Gemas Banyak Lalat di Rumah? Ini 5 Cara Jitu Mengusir Lalat dengan Bahan Sederhana

Selasa, 14 Maret 2023 | 15:42 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Gemas Banyak Lalat di Rumah? Ini 5 Cara Jitu Mengusir Lalat dengan Bahan Sederhana

ILUSTRASI. Gemas Banyak Lalat di Rumah? Ini 5 Cara Jitu Mengusir Lalat dengan Bahan Sederhana.


TIPS & TRIK - Lalat termasuk serangga pembawa bibit penyakit karena kebiasaannya yang hinggap di temoat kotor seperti tempat sampah.

Makanan yang sudah dihinggapi lalat tentu akan terkontaminasi dengan bakteri yang dibawa serangga itu.Untuk mengusirnya, tidak jarang masyarakat terutama di rumah makan menggunakan air yang di masukkan ke dalam plastik.

Plastik berisi air tersebut kemudian digantung untuk mengecoh penglihatan lalat terutama di siang hari. Cara tersebut cukup efektif tapi tentu tidak terlalu enak dilihat, terlebih jika ada tamu yang sedang berkunjung.

Selain cara tersebut, merangkum Healthline dan Lifehack, berikut tips tentang cara alami mengusir lalat dari rumah.

Baca Juga: 12 Peribahasa Bahasa Inggris Populer yang Bikin Skill Speaking Makin Ciamik

  • Tanaman yang dibenci lalat

Salah satu tips mengusir lalat dari rumah adalah menggunakan tanaman yang mereka benci. Tanaman mint, lavender, dan bay leaf atau daun salam bisa Anda gunakan sebagai pengusir lalat alami. 

Tanaman tersebut cukup mudah ditanam dan indah untuk dijadikan penghias meja makan. Taruh tanaman tersebut dekat dengan jendela atau meja makan agar lalat tidak hinggap ke makanan. 

  • Kulit jeruk

Kulit jeruk yang masih segar bisa dijadikan bahan pengusir lalat yang cukup murah dan mudah digunakan. 

Gunakan kulit jeruk yang masih segar agar lalat tidak mau mendekat. Jika kulit jeruk sudah mengering, ganti dengan yang masih segar. 

Gosokkan kulit jeruk pada permukaan meja atau tudung saji agar bau jeruk menempel sehingga lalat tidak mau hinggap di atasnya.

  • Jeruk dan cengkeh

Selain kulitnya, buah jeruk utuh juga bisa digunakan untuk mengusir lalat yang ada di dalam rumah. Caranya cukup mudah, tusukkan cengkeh pada permukaan buah jeruk sebanyak 10-15 buah. 

Anda bisa menggunakan buah jeruk utuh atau memotongnya terlebih dahulu. Jeruk juga bisa diganti dengan lemon atau jeruk nipis. 

Kombinasi cengkeh dan jeruk ini membuat lalat enggan untuk "mampir" ke rumah Anda. 

Baca Juga: Rantai Makanan: Jenis-Jenis dan Komponen yang Ada di Rantai Makanan

  • Cuka 

Jika tidak ada tanaman atau buah jeruk yang bisa digunakan untuk mengusir lalat, Anda bisa memanfaatkan cuka. 

Cuka dapur atau cuka apel bisa digunakan untuk membuat perangkap lalat. Anda cukup menuangkan cuka ke dalam gelas lalu tutup dengan plastik.

Agar tutup plastik tidak bergeser, gunakan karet gelang atau selotip untuk mengencangkannya. 

Buat lubang di tengah plastik yang menutup gelas sebagai jalan lalat masuk. Perangkap sederhana ini cukup efektif membuat lalat tertarik dan terperangkap di dalamnya. 

  • Sabun

Menggunakan semprotan pengusir lalat menjadi salah satu cara untuk mengusir lalat yang cukup efektif. 

Namun jika semprotan tersebut habis, Anda bisa menggantinya dengan sabun cuci piring. Campurkan sedikit sabun cuci piring dengan air hangat lalu taruh dalam wadah semprotan. 

Jika lalat datang, Anda bisa segera mengusirnya dengan menyemprotkan cairan tersebut secara langsung. Lalat akan mati perlahan jika terkena cairan sabun cuci piring tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru