Hal yang Perlu Diperhatikan Peserta saat Mengikuti Tes Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Jumat, 13 Mei 2022 | 16:31 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Hal yang Perlu Diperhatikan Peserta saat Mengikuti Tes Rekrutmen Bersama BUMN 2022

ILUSTRASI. Hal yang Perlu Diperhatikan Peserta saat Mengikuti Tes Rekrutmen Bersama BUMN 2022.


KONTAN.CO.ID -  Peserta Rekrutmen Bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) 2022 yang lolos untuk mengikuti seleksi Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Core Values BUMN perlu memperhatikan berbagai hal agar lancar mengikuti tes. 

Bersumber dari Instagram Forum Human Capital Indonesia (FHCI), peserta yang lolos seleksi administrasi akan mendapatkan undangan untuk mengikuti trial test dan online test

Undangan tersebut dikirimkan melalui alamat email peserta atau bisa dilihat di akun Rekrutmen Bersama BUMN masing-masing peserta. 

FHCI menyampaikan ada tujuh hal penting yang wajib diketahui oleh peserta agar proses pengerjaan tes bisa lebih lancar.  Apa saja hal-hal tersebut? Simak informasi lengkapnya berikut ini. 

Baca Juga: Mengenal Core Values BUMN yang Diujikan di Tahap 2 Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Jadwal pelaksanaan tes TKD dan Core Values BUMN

Tahapan seleksi ini akan dilaksanakan mulai tanggal 19-24 Mei 2022. Masing-masing peserta memiliki jadwal tes yang berbeda. 

Karenanya Anda wajib melihat informasi tersebut melalui undangan yang dikirimkan melalui email atau pesan di akun Rekrutmen Bersama BUMN. 

Penting untuk diperhatikan, seleksi online ini harus dilakukan sesuai dengan waktu yang ditetapkan dan tidak dapat diubah karena alasan apapun. 

Cara mengakses situs seleksi online test TKD dan Core Values BUMN

Informasi tentang tautan situs online test TKD dan Core Values BUMN sudah tercantum dalam undangan yang dikirimkan oleh pihak Rekrutmen Bersama BUMN 2022. 

Anda akan mendapatkan detail jadwal mulai dari tanggal, hari, dan waktu pengerjaan. Selain itu terdapat juga tautan untuk mengakses tes serta username dan password untuk mengakses situs tes. 

Jangan pernah membagikan username dan password tersebut kepada pihak mana pun. 

Manfaatkan trial test

Peserta akan mengikuti dua tes yaitu trial test dan online test. Trial test dilaksanakan pada tanggal 14-17 Mei 2022. 

Tes ini bisa digunakan sebagai sarana untuk mencoba dan memastikan perangkat, jaringan, dan infrastruktur yang akan digunakan pada saat tes online. 

Trial test bersifat pilihan atau tidak wajib. Meskipun demikian, peserta disarankan untuk memanfaatkan tes ini. 

Perhatikan ketentuan untuk mengikuti trial test yang tertera di email undangan yang Anda dapat.

Baca Juga: Jadwal Lengkap PPDB 2022 DKI Jakarta Berbagai Jalur Jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK

Username dan password tidak bisa digunakan

Jika saat trial test atau online testusername dan password tidak bisa digunakan, Anda jangan panik. 

Sistem login bersifat case sensitive, sehingga Anda perlu memperhatikan apakah penggunaan huruf besar/kecil/angka/simbol sudah benar. 

Sebaiknya Anda salin dan tempel (copy-pasteusername dan password ke notepad untuk memastikan tidak ada spasi atau tanda baca seperti petik (") yang ikut terisi pada kolom yang tersedia. 

Jika masih mengalami kendala, segera hubungi Help Desk melalui email dan telegram saat trial test dan online test berlangsung dengan konfirmasi nama, email, dan NIK peserta. 

Soal tidak muncul setelah login

Jika selama 1 menit setelah Anda login pada aplikasi tes soal tidak muncul, jangan panik. 

Lakukan refresh atau muat ulang aplikasi. Pastikan browser yang Anda gunakan adalah Mozilla Firefox atau Google Chrome versi terbaru. 

Selain itu aktifkan fitur Javascript dan gunakan jaringan internet yang memadai. Jika masih menemukan kendala, segera hubungi Help Desk. 

Koneksi atau listrik mati saat tes

Anda tidak perlu khawatir jika koneksi terputus, listrik mati, atau gagal browser saat tes. 

Jawaban yang sudah Anda isi sebelumnya akan tersimpan secara otomatis oleh sistem, selama Anda menggunakan browser dan perangkat yang sama. 

Segera akses ulang aplikasi tes Rekrutmen Bersama BUMN 2022 dan gunakan siswa waktu sebaik-baiknya. 

Baca Juga: Punya Penyakit Jantung? Makanan Ini Wajib Anda Hindari biar Jantung Tetap Sehat

Waktu habis tetapi belum klik "Selesai tes"

Hal terakhir yang perlu diperhatikan peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2022 adalah durasi pengerjaan tes. Apabila waktu sudah habis namun belum klik "Selesai tes", Anda tidak perlu khawatir. 

Seluruh jawaban Anda akan tersimpan secara otomatis. Namun untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda menggunakan waktu dengan efisien dan menyiapkan diri serta perangkat secara maksimal. 

Itulah hal-hal penting yang perlu diperhatikan peserta tes TKD dan COre Values BUMN 2022. Jangan lupa untuk terus belajar dan berdoa serta memperhatikan segala ketentuan agar lancar saat mengerjakan tes. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru