Cegah anemia dengan 5 makanan penambah hemoglobin ini

Selasa, 02 Februari 2021 | 22:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cegah anemia dengan 5 makanan penambah hemoglobin ini


KESEHATAN - JAKARTA. Hemoglobin atau HB adalah salah satu jenis protein yang ada di sel darah merah. Tugasnya untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Untuk menghindari kekurangan hemoglobin, Anda perlu mengonsumsi makanan penambah HB.

Kondisi tubuh yang kekurangan hemoglobin biasa disebut dengan anemia. Beberapa gejala anemia yang bisa dirasakan oleh seseorang adalah mudah lelah, sesak napas, sakit kepala, hingga pingsan. Mengutip dari NDTV (ndtv.com), pria membutuhkan 13.5-17.5 g/deciliter hemoglobin.

Sedangkan wanita membutuhkan 12-15.5 g/deciliter hemoglobin. Untuk memenuhi jumlah tersebut, ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi. Mulai dari makanan yang mengandung vitamin C, delima, kurma, dan lain sebagainya.

Makanan yang Mengandung Vitamin C

Zat besi membutuhkan medium lain agar bisa diserap tubuh secara maksimal. Salah satu medium yang dimaksud adalah vitamin C. Cobalah untuk mengonsumsi jeruk, tomat, anggur dan jenis buah lain sebagai makanan penambah HB.

Baca Juga: 5 Manfaat gula merah yang berguna untuk kesehatan tubuh

Delima

Ada banyak nutrisi penting yang terkandung dalam delima. Mulai dari zat besi, protein, kalsium, serat, dan karbohidrat. Cobalah untuk mengonsumsi delima setiap hari, misalnya dalam bentuk jus, supaya jumlah hemoglobin dalam tubuh Anda bertambah.

Buah Bit

Buah bit termasuk salah satu makanan penambah HB untuk mencegah anemia.

NDTV merekomendasikan buah bit untuk meningkatkan jumlah hemoglobin dalam tubuh. Tidak hanya mengandung zat besi, buah bit juga memiliki banyak serat, asam folat, dan kalium yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Biji Labu

Makanan penambah HB selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah biji labu. Biji labu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari zat besi, kalsium, magnesium, dan mangan. Anda bisa menambahkan biji labu pada salad, smoothie, atau hidangan lain yang Anda konsumsi sehari-hari.

Baca Juga: Daftar makanan penambah darah, penting guna mencegah anemia

Kurma

Apakah Anda suka mengonsumsi kurma? Jenis buah yang terkenal di bulan ramadan ini ternyata dapat meningkatkan jumlah hemoglobin karena mengandung banyak zat besi. Selain itu, mengonsumsi kurma juga bisa menambah energi tubuh Anda.

Meski demikian, penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi kurma secara berlebihan karena jenis buah itu mengandung banyak gula. Untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan, usahakan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Selanjutnya: Rekomendasi 4 makanan yang mengandung kolage

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru