Catat, Ini Biaya Admin Tokopedia Seller dan Layanan Lain di Tahun 2023

Rabu, 01 Februari 2023 | 14:15 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Catat, Ini Biaya Admin Tokopedia Seller dan Layanan Lain di Tahun 2023

ILUSTRASI. Catat, Ini Biaya Admin Tokopedia Seller dan Layanan Lain di Tahun 2023. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc.


TIPS & TRIK - Cek daftar biaya admin Tokopedia Seller beserta biaya layanan lainnya. Penjual di aplikasi Tokopedia perlu mengetahui rincian tarif baru di tahun 2023.

Tokopedia merupakan salah satu marketplace yang memiliki banyak fitur untuk bertemunya penjual dan pembeli.

Platform Tokopedia juga lengkap dengan layanan tagihan dengan berbagai metode pembayaran.

Salah satu fitur penting yang wajib diketahui oleh penjual di Tokopedia adalah Tokopedia Seller.

Baca Juga: Intip Inisiatif Tokopedia Sepanjang 2022 untuk Bantu Pertumbuhan UMKM dan Hasilnya

Program Tokopedia Seller cukup banyak mulai dari level penjual hingga beriklan dengan mudah.

Kini, Tokopedia menyesuaikan biaya layanan yang akan dihitung berdasarkan kategori produk terjual.

Level Toko di Tokopedia dimulai dari level Reguler Merchant, Power Merchant, Power Merchant PRO, Official Store, dan Dilayani Tokopedia.

Adapun, biaya layanan per tahun 2023 terkini berubah menjadi 1% untuk Regular Merchant dan mulai dari 1,8% untuk keanggotaan Power Merchant.

Baca Juga: Cara Daftar Tokopedia Affiliate dan Syaratnya, Dapat Uang Tambahan

Biaya Admin Tokopedia Seller

Berikut ini tabel untuk biaya layanan yang dikenakan Seller setiap kali produk terjual dilansir dari laman resmi Tokopedia.

Biaya layanan Tokopedia

Kategori Grup dari Tokopedia Seller sebagai berikut ini:

Kategori Grup 1 meliputi: Buku, Dapur, Elektronik, Fashion Anak & Bayi, Fashion Muslim, Fashion Pria, Fashion Wanita, Handphone & Tablet, Ibu & Bayi, Kamera, Kecantikan, Mainan & Hobi, Makanan & Minuman, Office & Stationery, Olahraga, Otomotif, Perawatan Tubuh, Perlengkapan Pesta & Craft, Pertukangan, Produk Lainnya, Rumah Tangga, Tour & Travel, dan Wedding.

Kategori Grup 2 meliputi: Dapur, Elektronik, Film & Musik, Gaming, Ibu & Bayi, Kamera, Kesehatan, Komputer & Laptop, Mainan & Hobi, Makanan & Minuman, Office & Stationery, Otomotif, Perawatan Hewan, Perlengkapan Pesta & Craft, dan Pertukangan.

Kategori Grup 3 meliputi: Dapur, Elektronik, Fashion Anak & Bayi, Fashion Wanita, Gaming, Handphone & Tablet, Ibu & Bayi, Kamera, Kecantikan, Komputer & Laptop, Logam Mulia, Makanan & Minuman, Olahraga, Otomotif, Pertukangan, dan Properti.

Kategori Grup 4 meliputi: Handphone & Tablet.

Kategori Grup 5 meliputi: Otomotif (Sepeda Motor dan Mobil).

Regulasi Biaya Layanan Program Gratis Ongkir

Melansir dari laman resmi, Tokopedia turut melakukan penyesuaian dari program tertentu lain. Ada biaya layanan Bebas Ongkir pada program yang diaktifkan oleh Seller dengan potongan 4% dengan maksimum Rp 10.000 untuk setiap produk terjual.

Sementara, untuk Seller yang mengaktifkan Dilayani Tokopedia, biaya layanan Bebas Ongkir Extra dipotong menjadi 2%* dengan maksimum Rp 10.000 untuk setiap produk terjual.

Kebijakan baru untuk Tokopedia Seller ini berlaku untuk keanggotaan Regular Merchant, Power Merchant, dan Power Merchant PRO, penyesuaian biaya layanan Bebas Ongkir diterapkan mulai 2 Januari 2023.

Sementara, bagi penjual dengan keanggotaan Official Store dan Seller Dilayani Tokopedia, penyesuaian biaya layanan Bebas Ongkir dan Bebas Ongkir Extra mulai 1 Maret 2023.

Demikian informasi yang dapat diterima oleh setiap penjual di program Tokopedia Seller untuk penyesuaian biaya admin dan layanan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru