Ini 13 Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan, Bisa Kontrol Kolesterol

Sabtu, 10 Februari 2024 | 17:45 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Ini 13 Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan, Bisa Kontrol Kolesterol

ILUSTRASI. Manfaat habbatussauda adalah membantu mengontrol kolesterol. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Manfaat Habbatussauda - Habbatussauda atau biji jintan hitam adalah tanaman yang tumbuh di kawasan Eropa bagian selatan dan Timur Tengah. Nah, habbatussauda ini cukup populer lantaran ada banyak manfaat habbatussauda untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin. 

Selain jintan hitam, habbatussauda juga memiliki nama lain bunga adas, kalonji, dan ketumbar romawi. Sementara dalam Bahasa Inggris dikenal dengan black seed.  

Sedangkan nama lain Habbatussauda adalah Nigella sativa. Karena manfaat habbatussauda yang beragam, bijinya banyak diekstrak menjadi minyak dan kapsul. Kedua ekstrak itu bisa dikonsumsi secara langsung.

Lantas, apa saja manfaat habbatussauda? 

Baca Juga: Jintan Hitam Bisa Menurunkan Berat Badan?

Manfaat habbatussauda 

Manfaat habbatussauda adalah membantu mengontrol kolesterol.

Berikut sejumlah manfaat habbatussauda sebagaimana dikutip dari Healthline

1. Menekan kadar kolesterol 

Manfaat habbatussauda yang pertama adalah membantu mengontrol kolesterol.  Kolesterol adalah zat seperti lemak yang ditemukan di seluruh tubuh. 

Meskipun tubuh membutuhkan kolesterol, jumlah yang tinggi dan menumpuk dalam darah bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. 

Manfaat habbatussauda telah terbukti sangat efektif dalam menurunkan kolesterol. Dalam 17 penelitian menemukan bahwa memakan supelemen habbatussauda dikaitkan dengan penurunan yang signifikan pada kolesterol LDL atau kolesterol jahat.  

Baca Juga: 3 Cara Membuat Masker Rambut Alami dari Rumah, Cobain Yuk!

2. Melawan kanker 

Manfaat habbatussauda berikutnya yakni kaya akan antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas berbahaya yang dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit seperti kanker. 

Sebuah penelitian telah menemukan beberapa efek anti-kanker dari khasiat habbatussauda.  Ditemukan bahwa senyawa thymoquinone dalam manfaat habbatussauda mematikan kanker dalam darah. 

Penelitian lain menunjukkan bahwa ekstrak habbatussauda membantu menonaktifkan sel kanker payudara. 

Baca Juga: 5 Manfaat Lengkuas untuk Kulit, Bekas Jerawat Hilang

3. Membunuh bakteri jahat 

Bakteri bertanggung jawab atas beberapa infeksi berbahaya, mulai dari infeksi telinga hingga pneumonia. 

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa manfaat habbatussauda memiliki sifat antibakteri dan efektif melawan jenis bakteri tertentu. 

Satu penelitian menggunakan biji habbatussauda pada bayi dengan infeksi kulit stafilokokus. Ditemukan penggunaannya sama efektifnya dengan antibiotik standar yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri.  

Baca Juga: 3 Rekomendasi ASI Booster yang Bagus untuk Melancarkan ASI

4. Meringankan peradangan 

Dalam kebanyakan kasus, peradangan adalah respon imun normal yang membantu melindungi tubuh dari cedera dan infeksi. 

Di sisi lain, peradangan kronis diyakini berkontribusi terhadap berbagai penyakit, seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung. 

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa manfaat habbatussauda memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dalam tubuh. 

Baca Juga: Menggenjot Pasar Global, Deltomed Laboratories Ekspor Antangin ke Taiwan

5. Melindungi fungsi hati 

Hati adalah organ yang sangat penting. Hati berfungsi menghilangkan racun, memetabolisme obat-obatan, memproses nutrisi dan menghasilkan protein dan bahan kimia yang sangat penting untuk kesehatan. 

Beberapa penelitian pada hewan telah menemukan bahwa manfaat habbatussauda dapat membantu melindungi hati dari cedera dan kerusakan. 

Dalam sebuah penelitian, tikus disuntik dengan bahan kimia beracun dan habbatussauda. Hasilnya, habbatussauda bisa mengurangi efek racun dan melindungi dari kerusakan hati dan ginjal.

Baca Juga: Ketahui 5 Fungsi Minyak di Wajah, Bisa Memperlambat Penuaan Dini

6. Menstabilkan gula darah 

Gula darah tinggi dapat menyebabkan banyak gejala, termasuk peningkatan rasa haus, penurunan berat badan, kelelahan, dan kesulitan berkonsentrasi. 

Jika dibiarkan dalam jangka panjang, gula darah tinggi dapat menyebabkan konsekuensi yang lebih serius, seperti kerusakan saraf, pelemahan penglihatan, dan penyembuhan luka yang lambat. 

Beberapa bukti menunjukkan bahwa manfaat habbatussauda dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil dan dengan demikian mencegah efek samping yang berbahaya ini. 

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Habbatussauda untuk Perawatan Rambut Anda

7. Mencegah sakit maag 

Sakit maag adalah rasa sakit yang terbentuk ketika asam lambung menggerogoti lapisan lendir pelindung yang melapisi perut. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat habbatusauda dapat membantu menjaga lapisan lambung dan mencegah pembentukan bisul. 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Serum untuk Memperbaiki Skin Barrier dengan Harga Terjangkau

8. Diet 

Habbatusauda sudah populer sebagai makanan diet. Meskipun rasanya pahit, bentuknya kecil dan bisa dikonsumsi dengan mudah. 

Apalagi kini banyak yang berbentuk kapsul. Beberapa orang juga memakan bijinya mentah atau mencampurnya dengan madu atau air. Bisa juga ditambahkan ke oatmeal atau yogurt.

Sehingga, manfaat habbatussauda juga bisa dikonsumsi saat diet. 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Shampo Anti Ketombe Paling Ampuh

Manfaat habbatussauda yakni kaya akan antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas.

9. Menjaga kecantikan kulit

Manfaat habbatussauda untuk wanita yakni dapat membantu menjaga kecantikan kulit. Habbatussauda ternyata kerap dijadikan sebagai salah satu campuran dalam produk kecantikan karena khasiatnya yang dinilai bagus untuk wajah dan kulit. 

Selain itu, penyakit kulit seperti jerawat, eksim, dan kulit kering terbukti dapat diatasi dengan kandungan protein, alkaloid, dan saponin di dalam jintan hitam.

Sebuah riset skala kecil membuktikan bahwa orang yang menderita eksim dapat mengambil manfaat habbatussauda sebagai obat. Riset tersebut memperlihatkan reaksi bahwa jintan hitam diyakini mampu meredakan gejala eksim di tangan.

Baca Juga: 5 Tanaman hias ini bisa mempercantik rumah minimalis, coba ya!

Efek antimikroba dan antiradang dari minyak habbatussauda dapat menjadi solusi bagi kamu yang mengalami masalah jerawat. Habbatussauda atau jintan hitam memiliki kandungan anti oksidan, vitamin E, dan asam limonet yang dapat menangkal radikal bebas. 

Kemudian, manfaat habbatussauda diyakini mampu meregenerasi sel-sel kulit secara cepat sehingga nutrisi dan kesehatan kulit terjaga dengan baik.

Selain itu, habbatussauda dalam bentuk minyak diyakini mampu melembutkan kulit dan melembapkan rambut.

Baca Juga: Disiplin protokol kesehatan penting dalam menghadapi pandemi Covid-19

10. Mengurangi gejala asma

Manfaat habbatussauda juga dapat membantu mengurangi gejala asma. Di dalam habbatussauda atau biji jintan hitam terdapat efek antiradang yang berfungsi menurunkan gejala asma seperti sesak napas.

Dikutip dari laman Gramedia, selain sesak napas, berikut adalah gejala yang kerap diderita seseorang dengan riwayat asma:

Baca Juga: Bayi tumbuh gigi, ini ciri-cirinya yang perlu diketahui

  • Bernapas lebih cepat
  • Batuk dan sesak dada yang parah
  • Terengah-engah untuk berbicara, makan, ataupun tidur
  • Detak jantung yang lebih cepat
  • Bibir atau jari membiru

Meski memiliki kandungan yang mampu menyembuhkan asma, ada baiknya penderita asma berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar tidak berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Baca Juga: Catat, ini kadar kolesterol normal orang dewasa

Manfaat habbatussauda juga bisa mengatasi kondisi psoriasis.

11. Meningkatkan kualitas sperma

Kemudian, manfaat habbatussauda juga dapat meningkatkan kualitas sperma. Sebuah studi mengenai habbatussauda atau jintan hitam telah membuktikan bahwa tanaman tersebut dapat meningkatkan kualitas sperma pada pria yang didiagnosis mengalami infertilitas. 

Ditemukan pula fakta bahwa habbatussauda atau black seed bermanfaat untuk program hamil dalam membantu sperma berenang lebih cepat. 

Kemudian kandungan antioksidan pada habbatussauda juga turut membantu melindungi sperma dari kerusakan.

Baca Juga: Penjelasan dan ciri-ciri pertumbuhan gigi bayi

12. Mengatasi kondisi psoriasis

Manfaat habbatussauda juga bisa mengatasi kondisi psoriasis. Kondisi ini berupa kelainan autoimun hiperproliferatif yang dapat menyebabkan gatal dan nyeri pada kulit kepala hingga wajah disebut psoriasis.

Manfaat habbatussauda oil atau minyak habbatussauda yang dioleskan dalam bentuk salep memiliki pengaruh yang baik untuk mengatasi kondisi psoriasis.

Namun, manfaat habbatussauda memiliki efek terbaik apabila dikombinasikan dengan salep dan obat minum pada penderita psoriasis.

Baca Juga: Moms, Inilah 5 Rekomendasi Skincare Viral yang Aman

13. Membantu melancarkan pencernaan

Manfaat habbatussauda juga bisa membantu melancarkan pencernaan.  Habbatussauda atau jintan hitam memiliki kandungan minyak atsiri yang dapat memperbaiki ganguan sistem pencernaan. 

Ekstrak habbatussauda kerap digunakan untuk mengurangi gas dalam perut dan meredakan rasa kembung. 

Demikian sejumlah manfaat habbatussauda yang sebaiknya Anda ketahui. 

Selanjutnya: Mudah Ditemui, Ini 7 Makanan untuk Meredakan Pegal setelah Olahraga

Menarik Dibaca: Ada Pee Mak, Coba Tonton 6 Rekomendasi Film Horor Romantis Ini Yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru