Catat 6 Bahan Alami untuk Mencerahkan Kulit Wajah hingga Bebas Kusam

Selasa, 06 Februari 2024 | 18:08 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Catat 6 Bahan Alami untuk Mencerahkan Kulit Wajah hingga Bebas Kusam

ILUSTRASI. Ilustrasi telur untuk masker wajah


KESEHATAN - JAKARTA. Periksa bahan alami untuk mencerahkan kulit sehingga anti wajah kusam. Penggunaan produk-produk perawatan wajah tentu perlu diimbangi dengan pemakaian dan konsumsi bahan alami

Warna kulit yang kusam dan menggelap bisa timbul pada siapa saja dengan berbagai macam faktor.  Pemicu kulit kusam bisa dari paparan sinar matahari, bekas jerawat, dan faktor-faktor yang lain.

Tentu saja Anda perlu mengatasi penyebabnya terlebih dahulu supaya kulit gelap dapat teratasi dengan baik.

Mencerahkan kulit secara alami melibatkan asupan nutrisi yang tepat untuk mendukung kesehatan kulit.

Baca Juga: Kerutan Hilang & Bikin Awet Muda, Cek 5 Khasiat Buah Pepaya yang Jarang Orang Tahu

Lidah buaya

Berbagai vitamin dan nutrisi dapat membantu mencerahkan kulit, mengatasi hiperpigmentasi, dan memperbaiki tekstur kulit.

Nutrisi untuk mencerahkan kulit wajah

Berikut adalah beberapa nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk kulit:

  • Vitamin C: Kandungan zat ini menjadi antioksidan kuat yang membantu mencerahkan kulit, meratakan warna kulit, dan mengurangi bintik-bintik gelap.
  • Vitamin E: Nah, vitamin ini membantu memperbaiki dan meremajakan kulit, mengurangi bekas luka, dan memberikan kilau alami pada kulit.
  • Vitamin A: Ada juga vitamin A membantu meningkatkan pergantian sel kulit, mempromosikan regenerasi sel, dan mengatasi hiperpigmentasi.
  • Vitamin B-complex: Vitamin B-complex, termasuk B3 (niacinamide), B5 (pantothenic acid), dan B6, membantu menjaga kelembapan kulit, mengatasi peradangan, dan mengurangi pigmentasi.
  • Beta-karoten: Beta-karoten adalah prekursor vitamin A dan dapat membantu mencerahkan kulit serta memberikan warna kulit yang sehat.
  • Selenium: Selenium adalah mineral yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga elastisitas kulit.
  • Zinc: Zinc membantu memperbaiki jaringan kulit, mengatasi jerawat, dan membantu kulit lebih cerah.
  • Asam Lemak Omega-3: Asam lemak omega-3 membantu menjaga kelembaban kulit, mengurangi peradangan, dan mendukung kesehatan kulit secara keseluruhan.
  • Glutathione: Glutathione adalah antioksidan utama yang membantu mencerahkan kulit dan melawan pigmentasi berlebih.

Nah, beberapa bahan alami bisa Anda manfaatkan untuk mempercepat proses mencerahkan kulit. Sebelum rutin memakainya, usahakan untuk melakukan uji coba dulu.

Baca Juga: 7 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan, Bisa Bikin Tambah Cantik

Bahan alami untuk mencerahkan kulit wajah

Anda bisa mulai mencoba bahan alami lain jika kulit iritasi atau muncul reaksi alergi yang lain. Simak sederet bahan alami untuk mencerahkan wajah yang wajib Anda coba secara rutin dilansir dair laman Lybrate.

1. Telur

Dermatologis menyarankan telur sebagai pemutih wajah alami. Caranya cukup mudah, kocok telur hingga berbusa dan aplikasikan pada kulit wajah menggunakan kuas. Diamkan hingga kering, lalu bilas dengan air dingin. Untuk mengatasi aroma telur, tambahkan minyak lavender atau air perasan lemon.

2. Lemon

Kandungan nutrisi dalam lemon dapat mencerahkan kulit. Gosokkan bagian lemon langsung pada wajah, diamkan selama 10 menit, dan bilas dengan air dingin.

3. Pepaya

Menggunakan pepaya dapat membersihkan sel kulit mati dan membuat warna kulit terlihat lebih cerah. Kupas pepaya matang, tumbuk halus, aplikasikan sebagai masker selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat secara rutin untuk hasil maksimal.

4. Tomat dan Lemon

Campuran tomat dan lemon berfungsi sebagai ramuan pemutih wajah. Buat pasta dari ekstrak tomat dan air lemon, aplikasikan selama 20 menit, dan bilas dengan air dingin. Selain mencerahkan, masker ini juga dapat mengobati jerawat.

5. Lidah Buaya

Gel lidah buaya dapat digunakan sebagai pemutih wajah alami. Setelah mencuci wajah, oleskan gel lidah buaya dan diamkan selama 15 menit sebelum membersihkannya dengan air.

6. Kunyit dan Jeruk Nipis

Campuran kunyit dan jeruk nipis dapat digunakan sebagai pemutih wajah. Campur 1 sendok teh bubuk kunyit dengan 3 sendok teh air jeruk nipis, aplikasikan selama 15 menit, dan bilas dengan air.

Itulah penjelasan terkait beberapa bahan alami untuk mencerahkan kulit wajah yang mudah diterapkan.

Selanjutnya: Ekspor Lampaui USD 500 Juta, Menperin: Industri Obat Bahan Alam Prospektif

Menarik Dibaca: Konsisten, Sejak Awal Hingga Akhir Perdagangan 6 Februari 2024 IHSG Menguat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru