Curiga kucing Anda keracunan? Ini tanda-tandanya

Senin, 09 Agustus 2021 | 10:15 WIB Sumber: WikiHow
Curiga kucing Anda keracunan? Ini tanda-tandanya

ILUSTRASI. Cara Mengatasi Kucing Keracunan.


HEWAN PELIHARAAN - Kucing merupakan hewan yang memiliki tingkat penasaran yang tinggi. Saat mereka menemukan sesuatu yang baru, kucing suka mengendus-endus, menjilat, dan mencium untuk menyelidiki. Itulah kenapa kucing sering mengalami keracunan.

Saat Anda akhirnya menemukan kucing Anda muntah-muntah tanpa sebab, barulah Anda menyadari bahwa dia keracunan. Ini hal yang sangat mengkhawatirkan karena tak semua kasus keracunan dapat diselamatkan.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Anak Kucing Agar Tumbuh dengan Baik dan Sehat

Tanda-tanda keracunan pada kucing dapat dilihat dari tingkahnya yang mulai lemas dan tidak bertenaga. Mereka akan kehilangan nafsu makan dan minum, juga kesulitan bernafas. Selain itu, kucing yang keracunan akan mengeluarkan air liur berlebih dan tidak normal intensitasnya. Gangguan pencernaan juga berlangsung seperti diare.

Untuk kasus yang lebih cepat, kucing akan batuk-batuk seperti akan memuntahkan isi perutnya. Lalu, muntahan dikeluarkan sebagai bentuk penolakan zat yang tak bisa diterima oleh tubuh. Tubuh kucing bergetar, pupil mata membesar, dan dapat menyebabkan kejang-kejang.

Mengatasi kucing keracunan perlu melakukan beberapa hal sebelum akhirnya di bawa ke rumah sakit hewan. Berikut beberapa petolongan pertama cara mengatasi kucing keracunan.

Baca Juga: Seberapa Lama Anak Kucing Menyusu ke Induknya?

Mengidentifikasi Racun yang Masuk

Dilansir dari Wikihow.com, mengidentifikasi racun apa yang telah dimakan kucing dapat membantu Anda memutuskan apakah sebaiknya membantu kucing muntah atau tidak. Jika kasus keracunan disebabkan oleh hal yang tak dapat Anda tangani sendiri, Anda dapat langsung membawanya ke dokter hewan.

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru