Cek Status BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP, Ada 3 Cara Mudah

Rabu, 27 Juli 2022 | 07:35 WIB Sumber: Kompas.com
Cek Status BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP, Ada 3 Cara Mudah

ILUSTRASI. BPJS Ketenagakerjaan dapat dicek dengan mudah dengan menggunakan NIK di Kartu Tanda Penduduk (KTP). Kontan Kilas Online


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat ini, BPJS Ketenagakerjaan dapat dicek dengan mudah dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di Kartu Tanda Penduduk (KTP). Ada tiga cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP. 

Langkah mengecek BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK bisa dilakukan saat Anda lupa dengan nomor BPJS Ketenagakerjaan. 

Anda juga bisa mengetahui apakah BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki masih aktif atau tidak. 

Berikut ini informasi seputar langkah-langkah untuk cek kartu BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak, termasuk panduan mengenai cara cek BPJS ketenagakerjaan dengan KTP. 

Sebelum mengetahui cara cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak, sebaiknya pahami dulu pentingnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan adalah jaminan perlindungan sosial untuk para pekerja di Indonesia. 

Kepesertaan bersifat wajib. Karena itu, mengetahui cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak menjadi penting dan perlu dilakukan bagi yang masih ragu apakah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. 

Baca Juga: JHT BPJS Ketenagakerjaan bisa dicairkan secara online, sudah tahu?

Ini dilakukan untuk mengetahui status kepesertaan, terutama untuk pekerja yang sudah berhenti bekerja, terkena PHK, lama tidak membayar iuran, dan kondisi lainnya. 

Dikutip dari laman resmi BPJS Ketenagakerjaan, setidaknya terdapat 3 cara cek kartu BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak. Berikut cara cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak selengkapnya: 

1. Cek status via aplikasi BPJSTK Mobile 

Cara mengetahui apakah BPJS masih aktif atau tidak bisa dilakukan melalui aplikasi BPJSTK Mobile dengan langkah sebagai berikut: 

  • Peserta harus mengunduh aplikasi BPJSTK Mobile di Android, iOS, dan BlackBerry.
  • Setelah mengunduh, peserta harus melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan PIN. Syarat registrasi di aplikasi BPJSTK Mobile antara lain Nomor KPJ (ada di kartu BPJS Ketenagakerjaan), NIK e-KTP, dan tanggal lahir, dan nama (cara cek BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP).
  • Setelah terdaftar dan login, peserta dapat mengetahui status kepesertaan BPJAMSOSTEK.
  • Kemudian pilih di "Kartu Digital". Setelah muncul tampilan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan, klik di tampilan tersebut, bagian bawah akan terlihat status kepesertaan cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak. 

Baca Juga: Cek BSU Rp 1 juta muncul status: Tidak Terdaftar, bagaimana solusinya?

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru