cara menghilangkan karang gigi selanjutnya Anda bisa memanfaatkan daun jambu biji. Selain dapat menghilangkan karang gigi, daun jambu biji juga mengandung antiinflamasi yang mampu meredakan peradangan di gusi. 

Anda hanya tinggal mengkunyah beberapa helai daun jambu biji hingga semua bagi gigi terkena ekstraknya. Setelah itu berkumur dengan air. 

4. Wortel 

Wortel adalah bahan alami lain yang bisa menghilangkan karang gigi. Hal tersebut dikarenakan wortel mengandung banyak serat dapat merontokkan karang gigi saat dikonsumsi.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022/2023: Pekan 8 Ada Pertandingan Persita vs Madura United

5. Keju

Rekomendasi bahan alami terakhir untuk menghilangkan karang gigi adalah keju. Dilansir dari Emedi Health, keju merupakan produk olahan susu yang mampu menetralkan asam dalam mulut sehingga dapat menghilangkan karang gigi yang menempel. 

Selain itu keju juga mengandung nutrisi lain yang baik untuk kesehatan gigi secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru