Cek 5 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Tubuh

Sabtu, 04 Maret 2023 | 09:35 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Cek 5 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Tubuh


KESEHATAN - Tomat adalah buah yang lazim dipakai untuk campuran berbagai macam makanan atau dimakan secara mentah. Selain itu, tomat juga bisa diblender dan dijadikan jus. Nah, ternyata ada beberapa manfaat jus tomat bagi kesehatan. 

Manfaat jus tomat berasal dari beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya. 

Manfaat jus tomat bagi kesehatan paling kentara salah satunya dari senyawa bernama likopen. Itu sebabnya, sangat disarankan mengonsumsi buah merah ini, baik dimakan secara langsung atau dibuat minuman jus.

Lantas, apa saja manfaat jus tomat untuk kesehatan? 

Baca Juga: 7 Jus Buah Penurun Darah Tinggi yang Murah dan Mudah Didapat

Manfaat jus tomat

Manfaat jus tomat

Nah, berikut ini sederet manfaat jus tomat sebagaimana dilansir dari laman Healthline:

1. Sangat Bergizi

Khasiat jus tomat tentulah kandungan nutrisinya yang sangat kaya. Jus tomat kaya akan kalori, protein, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, magnesium, kalium, tembaga, mengan, dan nutrisi lainnya yang penting bagi tubuh.

Baca Juga: 10 Buah dan Sayur Paling Top untuk Penderita Diabetes, Gula Darah Tinggi Rontok

Mengonsumsi satu gelas jus tomat berukuran 240 ml hampir memenuhi kebutuhan harian Anda akan vitamin C dan memenuhi 22% kebutuhan vitamin A Anda dalam bentuk alfa dan beta-karotenoid.

Karotenoid adalah pigmen yang diubah menjadi vitamin A di tubuh Anda. Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan penglihatan dan pemeliharaan jaringan.

Karotenoid ini tidak hanya diubah menjadi vitamin A tetapi juga bertindak sebagai antioksidan kuat, melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Baca Juga: 11 Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat dan Mudah Didapat, Simak Daftarnya!

Kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas telah dikaitkan dengan kondisi kronis seperti penyakit jantung dan diyakini berperan dalam proses penuaan.

Selain itu, manfaat jus tomat yakni sarat dengan magnesium dan potasium, dua mineral penting untuk kesehatan jantung.

Manfaat tomat juga sebagai sumber vitamin B yang sangat baik, termasuk folat dan vitamin B6, yang penting untuk metabolisme tubuh dan banyak fungsi lainnya.

Baca Juga: 10 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi, Catat!

2. Kaya antioksidan

Antioksidan tinggi adalah salah satu manfaat jus tomat. Jus tomat adalah sumber antioksidan kuat seperti likopen, pigmen tumbuhan karotenoid yang dikaitkan dengan manfaat kesehatan.

Likopen melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga mengurangi peradangan di tubuh. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa minum jus tomat kaya likopen memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan, khususnya bisa mengurangi peradangan.

Baca Juga: 9 Sayuran yang Bikin Kolesterol Jahat Rontok

Studi pada 106 wanita yang kelebihan berat badan mencatat bahwa minum 1,4 cangkir (330 ml) jus tomat setiap hari selama 20 hari secara signifikan mengurangi penanda inflamasi.

Selain likopen, manfaat jus tomat adalah sebagai sumber vitamin C dan beta-karoten yang sangat baik. Kedua antioksidan tersebut memiliki sifat antiinflamasi yang kuat.

Baca Juga: Catat Yuk! Ini 10 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Manfaat jus tomat juga sudah lama dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat jus tomat juga sudah lama dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Buah ini mengandung antioksidan kuat, seperti likopen dan beta-karoten.

Keduanya membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan penumpukan lemak di arteri.

Sebuah penelitian yang melibatkan 584 orang menemukan bahwa mereka yang memiliki pola makan kaya tomat dan produk tomat memiliki risiko penyakit jantung yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang memiliki asupan rendah tomat.

Baca Juga: Selain Tubuh Terasa Lemas, Ini Tanda Usus Kotor dan Cara Mengatasinya

4. Perlindungan kanker

Karena kandungan nutrisi dan antioksidannya yang tinggi, manfaat jus tomat memiliki efek antikanker menurut beberapa penelitian.

Dalam sebuah penelitian, ekstrak likopen yang berasal dari produk tomat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat dan bahkan menginduksi apoptosis, atau kematian sel.

Baca Juga: Tengok 6 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis

Penelitian pada hewan juga mengamati bahwa tomat mungkin memiliki efek perlindungan terhadap kanker kulit.

Tikus yang diberi makan bubuk tomat merah selama 35 minggu mengalami perkembangan kanker kulit yang jauh lebih sedikit setelah terpapar sinar UV dibandingkan tikus lainnya. 

Baca Juga: 15 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Sudah Terbukti

5. Membantu menurunkan darah tinggi

Manfaat jus tomat juga menjadi salah satu jus penurun darah tinggi. Studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi satu gelas jus tomat per hari dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Jus tomat dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik, serta kolesterol. Untuk menghindari sodium yang tidak perlu, yang dapat memiliki efek sebaliknya pada tekanan darah, pastikan untuk membeli jus tomat tawar.

Itulah sederet manfaat jus tomat yang sangat mengesankan bagi kesehatan tubuh. Dengan beragam khasiat jus tomat tersebut, tidak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi jus tomat setiap hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru