Hari Ini Perayaan Cap Go Meh 2023, Ini Contoh Ucapan & Link Download Twibbon

Minggu, 05 Februari 2023 | 13:30 WIB Sumber: TribunNews.com,Kompas.com
Hari Ini Perayaan Cap Go Meh 2023, Ini Contoh Ucapan & Link Download Twibbon


IMLEK - Jakarta. Cap Go Meh untuk perayaan tahun baru Imlek dimulai hari ini, Minggu 5 Februari 2023. Berikut sejarah perayaan Cap Go Meh beserta contoh ucapan dan link download Twibbon Cap Go Meh 2023.

Contoh ucapan dan link download Twibbon Cap Go Meh 2023 bisa Anda gunakan untuk memeriahkan bagian dari perayaan Imlek tersebut.

Anda bisa mengirimkan contoh ucapan dan link download Twibbon Cap Go Meh 2023 kepada teman atau mitra kerja yang merayakan. Jika ada kerabat yang merayakan, mengirimkan contoh ucapan dan link download Twibbon Cap Go Meh 2023 bisa memperkuat persaudaran.

Website Kementerian Agama menyebutkan Cap Go Meh dilaksanakan pada tanggal ke-15 bulan pertama tahun baru Imlek. Cap Go Meh secara umum dikenal sebagai saat puncak sekaligus penutup dari rangkaian tahun baru Imlek.

Untuk mengetahui jadwal perayaan Cap Go Meh, dapat dihitung dari awal tahun baru Imlek. Tahun ini, Imlek jatuh pada 22 Januari 2023 yang menandai awal tahun baru China. Kemudian, tanggal ke-15 bulan pertama jatuh 5 Februari 2023, yang menandakan Cap Go Meh 2023 diselenggarakan pada Minggu, 5 Februari 2023.

Baca Juga: 5 Februari 2023 Hari Apa? Ada Perayaan Hari Raya Cap Go Meh Minggu Depan

Link download Twibbon Cap Go Meh 2023

Berikut kumpulan link download Twibbon bertema Cap Go Meh 2023 dilansir dari Kompas.com:

  • Link Twibbon Cap Go Meh 2023 https://www.twibbonize.com/capgomeh
  • Link Twibbon Cap Go Meh 2023 https://www.twibbonize.com/capgomehbengkayang2023
  • Link Twibbon Cap Go Meh 2023 https://www.twibbonize.com/imlekcapgomehpemudadayakskw
  • Link Twibbon Cap Go Meh 2023 https://www.twibbonize.com/happycgm
  • Link Twibbon Cap Go Meh 2023 https://www.twibbonize.com/imlekcapgomehpemudadayakskw
  • Link Twibbon Cap Go Meh 2023 https://www.twibbonize.com/capgomehbengkayang2023
  • Link Twibbon Cap Go Meh 2023 https://www.twibbonize.com/capgomeh

Contoh ucapan Cap Go Meh 2023

Berikut contoh ucapan Selamat Cap Go Meh 2023 Bahasa Mandarin yang dilansir dari Tribunnews.com:

1. "Yuánxiāo jiājié sòng nǐ shà? Sòng shàng duǎnxìn jiā zhùfú. Yuàn nǐ bào píng’ān, yōng jiànkāng, chuāi xìngfú,、 xié kuàilè, lǒu wēnxīn, dài tiánmì, qiān cáiyùn, zhuāi jíxiáng, hǔ nián jíxiáng."

[Artinya:]
Apa yang akan saya berikan kepada Anda saat Cap Go Meh? Kirim folder pesan berkah. Semoga damai, Jadilah sehat, Menemukan kebahagiaan, Membawa kebahagiaan, Pelukan hangat, Dengan rasa manis, Keberuntungan untuk kekayaan, Peroleh keberuntungan, Tahun harimau penuh keberuntungan.

2. "Yuánxiāo jiājié míngyuè yuán, rénjiān huānlè qìng tuányuán, huādēng zhào liàng hǎo qiánchéng, rìzi hǎobǐ tāngyuán tián, jiànkāng kuàilè nián guònián, wànshì lèguān suí xīnyuàn; zhù yuánxiāo jié kuàilè!"

[Artinya:]
Bulan purnama selama Festival Lentera, Berkumpul kembali di dunia, Lentera menerangi masa depan, Hari-hari lebih manis, Sehat, Semuanya optimis seperti yang Anda inginkan; Selamat Perayaan Cap Go Meh.

3. "Zhù nǐ yuánxiāo jié jiārén tuányuán,, péngyǒu huānjù, qíngrén làngmàn, shǒuwǔzúdǎo, dònggǎn shízú, zǎowǎn xiàoliǎn, xīnwèi de biǎoqíng shàngyǎn jiérì de yìcǎi fēnchéng!"

[Artinya:]
Mengucapkan selamat Perayaan Cap Go Meh. Kumpul bersama teman, bahagia, dan menari, Dinamis dan tersenyum, Tersenyum cepat atau lambat, Ekspresi gembira dalam kemegahan festival!

4. "Gōnghèxīnxǐ, wànshìrúyì."

[Artinya:]
Salam hangat untuk liburan dan kebahagiaan sepanjang Tahun baru.

5. "Zhù láinián hǎoyùn, bìng qǔdé gèng dà de chéngjiù."

[Artinya:]
Semoga beruntung dan sukses besar di Tahun Baru yang akan datang.

6. "Jǐn zhù xīnnián kuàilè xìngfú, dàjídàlì."

[Artinya:]
Saya harap Anda memiliki Tahun Baru yang paling bahagia dan sejahtera.

7. "Zài zhè huānlè de shíjié gěi nǐ wǒ zuì zhēn de zhùfú hé qīnqiè de sīniàn, yuàn nǐ jīnnián de xīnnián bǐ wǎngnián gèng cuǐcàn."

[Artinya:]
Di musim kegembiraan aku ingin menyampaikan keinginan tulus dan pikiran baik. Semoga Tahun Baru yang baik lebih cemerlang dari yang lainnya.

8. "Yuàn yīqiè zuì mẹ̌ihǎo de zhùfú dōu néng yòng zhè zhāng hèkǎ biǎodá, zhēnchéng dì zhù nǐ xìngfú, kuàilè, chénggōng!"

[Artinya:]
Semoga segala sesuatu yang indah dan terbaik dipadatkan ke dalam kartu ucapan ini. Saya dengan tulus berharap Anda bahagia, ceria, dan sukses.

9. "Ràng wēnxīn de zhùyuàn, xìngfú de sīniàn hé yǒuhǎo de zhùfú, zài xīnnián lái dào nǐ shēnbiān, bàn nǐ zuǒyòu."

[Artinya:]
Banyak suka cita Anda di tahun mendatang. semoga harapan terhangat, pikiran bahagia, dan salam ramah datang di Tahun Baru dan tetap bersama Anda sepanjang tahun.

10. "tian tian dou kai xin"

[Artinya:]
setiap hari gembira.

Demikian kumpulan ucapan selamat merayakan Cap Go Meh dalam bahasa Mandarin 2023 cocok bagikan kepada Keluarga, Teman dan Sahabat.

Sejarah Cap Go Meh

Perayaan Cap Go Meh atau festival lentera dapat ditelusuri hingga era Dinasti Han, yakni 206 sebelum Masehi (SM) sampai 220 Masehi. Saat itu, para biksu Buddha menyalakan lentera pada hari ke-15 tahun baru Imlek untuk menghormati Sang Buddha.

Hal itu kemudian diadopsi oleh masyarakat umum dan menyebar ke seluruh China hingga bagian lain Asia. Asal mula festival tersebut dikisahkan oleh sebuah legenda.

Adalah Kaisar Giok atau Jade Emperor (You Di), yang marah terhadap penduduk di sebuah kota karena membunuh angsa miliknya. Dia pun berencana untuk menghancurkan kota itu dengan cara membakarnya.

Namun, rencana tersebut digagalkan oleh peri, yang menyarankan orang-orang untuk menyalakan lentera di seluruh kota pada hari ketika Kaisar Giok membakar kota itu.

Kaisar Giok yang melihat cahaya berkobar dari lentera yang dipasang oleh penduduk, mengira bahwa kota itu telah dilalap api, sehingga dia membatalkan rencananya. Dengan demikian, kota itu terhindar dari amukan Kaisar Giok.

Sebagai wujud rasa syukur, orang-orang terus memperingati momen tersebut setiap tahun dengan memasang lentera warna-warni di seluruh kota. Walhasil, sampai saat ini perayaan Cap Go Meh terus berlangsung setelah Imlek.

Itulah contoh ucapan dan link download Twibbon Cap Go Meh 2023. Selamat merayakan Cap Go Meh 2023.

Sebagian artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sejarah Cap Go Meh dan Kumpulan Link Twibbonnya",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru