Gagal SBMPTN 2021? Masih ada cara untuk masuk universitas negeri, ini pilihannya

Selasa, 15 Juni 2021 | 11:30 WIB Sumber: Kompas.com
Gagal SBMPTN 2021? Masih ada cara untuk masuk universitas negeri, ini pilihannya

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Masih ada kesempatan bagi yang ingin kuliah di universitas negeri meski gagal dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021. Sejumlah universitas negeri masih membuka seleksi jalur mandiri untuk calon mahasiswa baru.

Seperti diketahui, pengumuman hasil SBMPTN 2021 dilaksanakan pada Senin (14/6/2021) pukul 15.00 WIB. Peserta dapat melihat hasil dengan mengakses laman pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id atau laman-laman mirror lainnya.

Sebelumnya telah diumumkan sebanyak 184.942 peserta dinyatakan lulus SBMPTN 2021 dari 777.858 siswa yang melakukan pendaftaran. Peserta yang lulus terdiri dari 92.963 peserta dari prodi Saintek dan 91.979 untuk prodi Soshum.

Seleksi jalur mandiri universitas negeri untuk peserta yang tidak lulus SBMPTN 2021

Melihat jumlah pendaftar dan peserta yang dinyatakan lulus, berarti hanya 23,78 persen pendaftar yang lulus SBMPTN 2021. Sementara lebih banyak peserta yang tidak lulus atau lebih dari 70 persen.

Baca juga: Peserta dari 10 provinsi ini paling banyak diterima SBMPTN 2021, cek mana saja

Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetro mengatakan, bagi peserta yang tidak lulus SBMPTN masih dapat mengikuti jalur seleksi mandiri di sejumlah universitas negeri. “Bagi peserta yang tidak lolos, kami mohon tetap bersemangat dan masih banyak kesempatan membangun masa depan,” kata Budi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (14/6/2021).

Ia menambahkan, masih ada kesempatan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melalui jalur mandiri yang dibuka oleh PTN, PTS (perguruan tinggi swasta), atau sekolah kedinasan.

Jalur seleksi mandiri universitas negeri

Terdapat beberapa universitas negeri di Indonesia yang mensyaratkan nilai UTBK dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi jalur mandiri. Dikonfirmasi Kompas.com, Kepala Unit Pelaksana Teknis Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (UPT SPMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Hadiwiyono mengatakan bahwa pihaknya menerima mahasiswa baru melalui jalur seleksi mandiri, salah satunya dengan nilai UTBK. "Iya, ada (penerimaan jalur mandiri dengan nilai UTBK)," kata Hadiwiyono saat dihubungi, Senin (14/6/2021).

Editor: Adi Wikanto
Terbaru