Daftar 5 Sayuran dan Biji-bijian Penurun Kolesterol dengan Alami

Minggu, 17 Maret 2024 | 05:00 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Daftar 5 Sayuran dan Biji-bijian Penurun Kolesterol dengan Alami

ILUSTRASI. Sayuran hijau


KESEHATAN - JAKARTA. Simak sayuran dan biji-bijian penurun kolesterol yang efektif. Makanan hasil bumi memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kadar lemak jahat.

Sebagai bagian dari pola makan sehat, konsumsi sayuran dan biji-bijian yang kaya serat dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Kedua jenis makanan ini tidak hanya rendah lemak, tetapi juga mengandung nutrisi penting seperti antioksidan, vitamin, dan mineral yang diperlukan tubuh.

Dengan mengintegrasikan lebih banyak sayuran dan biji-bijian ke dalam pola makan sehari-hari, seseorang dapat mencapai tingkat kesehatan jantung yang optimal dan menurunkan kadar kolesterol secara alami.

Untuk itu, ada beberapa sayuran dan biji-bijian yang membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga: 5 Sayuran yang Bisa Bikin Kadar Gula dalam Darah Melonjak, Pantangan untuk Diabetes

Sayuran dan biji-bijian penurun kolesterol

Sayuran berdaun hijau

Simak daftar sayuran dan biji-bijian penurun kolesterol jahat yang mudah dikonsumsi, rangkuman berikut dari laman Cleveland Clinic.

1. Kacang-kacangan

Sumber serat larut lainnya adalah kacang-kacangan, yang mencakup kacang kering seperti kacang merah atau kacang hitam, lentil, dan kacang polong. Mereka juga tinggi protein dan sangat mengenyangkan sehingga membantu mengendalikan keinginan makan dari satu hidangan ke hidangan berikutnya.

Kacang-kacangan merupakan pengganti daging yang bagus, yang juga membantu menurunkan nilai kolesterol.

2. Sayuran non-berpati

Isi piring Anda dengan sayuran non-berpati seperti asparagus, Brussels sprouts, kol, brokoli, kembang kol, tomat, paprika, seledri, wortel, sayuran berdaun hijau, dan bawang, karena rendah kalori, tinggi serat, dan mengandung protein.

Sayuran non-berpati bisa mengurangi jumlah pati (seperti beras, kentang, pasta, dan roti) yang dikonsumsi dan membantu menurunkan trigliserida (lemak darah mirip kolesterol) yang meningkatkan penyakit jantung.

Kacang chestnut

3. Havermut

Havermut dan biji-bijian merupakan sumber serat larut yang baik. Salah satu cara baik untuk memulai hari adalah dengan mengonsumsi mangkuk havermut atau kue muffin dari oat bran.

Cobalah dengan berbagai biji-bijian seperti quinoa, barley, buckwheat, rye, dan millet, atau gunakan biji-bijian yang lebih umum seperti beras coklat atau beras liar sebagai hidangan pendamping.

4. Biji-bijian

Saat Anda membutuhkan sedikit rasa gurih, atau hanya camilan di antara makanan, Anda mungkin ingin mencoba segenggam kacang. Walnut, almond, hazelnut, biji chia, dan biji rami telah terbukti meningkatkan HDL dan menurunkan LDL dan trigliserida.

Konsumsi ini secara teratur untuk menggantikan makanan camilan gurih dan asin lainnya. Tidak hanya bisa mengenyangkan, tetapi juga bisa ditambahkan ke dalam makanan untuk meningkatkan rasa dan nutrisi.

Taburkan pepitas atau biji bunga matahari di salad Anda, atau tambahkan biji chia dan biji rami ke dalam havermut, pancake gandum utuh, atau yogurt Yunani.

5. Kedelai, edamame, dan tahu

Diet berbasis tanaman bisa sangat bermanfaat. Seperti yang telah kita lihat dengan kacang-kacangan, kedelai, edamame, dan tahu semuanya merupakan pilihan sehat bagi jantung yang memberikan perasaan kenyang sambil juga berfungsi sebagai pengganti daging merah yang tinggi lemak jenuh.

Demikian beberapa penjelasan terkait makanan esensial yang berguna untuk mengontrol kolesterol dalam tubuh Anda.

Selanjutnya: Peringatan Dini Cuaca Hari Ini (17/3) Hujan Deras dan Petir di Provinsi Ini

Menarik Dibaca: Peringatan Dini Cuaca Hari Ini (17/3) Hujan Deras dan Petir di Provinsi Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru