Efektif Menurunkan Gula Darah, Ini 7 Manfaat Biji Ketumbar bagi Kesehatan

Selasa, 12 April 2022 | 16:01 WIB Sumber: Kompas.com
Efektif Menurunkan Gula Darah, Ini 7 Manfaat Biji Ketumbar bagi Kesehatan

ILUSTRASI. Biji ketumbar memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Contoh, bisa menurunkan gula darah.


KONTAN.CO.ID - Bukan cuma sebagai bumbu masakan, biji ketumbar punya banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat biji ketumbar adalah efektif menurunkan gula darah.

Biji ketumbar adalah rempah yang biasa digunakan untuk bumbu masakan Asia. Bernama ilmiah Coriandrum sativum, rempah ini mempunyai aroma yang menyengat. 

Mengutip Organic Facts, bau biji ketumbar berasal dari antioksidan dan minyak atsirinya, yang meliputi asam linoleat, asam oleat, linalool, alpha-pinene, dan terpene.

Biji ketumbar adalah rempah kaya nutrisi yang mengandung serat, antioksidan, vitamin B, vitamin C, kalium, tembaga, magnesium, mangan, seng, zat besi, dan kalsium. 

Mengutip Kompas.com, berikut manfaat biji ketumbar bagi kesehatan yang dilansir dari berbagai sumber: 

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menurunkan Gula Darah Secara Alami, Cocok buat Penderita Diabetes

1. Meningkatkan kesehatan jantung 

Laman Healthline menyebutkan, beberapa penelitian pada hewan dan tabung percobaan menunjukkan, manfaat biji ketumbar bisa menurunkan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol LDL (jahat). 

Ekstrak ketumbar dapat bertindak sebagai diuretik, yaitu membantu tubuh manusia membuang kelebihan natrium dan air. Hal tersebut dapat menurunkan tekanan darah. 

Beberapa penelitian menunjukkan, ketumbar dapat membantu menurunkan kolesterol juga. 

Sementara sebuah studi lain menemukan, tikus yang diberi biji ketumbar mengalami penurunan kolesterol LDL (jahat) yang signifikan dan peningkatan kolesterol HDL (baik). 

Selain itu, banyak orang menemukan, makan rempah-rempah pedas dan rempah-rempah seperti ketumbar membantu mereka mengurangi asupan natrium, yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. 

Dalam populasi yang mengonsumsi ketumbar dalam jumlah besar tingkat penyakit jantung cenderung lebih rendah dibandingkan orang-orang yang menjalani pola makan Barat (yang menggunakan lebih banyak garam dan gula).

Baca Juga: 10 Makanan Ini Efektif Menurunkan Gula Darah, Cocok untuk Penderita Diabetes

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru