Efektif, ini 3 cara menghilangkan komedo secara alami

Rabu, 12 Mei 2021 | 07:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Efektif, ini 3 cara menghilangkan komedo secara alami

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah komedo sering muncul di kulit Anda? Jika iya, Anda bisa mengatasinya dengan berbagai macam cara menghilangkan komedo secara alami. Selain membersihkan komedo, nutrisi dalam bahan alami juga mampu meningkatkan kesehatan kulit Anda.

Sebenarnya, ada banyak masker untuk komedo yang dijual di pasaran. Namun, penggunakan bahan kimia yang terlalu lama justru bisa mengakibatkan iritasi kulit. Untuk menghindari hal itu, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami dalam artikel ini.

Selain menggunakan beberapa bahan alami, Anda juga harus menjaga kebersihan kulit. Jangan sampai ada kotoran yang tertinggal dan sel kulit mati yang menumpuk. Hal itu justru dapat memperparah kemunculan komedo.

Madu dan Telur

Masker penghilang komedo pertama bisa Anda buat dengan mengkombinasikan madu dan telur. Pinkvilla (pinkvilla.com) mengatakan bahwa putih telur dapat membersihkan minyak berlebih dan sel kulit mati yang menumpuk. Jadi, kemunculan komedo pun dapat berkurang.

Di sisi lain, madu akan menutrisi dan menghidrasi kulit secara optimal. Caranya, campur satu putih telur dengan 1 sdm madu. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada kulit minimal 15 menit atau sampi kering. Selanjutnya, bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Mudah Anda coba, berikut 4 cara menghilangkan jerawat secara alami

Teh Hijau

Teh hijau juga bisa jadi cara menghilangkan komedo secara alami, lo. Selain mengurangi minyak berlebih, antioksidan dalam teh hijau juga mampu meredakan peradangan. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, campur 1 sdm teh hijau dengan sedikit air hingga berbentuk pasta. Setelah itu, aplikasikan pada kulit wajah selama 15 hingga 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Ulangi cara-cara tersebut satu hingga dua kali dalam seminggu untuk mendapat hasil yang maksimal.

Baca Juga: Begini cara menghilangkan komedo hitam dan komedo putih

Lemon dan Kayu Manis

Madu dan kayu manis bisa digunakan sebagai cara menghilangkan komedo secara alami.

Cara menghilangkan komedo secara alami selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan mengkombinasikan lemon dan kayu manis. Bahan alami itu mengandung antijamur, antibakteri, dan antioksidan sehingga efektif sebagai masker untuk menghilangkan komedo.

Anda perlu mencampur 2 sdm bubuk kayu manis dengan 2 sdm air lemon terlebih dahulu. Selanjutnya, aplikasikan campuran itu pada kulit selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan cara membersihkan komedo itu sebanyak tiga hingga empat kali dalam satu minggu.

Selanjutnya: Gunakan 5 bahan alami ini untuk mengatasi wajah berminyak

Editor: Belladina Biananda
Terbaru