TIPS & TRIK - Cara mengatasi email dalam antrean atau tidak terkirim yang bisa diterapkan oleh pengguna. Fitur pada email memungkinkan pemilik akun untuk berkirim pesan baik teks maupun file.
Layanan Email menjadi salah satu platform berkirim pesan secara resmi yang bisa digunakan oleh berbagai kalangan.
Email merupakan salah satu cara komunikasi yang paling populer di dunia saat ini, dan digunakan oleh hampir semua orang di seluruh dunia.
Untuk dapat mengirim dan menerima email, memerlukan akun email dan aplikasi atau layanan email.
Baca Juga: Panduan Cara Membuat Google Docs bagi Pemula, Bisa Kelola dan Share File
Aplikasi email populer yang sering digunakan adalah Microsoft Outlook, Gmail, hingga Yahoo Mail.
Setelah memiliki akun email dan menginstal aplikasi email, dapat mengirim dan menerima email dengan mudah.
Email yang ditempatkan dalam antrean atau dianggap "pending" bisa disebabkan oleh beberapa hal:
- Server email sedang sibuk atau terjadi gangguan teknis. Apabila server email sedang sibuk atau mengalami gangguan, maka email yang dikirimkan akan ditahan atau ditempatkan dalam antrean sampai server dapat mengirimkannya kembali.
- Filters atau pemfilteran email. Beberapa layanan email menggunakan filters atau pemfilteran email untuk mengeliminasi spam atau email yang dianggap tidak diinginkan. Jika terdeteksi sebagai spam oleh filter, maka email dalam antrean akan diproses sampai dapat diverifikasi kembali.
- Koneksi internet yang lambat atau terputus. Jika koneksi internet lambat atau terputus saat mengirim email, maka status email dalam antrean sampai koneksi kembali normal.
- Email memiliki banyak lampiran atau file yang besar. Jika email memiliki banyak lampiran atau file yang besar, maka email dalam antrean mungkin akan memakan waktu yang lebih lama untuk dikirimkan kepada penerima. Dalam hal ini, email tersebut mungkin akan ditempatkan dalam antrean sampai dapat dikirimkan kembali.
Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh pengguna.
Baca Juga: Ini 2 Cara Kirim Folder lewat Email, Bisa Pakai File RAR hingga Google Drive
Simak beberapa cara mengatasi email dalam antrean bagi pengguna.
Cara mengatasi Email dalam Antrean
Berikut ini adalah cara mengatasi email dalam antrean dengan contoh kasus Gmail, tentu bisa diterapkan juga ke platform atau aplikasi lain.
1. Perbaiki Sinkronisasi Gmail
Salah satu penyebab email dalam masalah adalah kesalahan dalam kemampuan sinkronisasi aplikasi dengan akun email.
- Mulai buka aplikasi Gmail dan pergi ke pengaturan aplikasi tersebut.
- Masuk ke bagian Data Usage.
- Klik bagian Sync yang ada di bawah.
- Hapus bagian centang di bagian Sync.
- Lakukan restart pada perangkat HP.
- Buka bagian Sync di Gmail aktifkan ulang.
2. Hapus Cache di aplikasi Gmail
Nah, cara mengatasi email dalam antrean salah satunya yakni menonaktifkan hingga cache aplikasi.
- Masuk ke pengaturan HP.
- Cari bagian Apps.
- Pilih aplikasi Gmail di menu.
- Klik Gmail.
- Pilih Storage.
- Klik Clear Data dan Clear Cache.
- Pengguna perlu melakukan login kembali.
- Cek pada bagian menu Pending.
3. Login kembali ke akun Email
Terakhir, ada langkah mudah untuk membuka kembali akun email yang sudah terdaftar sebelumnya.
- Buka akun Gmail lewat HP atau browser.
- Setelah berhasil keluar, login kembali akun Gmail tersebut.
- Cek pada bagian menu Pending.
- Nantinya, pengguna bisa refresh untuk menunggu email terkirim.
- Buka menu Sent untuk memastikan email terkirim.
Pengguna dapat mencoba memastikan bahwa koneksi internet stabil dan cepat. Server email tidak sedang sibuk atau mengalami gangguan.
Apabila masalah ini terus terjadi, pengguna perlu menghubungi layanan pelanggan email untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.
Demikian beberapa cara mengatasi email dalam antrean yang mudah dilakukan oleh pengguna.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News