Dapat Menguatkan Jantung, Ini Segudang Manfaat Lari untuk Tubuh

Kamis, 16 Maret 2023 | 18:39 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Dapat Menguatkan Jantung, Ini Segudang Manfaat Lari untuk Tubuh


KESEHATAN - Manfaat lari untuk kesehatan tubuh mungkin sudah tidak asing di telinga sebagian orang. Namun, ada beberapa manfaat lari untuk kesehatan tubuh yang penting untuk diketahui, penasaran?

Lari adalah salah satu jenis olahraga yang paling umum dan mudah untuk dilakukan. Selain itu, manfaat lari untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. 

Pasalnya, sudah banyak penelitian yang menujukkan bahwa lari sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Ayo Simak 7 Manfaat Manggis untuk Kesehatan Tubuh yang Terbukti Klinis

Lantas apa saja manfaat lari untuk kesehatan tubuh? 

Melansir dari Medical Darpan, berikut beberapa manfaat lari untuk kesehatan tubuh yang penting diketahui:

1. Menjaga Kesehatan Mental

Salah satu manfaat lari untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian di antaranya mampu menjaga kesehatan mental. Pasalnya, dengan lari mampu membuat tubuh penuh dengan energi positif dan menghilangkan stress.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Diketahui, Apa Saja?

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selain itu, manfaat lari untuk kesehatan tubuh yang cukup dikenal yaitu mampu meningkatkan kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan lari merupakan salah satu bentuk latihan kardio yang mampu memperkuat otot jantung. 

Bahkan, lari juga mampu mengontrol kadar glukosa dalam darah, mengatur tekanan darah hingga kolesterol. Sehingga lari sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Yuk Catat 5 Obat Batuk Kering Alami yang Mudah Didapatkan, Apa Saja?

3. Memperkuat Tulang

Lari juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang. Ketika Anda lari secara rutin, hal tersebut mampu memperkuat tulang. Sehingga, tak heran cukup banyak atlet yang berlari untuk meningkatkan kekuatan fisik.

4. Memperkuat Otot

Selain tulang, lari juga bermanfaat sekali untuk memperkuat otot.Otot yang ditargetkan dalam latihan kardio ini adalah otot gluteal dan betis, paha belakang, dan otot tubuh bagian tengah lainnya. Kontinuitas dari aktivitas ini menghasilkan pengencangan otot dan memberi Anda tubuh yang lebih ramping dengan perawakan tubuh yang berkembang.

Baca Juga: Tengok Yuk 6 Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan yang Terbukti Secara Klinis

5. Menurunkan Berat Badan 

Manfaat lari untuk kesehatan tubuh yang cukup populer lainnya yaitu mampu membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, lari merupakan latihan kardio yang cukup menguras kalori dalam tubuh. Sehingga, tak jarang lari dipilih saat menjalankan program diet menurunkan berat badan.

6. Memperbaiki Sistem Pernafasan

Tak berhenti disitu, lari juga dapat bermanfaat untuk memperbaiki sistem pernafasan Anda. Aktivitas lari yang sesuai mampu meningkatkan sistem pernapasan tubuh dan memungkinkan paru-paru meningkatkan kapasitasnya.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis, Yuk Catat!

7. Memperkuat Persendian

Manfaat lari untuk kesehatan yang tidak boleh terlewatkan adalah mampu memperkuat persendian. Hampir sama dengan tulang dan otot, lari secara rutin juga sangat baik untuk persendian. 

Tak jarang, orang yang rajin berlari akan mengurangi risiko terkena gangguan persendian di hari tua. Demikian beberapa manfaat lari untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru