CLOSE [X]

Catat, 8 Cara Mempercepat Pertumbuhan Rambut Secara Alami

Kamis, 04 Agustus 2022 | 15:58 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Catat, 8 Cara Mempercepat Pertumbuhan Rambut Secara Alami

ILUSTRASI. Cara mempercepat pertumbuhan rambut secara alami.


KONTAN.CO.ID - Perlu Anda ketahui, ada beberapa cara mempercepat pertumbuhan rambut secara alami yang bisa Anda lakukan.

Cara tersebut sangat bermanfaat bagi seseorang yang mempunyai masalah rambut seperti rontok, patah, hingga kebotakan.

Selain itu, seseorang ingin mempercepat pertumbuhan rambut guna terhindar dari berbagai masalah rambut, seperti, ketombe, rontok, hingga kebotakan.

Umumnya, kerontokan disebabkan oleh stres emosional dan fisik yang tubuh terima dari paparan radikal bebas dari polusi lingkungan.

Baca Juga: Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark, Coba SnapTik Praktis Tinggal Tempel Link

Selain itu, rambut juga cenderung rontok saat pacsa sakit demam tinggi, melahirkan, mengalami berat badan drastis dan pasca operasi. 

Melansir dari Healthline, berikut adalah cara mempercepat pertumbuhan rambut dengan cepat dan efektif:

Hindari diet ketat

Cara pertama adalah hindari diet ketat yang berlebihan. Pasalnya, diet bisa memperlambat proses pertumbuhan rambut.

Menurut Dr. Lindsey Bordone, dokter kulit di Columbia Doctors dan asisten profesor dermatologi di Columbia University Medical Center, tidak ada yang dapat mengontrol semua hal yang memengaruhi pertumbuhan rambut.

Tetapi, ada hal-hal yang dapat Anda hindari yang bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan dan peningkatan kerontokan.

Baca Juga: Cacar Monyet: Kenali Gejala dan Penularan yang Perlu Diwaspdai

Cek asupan protein

Periksa asupan protein menjadi cara kedua mempercepat pertumbuhan rambut. Soalnya, makan makanan yang seimbang dengan asupan protein yang cukup penting untuk pertumbuhan rambut yang optimal.

Coba produk yang mengandung kafein

Anda semua tahu bahwa kafein dapat memberi dorongan energi. Namun, satu studi tahun 2014 menemukan, kafein juga memiliki efek peningkatan pertumbuhan pada rambut Anda.

Menurut penelitian, kafein dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut baru pada tingkat molekuler, seluler, serta organ pada pria dan wanita.

Coba minyak esensial

Cara selanjutnya adalah mencoba memakai minya atsiri. Minyak atsiri tidak hanya harum saat dipakai, tetapi juga dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

Baca Juga: 4 Makanan Penyebab Gangguan Kelenjar Getah Bening yang Perlu Diwaspadai

Tingkatkan nutrisi

Dengan meningkatkan nutrisi yang dikonsumsi oleh tubuh, akan membuat proses pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat. Contohnya, biotin, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, zinc, zat besi, serta omega 3 dan 6.

Selain vitamin, mineral, dan asam lemak tertentu juga sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan juga memainkan peran kunci dalam menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan rambut.

Pijat kulit kepala

Memijat kulit kepala dipercaya dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Sebab, kulit kepala menjadi lebih rileks serta menghilangkan stres.

Pijat kulit kepala diperkirakan dapat membantu melebarkan pembuluh darah di bawah kulit. cara ini bisa menyebabkan rambut yang lebih tebal dan lebih kuat yang cenderung tidak patah atau rusak.

Hindari catokan, pengering rambut, dan alat panas

Catokan, pengeriting, dan pengering rambut bisa membuat rambut rusak dan rontok sehingga akan memperlambat proses pertumbuhan rambut.

Jika tidak bisa menghindari, cobalah untuk membatasi pemakaian alat tersebut. Dengan menurunkan suhu pada alat yang dipakai sudah dapat sedikit mengurangi kerusakan rambut.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022 Qatar: Senegal VS Belanda Jadi Laga Pembuka

Hindari mewarnai rambut

Sama halnya dengan memakai alat pemanas, mewarnai rambut juga dapat memperlambat pertumbuhan rambut.

Pasalnya, bahan kimia yang terkandung di dalam pewarna rambut bisa membuat tekstur rambut berubah yang berakibat rambut patah dan rontok.

Oleh karena itu, jika ingin mempercepat pertumbuhan rambut disarankan untuk jangan mewarnai rambut terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru