Ingin cepat dapat kerja? Berikut 7 skill yang wajib fresh graduate kuasai

Kamis, 11 Februari 2021 | 21:35 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ingin cepat dapat kerja? Berikut 7 skill yang wajib fresh graduate kuasai

KONTAN.CO.ID - Fresh graduate atau lulusan baru sering kali sulit mendapatkan pekerjaan dengan cepat. Jika ingin cepat bekerja, bekali diri Anda dengan soft skill dan hard skill.

Soft skill merupakan kemampuan yang berkaitan dengan hal-hal seperti cara berkomunikasi dan bersikap. Sedangkan hard skill berkaitan dengan kemampuan pada bidang pekerjaan tertentu. 

Agar mudah mendapatkan pekerjaan, sebaiknya mulai mengasah berbagai skill yang dibutuhkan di dunia kerja.

Simak beragam skill yang harus dimiliki calon pekerja agar cepat dapat kerja di bawah ini, yang dihimpun dari Indeed.com dan Glassdoor.

  • Multitasking

Di dunia kerja, pekerja dituntut untuk bisa menyelesaikan beberapa tugas di saat yang bersamaan. Tidak heran, pekerja akan mengerjakan beberapa tugas di waktu yang sama.

Sayangnya, tidak banyak orang yang mampu melakukan banyak pekerjaan secara bersamaan. 

Skill multitasking membutuhkan latihan karena fokus kita perlu dipecah. Jika belum terbiasa, melakukan multitasking justru membuat pekerjaan tidak beres. 

Namun demikian, jika Anda sudah ahli dalam kemampuan ini, pekerjaan bisa selesai lebih cepat dan lebih efisien.  

Baca Juga: Buat pencari kerja, yuk pahami dulu informasi tentang perjanjian kerja ini

  • Microsoft Office

Mungkin Anda heran kenapa skill ini masuk dalam daftar keahlian yang harus dimiliki calon pekerja. 

Nyatanya, banyak pelamar yang buta dalam mengoperasikan Microsoft Office terutama Excel dan PowerPoint (PPT). Dua program ini akan banyak digunakan selama Anda bekerja.

Tidak jarang karyawan gagap saat menggunakan rumus Excel seperti VLOOKUP atau HLOOKUP.  Padahal, dua rumus ini penting dipahami agar laporan Anda bisa dikerjakan dengan benar dan cepat. 

Untuk PPT, sering kali karyawan membuat PPT ala kadarnya tanpa ada animasi atau grafik yang menarik. Tentu, hal ini membuat audiens akan merasa bosan jika PPT Anda tidak menarik. 

Dua program ini cukup mudah dipelajari secara mandiri. Ada banyak video di YouTube yang bisa membantu Anda belajar Excel dan PPT. 

  • Kemampuan bernegosiasi

Bernegosiasi mungkin erat kaitannya dengan profesi marketing atau sales. Namun, skill ini akan sangat dibutuhkan di profesi apapun di dunia kerja. 

Kemampuan negosiasi yang baik bisa membantu kehidupan kantor Anda lebih baik. 

Bahkan saat proses rekrutmen pun, skill ini bisa membantu Anda "merayu" HRD agar Anda mendapatkan opsi dan gaji yang diinginkan. 

Kemampuan ini membutuhkan skill berbicara, mendengarkan, dan inovasi yang baik. 

Baca Juga: Lowongan kerja di Kominfo 2021, ada 7 posisi yang sedang dibuka

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru