Ingin rambut tumbuh lebat? Coba 7 cara ini!

Kamis, 22 Juli 2021 | 10:15 WIB   Reporter: Rizka Noveliana
Ingin rambut tumbuh lebat? Coba 7 cara ini!

ILUSTRASI. Setiap wanita tentu menginginkan untuk memiliki rambut tebal. Bagi sebagian orang memiliki rambut tipis dapat mengurangi kepercayaan diri. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/13/10/2018

KONTAN.CO.ID - Setiap wanita tentu menginginkan untuk memiliki rambut tebal. Bagi sebagian orang memiliki rambut tipis dapat mengurangi kepercayaan diri. Oleh sebab itu, saat ingin melebatkan rambut yang tipis, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui apa penyebabnya. 

Selanjutnya, Anda bisa lakukan treatment berdasarkan faktor penyebabnya. Namun, apapun faktor penyebabnya, secara umum Anda dapat melebatkan rambut kepala secara alami. Jika Anda sangat ingin membuat rambut tipis menjadi terlihat tebal secara alami. Yuk, simak cara melebatkan rambut kepala secara alami dilasir dari  tresemme.com :

1. Periksakan Kesehatan Rambut untuk Mengetahui Penyebab Penipisan

Sebelum Anda melakukan perawatan rambut agar lebih tebal, pastikan anda memeriksa kesehatan rambut untuk mengetahui penyabab rambut menjadi tipis ke dokter. Hal ini perlu dilakukan agar Anda bisa melakukan cara perawatan yang tepat. Masalah penipisan yang diakibatkan oleh faktor genetik atau hormon, tentu memerlukan cara penanganan yang berbeda dengan kondisi penipisan rambut akibat stres atau kesalahan pemakaian produk.

2. Gunakan Masker Rambut Alami Minimal 2-3 Hari Sekali

Disarankan agar Anda menggunakan masker rambut alami minimal 2-3 hari sekali. Sebab, masker rambut dapat membantu memperbaiki kerusakan rambut dan membuatnya lebih bervolume. Anda bisa menggunakan masker rambut yang terbuat dari minyak kelapa dan minyak zaitun.

Oleskan secara merata masker pada rambut, lalu pijat halus beberapa saat agar masker dapat meresap sempurna ke kulit kepala. Tutup sebentar dengan shower cap setidaknya 15 menit, kemudian cuci rambut dengan shampo hingga tidak ada masker yang tersisa. 

3. Oleskan Minyak Kemiri di Kulit Kepala

Minyak kemiri dikenal sebagai bahan alami yang efektif menumbuhkan rambut. Minyak kemiri memang memiliki beberapa manfaat baik untuk rambut dan kulit kepala, antara lain mengurangi peradangan kulit kepala akibat ketombe yang berlebihan, mengurangi kerontokan, dan merangsang tumbuhnya rambut baru. 

Kandungan asam linoleat dalam minyak kemiri memiliki manfaat yang baik untuk merangsang pertumbuhan rambut dari akarnya. Tak hanya dapat melebatkan rambut, penggunaan minyak kemiri secara teratur juga akan membuat rambut anda lebih hitam, berkilau, serta dapat mengurangi risiko beruban di usia muda.

Baca Juga: Masak Jadi Cepat, 3 Bumbu Dasar Siap Pakai Wajib Ada

4. Menggunakan Essence Penumbuh Rambut Secara Teratur

Secara rutin memberikan Essence penumbuh rambut di bagian kepala merupakan cara melebatkan rambut lain yang bisa dilakukan. Essence akan membantu proses pertumbuhan rambut dari bagian folikel, sehingga rambut kembali tumbuh dan menjadi lebih lebat dari sebelumnya. Namun, Anda disarankan segera menghentikan pemakaian dan segera berkonsultasi ke dokter jika mengalami iritasi.

5. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Hair Styling Tool

Yuk, mulai kurangi penggunaan alat penata rambut bersuhu tinggi seperti catokan atau hairdryer. Hal ini penting dilakukan agar rambut Anda tidak mudah kering dan rusak. Namun, jika di saat-saat tertentu Anda terpaksa menggunakan styling tool, pastikan untuk terlebih dahulu memberi perlindungan lebih pada rambut contohnya spray rambut.

6. Lindungi Rambut dan Kulit Kepala dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Ketika berada di luar ruangan, usahakan untuk selalu menutupi rambut dan kulit kepala dari paparan sinar matahari langsung. Anda bisa menggunakan topi atau hijab untuk mengakalinya. Paparan sinar matahari secara langsung akan menyebabkan rambut lebih mudah rusak, bercabang, dan mudah patah. Selain itu, kulit kepala akan menjadi lebih kering sehingga rambut lebih mudah rontok dan menyebabkan masalah penipisan.

7. Lengkapi Asupan Nutrisi Tubuh

Dalam hal ini, Anda perlu selalu memenuhi asupan nutrisi bagi tubuh. Asupan-asupan nutrisi seperti protein dan vitamin bisa didapat dari sayur-sayuran, buah, hingga daging. Penuhi juga kebutuhan air agar kondisi tubuh selalu fit dan semua hormon bisa bekerja baik. Sebab, kekurangan protein amino seperti zinc dapat menyebabkan rambut lebih mudah untuk rontok dan mengalami penipisan. Begitupun apabila Anda kekurangan air, rambut tidak akan terhidrasi dan menyebabkannya mudah kering dan rontok.

Nah, itulah 7 cara melebatkan rambut kepala secara alami. Anda bisa mencoba cara ini di rumah. Wujudkan rambut tebal impian anda sekarang. Yuk, dicoba moms!

Editor: Rizka Noveliana
Terbaru