Fan Token: Wadah Baru Bagi Bobotoh Untuk Bisa Lebih Dekat Dengan Persib Bandung

Jumat, 16 September 2022 | 05:21 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Fan Token: Wadah Baru Bagi Bobotoh Untuk Bisa Lebih Dekat Dengan Persib Bandung


KONTAN.CO.ID - Menjelang laga Persib Bandung vs Barito Putera, tahukah Anda fan token yang baru-baru ini akan dirilis Persib Bandung? Ada beberapa hal mengenai fan token yang menarik untuk diketahui para bobotoh.

Pekan lalu khususnya hari Jumat, 9 September 2022 Persib Bandung bersama Socios menggelar kegiatan bertajuk Sampurasun yang dihadiri oleh berbagai elemen bobotoh. Acara tersebut membahas tentang manfaat fan token yang rencananya akan mulai ditawarkan pada 27 September 2022 mendatang.

Salah satu manfaat yang didapatkan bobotoh ketikan memiliki fan token Persib Bandung nantinya adalah akan mendapatkan hak istimewa mendukung Persib Bandung yang tentunya menjadi pengalaman baru.

Baca Juga: Sering Sesak Napas? Waspada 7 Gejala Asam Lambung Naik yang Perlu Diwaspadai

Contohnya, dapat terlibat lebih memengaruhi keputusan Persib Bandung yang diambil lewat voting seperti desain jersey, nomor punggung dan lagu perayaan.

Partnership Director Socios, Karim Virani saat acara Sampurasun mengatakan kerja sama antara pihaknya dengan Persib Bandung adalah sebuah kehormatan. Serta ia menyebut Socios memahami sepenuhnya menjadi seorang suporter dari sebuah klub besar.

Selain itu, Persib Bandung adalah klub pertama di Indonesia yang menjalin kerja sama dengan platforms fans engagement yang berbasis teknologi blockchain.

"Sebuah kehormatan bagi kami untuk terlibat di dalam kesempatan ini. Kami juga hidup sebagai fans dan karena itu kami ingin seluruh suporter bisa lebih dekat dan terlibat di dalam klub yang mereka banggakan," ujar Karim saat forum Sampurasun.

Director of Corporate Affairs Socios, James Newmann melalu daring juga menyampaikan bahwa untuk bisa mendekatkan diri antara suporter atau bobotoh dengan klub, bisa dilakukan melalui fan token Persib Bandung. Bahkan, tidak hanya kepada klub, fan token juga bisa menjadi alat untuk mempererat hubungan antar bobotoh.
 
"Di sini, kami ingin memperkenalkan fan token PERSIB yang merupakan aset digital untuk memberi akses kepada suporter sehingga bisa berinteraksi dengan klub kebanggaannya, juga menjadi wadah interaksi antar suporter," kata Newmann.

Baca Juga: Catat 8 Olahraga yang Cepat Menurunkan Berat Badan, Yuk Coba

Selain itu, Business Intelligence Persib Bandung, Putra Kartono, menjelaskan kerjasama antara Persib Bandung dan Socios berangkat dari adanya keinginan untuk mempererat hubungan antara klub dengan bobotoh, salah satunya di dalam pengambilan keputusan yang bersifat pelayanan seperti pemilihan desain jersey, pemilihan lagu resmi hingga dekorasi ulang desain bangku pemain cadangan di sisi lapangan.
 
"Kata kuncinya ada tiga; pertama suporter bisa berinteraksi secara langsung kepada klub dengan cara yang berbeda, lalu interaksi itu akan memberikan dampak dalam mempengaruhi arah klub, dan terakhir, bobotoh yang memiliki fan token berpotensi mendapat berbagai macam reward," kata Putra.
 
Dari sudut pandang ahli, Iqbal Lazuardi, Pemimpin Redaksi PortalKripto.com yang juga turut hadir sebagai narasumber mengatakan, teknologi blockchain masih terbilang baru di Indonesia. Teknologi blockchain, salah satunya, telah memberikan dampak terhadap perekonomian dengan melahirkan mata uang kripto (Cryptocurrency) yang membuat transaksi menjadi lebih murah dan mudah.
 
"Sekarang ini yang terjadi rata-rata orang mengenal Cryptocurrency untuk trading dan investasi dll, tapi belum banyak yang mengenal teknologi blockchain. Teknologi blockchain tidah hanya soal Cryptocurrency, masih banyak manfaat yang belum bisa kita prediksi akan seperti apa kedepannya," terang Iqbal.
 
Berkaitan dengan token, Iqbal menyebut rencana Persib Bandung bersama Socios untuk meluncurkan fan token adalah sebuah keputusan tepat. Karena menurutnya, fan token harus akan memiliki nilai yang membuatnya akan bertahan, seperti nilai-nilai manfaat baik bagi pemilik juga untuk klub.

Baca Juga: Klasemen BRI Liga 1: Persaingan 5 Besar Sengit dan Ada Laga Persija vs Madura United
 
Untuk saat ini, Cryptocurrency sendiri masih dilarang oleh pemerintah untuk dipergunakan sebagai alat tukar, tapi memungkinkan untuk dimiliki seseorang. Kepemilikian akan Cyprocurrency atau token bisa ditawar oleh pihak lain dengan berbagai hal, dalam hal ini yang dilakukan oleh Persib Bandung adalah untuk mendekatkan dirinya dengan bobotoh.
 
"Saat ini banyak Cryptocurrency yang tidak punya kegunaan apa-apa, melainkan sebatas untuk spekulasi. Dengan ini (fan token) Persib Bandung memiliki ekosistem bisnis yang kedepannya masih bisa dieksplore lebih jauh, terlebih jika regulasi sudah mendukungnya," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru