Gampang Dicoba, Ini 5 Cara Menghilangkan Ketombe Anda

Selasa, 25 Januari 2022 | 09:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Gampang Dicoba, Ini 5 Cara Menghilangkan Ketombe Anda

ILUSTRASI. Ada banyak cara menghilangkan ketombe yang layak Anda coba.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketombe bisa dialami oleh siapa saja. Cara menghilangkan ketombe perlu segera Anda lakukan supaya kulit kepala tak semakin gatal dan tidak ada masalah lain yang muncul. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memakai bahan-bahan di sekitar Anda.

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), ada beberapa faktor yang jadi penyebab ketombe. Mulai dari kulit kering, alergi atau penyakit kulit yang lain, infeksi jamur, hingga makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari.

Tentu saja Anda perlu mengatasi penyebab-penyebab itu supaya ketombe hilang. Nah, beberapa bahan alami ini bisa Anda gunakan untuk mempercepat proses pembersihan ketombe. Namun, pastikan untuk melakukan uji coba atau berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum memakainya secara rutin, ya.

Cuka Apel

Cuka apel memiliki kandungan yang efektif membersihkan sel kulit mati dan menyeimbangkan pH kulit kepala. Dengan begitu, kemunculan ketombe bisa berkurang. Anda bisa mencampur cuka apel pada sampo yang Anda pakai atau menggunakannya bersama dengan essential oil.

Baca Juga: 6 Obat Jerawat Alami Ini Mudah untuk Anda Cari, Lho

Lidah Buaya

Cara menghilangkan ketombe pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Asam amino, antioksidan, dan senyawa-senyawa lain yang terdapat dalam lidah buaya mampu mengurangi kemunculan ketombe.

Menurut sebuah penelitian, lidah buaya juga memiliki antijamur dan antibakteri. Artinya, ketombe yang disebabkan oleh infeksi jamur bisa teratasi secara optimal. Anda bisa mendapat gel lidah buaya dari tanaman secara langsung atau membeli gel lidah buaya yang dijual di pasaran.

Minyak Kelapa

Cara menghilangkan ketombe bisa pakai kelapa.

Bahan alami berikutnya yang cocok dijadikan cara menghilangkan ketombe adalah minyak kelapa. Bahan alami itu mampu menghidrasi kulit kepala dan rambut, mencegah infeksi jamur, dan mengatasi iritasi secara optimal.

Baca Juga: 5 Bahan yang Efektif Jadi Cara Menghilangkan Ketombe

Baking Soda

Medical News Today mengatakan bahwa baking soda bisa digunakan untuk mengurangi kemunculan ketombe. Bahan tersebut mampu mengurangi minyak berlebih dan membersihkan sel kulit mati penyebab ketombe.

Sama seperti lidah buaya, baking soda juga memiliki kandungan antijamur sehingga mampu melindungi kulit kepala dari infeksi jamur. Meski demikian, usahakan untuk tidak memakai baking soda secara berlebihan, ya. Jumlah pH yang tinggi dalam baking soda justru bisa menghilangkan minyak alami rambut.

Tea Tree Oil

Tea tree oil jadi bahan alami lainnya yang cocok digunakan untuk membasmi ketombe. Antimikroba yang terdapat dalam tea tree oil mampu mengurangi pertumbuhan dan perkembangan jamur penyebab ketombe. Usahakan untuk tidak memakai tea tree oil secara langsung karena bisa membuat kulit kepala iritasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru