Ini 10 Penyebab dan Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin yang Perlu Diwaspadai

Senin, 24 Juni 2024 | 14:52 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 10 Penyebab dan Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin yang Perlu Diwaspadai

ILUSTRASI. Ilustrasi mengatasi Kulkas Tidak Dingin yang perlu diwaspadai


TIPS & TRIK - JAKARTA. Intip penyebab dan cara mengatasi kulkas tidak dingin yang bisa ganggu fungsi penyimpanan. Kebutuhan untuk penyimpanan bahan makanan di suhu yang dingin membutuhkan adanya bantuan dari kulkas.

Kulkas merupakan salah satu barang elektronik yang membantu untuk menyimpan bahan mentah dengan suhu rendah agar lebih awet.

Kulkas yang tidak dingin bisa menjadi masalah besar dalam keseharian kita. Saat kulkas kehilangan kemampuannya untuk menjaga suhu dingin, bahan makanan yang disimpan di dalamnya bisa cepat rusak, mengakibatkan pemborosan dan potensi risiko kesehatan.

Masalah ini bisa terjadi karena berbagai alasan, mulai dari pengaturan suhu yang tidak tepat, hingga komponen internal yang rusak atau kotor.

Baca Juga: Kulkas Kotor dan Bau? Ini Cara Membersihkan Kulkas dengan Cepat

Ilustrasi Menyimpan Daging di Kulkas

Selain itu, ada beberapa penyebab mengapa kulkas tidak dingin, termasuk kumparan kondensor yang kotor, ventilasi yang buruk, pemasangan yang tidak tepat, segel karet (gasket) yang rusak atau kotor, penataan makanan yang tidak teratur, lokasi alat yang kurang sesuai, dan bagian internal yang tidak berfungsi dengan baik.

Dengan memahami penyebab kulkas yang tidak mendingin dengan benar adalah langkah pertama untuk memperbaiki masalah tersebut.

Beberapa dari penyebab ini dapat ditemukan dan diatasi dengan sedikit usaha, sementara yang lain mungkin memerlukan bantuan teknisi berlisensi.

Sebagai perangkat penting di rumah, kulkas memerlukan perhatian dan perawatan agar dapat berfungsi dengan baik.

Berikut ini beberapa penyebab dan cara mengatasi mengatasi kulkas tidak dingin, dilansir dari Whirl Pool.

Baca Juga: Punya Sisa Daging Kurban? Ini Cara Tepat Menyimpan Daging di Kulkas Agar Awet

1. Cek Pengaturan Suhu

Salah satu penyebab yang memicu kulkas tidak dingin adalah pengaturan suhu kulkas mungkin tidak sengaja diubah atau disetel terlalu tinggi.

Pastikan pengaturan suhu kulkas berada pada level yang sesuai. Biasanya, suhu optimal untuk kulkas adalah sekitar 4°C dan untuk freezer sekitar -18°C. Periksa manual pengguna kulkas Anda untuk panduan yang lebih spesifik.

2. Periksa Aliran Listrik

Nah, kondisi kulkas mungkin tidak mendapatkan pasokan listrik yang cukup. Pastikan kabel daya terhubung dengan baik ke stopkontak.

Anda dapat mencoba colokkan perangkat lain ke stopkontak yang sama untuk memastikan stop kontak berfungsi dengan baik. Periksa apakah ada pemutus arus (fuse) yang terputus atau sakelar listrik yang mati.

3. Periksa Kondisi Pintu

Kemudian Penyebab lain yang dapat terjadi adalah pintu kulkas tidak menutup dengan rapat, sehingga udara dingin keluar.

Periksa karet pintu (seal) untuk melihat apakah ada kerusakan atau kebocoran. Pastikan tidak ada benda yang menghalangi pintu agar bisa menutup rapat.Bersihkan karet pintu dan area sekitarnya agar karet dapat menempel dengan baik.

4. Periksa Ventilasi dan Ruang Kulkas

Sirkulasi udara di dalam kulkas terganggu atau kulkas terlalu penuh. Pastikan tidak ada benda yang menghalangi ventilasi di dalam kulkas.Jangan mengisi kulkas terlalu penuh; biarkan ada cukup ruang untuk sirkulasi udara yang baik.

Pastikan jarak antara bagian belakang kulkas dan dinding cukup untuk ventilasi yang baik (biasanya sekitar 5-10 cm).

5. Periksa Evaporator Coil

Kondisi tingkat kelembapan yang tinggi atau penumpukan es dapat menghalangi coil evaporator.

Solusinya, anda bisa mematikan kulkas dan biarkan pintu terbuka untuk mencairkan es yang mungkin menumpuk.Setelah es mencair, bersihkan coil evaporator dengan hati-hati.

Ketika kulkas memiliki sistem defrost otomatis, pastikan sistem ini berfungsi dengan baik.

6. Periksa Kondensor dan Kondensor Fan

Adanya kondensor atau kipas kondensor mungkin kotor atau tidak berfungsi. Anda bisa membersihkan coil kondensor yang terletak di bagian belakang atau bawah kulkas.Pastikan kipas kondensor berfungsi dengan baik dan tidak terhalang debu atau kotoran.

7. Cek Motor Kompresor

Kemudian, ada penyebab dari rusaknya kompresor mungkin mengalami kerusakan atau gagal berfungsi. Anda perlu dengan seksama mendengarkan suara kompresor.

Jika tidak ada suara sama sekali atau suara yang tidak biasa, mungkin kompresor mengalami masalah.Hubungi teknisi profesional untuk memeriksa dan memperbaiki atau mengganti kompresor.

8. Periksa Thermostat dan Relay

Penyebab lain adalah Thermostat atau relay mungkin rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Anda dapat mecoba setel ulang thermostat ke suhu yang lebih rendah dan dengarkan apakah kompresor mulai bekerja.

Apabila kompresor tidak bekerja, relay atau overload protector mungkin perlu diganti. Hubungi teknisi untuk memeriksa komponen ini.

9. Periksa Sistem Pendinginan

Nah, terdapat masalah dengan refrigerant atau sistem pendinginan. Ketika semua komponen terlihat berfungsi tetapi kulkas tetap tidak dingin, mungkin ada kebocoran refrigerant.Ini adalah masalah yang harus ditangani oleh teknisi berlisensi, karena membutuhkan peralatan khusus dan keahlian.

10. Periksa Pengaturan Defrost Timer

Terakhir, pengguna bisa saja mengatur waktu defrost (defrost timer) mungkin tidak bekerja dengan benar.

Periksa manual pengguna untuk lokasi dan cara mengatur ulang atau memeriksa defrost timer. Saat defrost timer tidak berfungsi, Anda mungkin perlu menggantinya.

Itulah informasi terkait penyebab dan cara mengatasi kulkas tidak dingin dan praktis untuk digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru