Ini 3 Waktu yang Tepat untuk Minum Cuka Apel dan Manfaatnya

Jumat, 23 Februari 2024 | 09:21 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 3 Waktu yang Tepat untuk Minum Cuka Apel dan Manfaatnya

ILUSTRASI. Ketahui waktu yang tepat untuk minum cuka apel dan manfaatnya


KESEHATAN - JAKARTA. Simak rekomendasi waktu yang tepat untuk minum cuka apel. Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh terkait dengan konsumsi bahan fermentasi ini.

Cuka apel merupakan cuka yang dihasilkan dari proses fermentasi jus apel atau apel. Dalam proses ini, bakteri asetat mengubah gula dalam jus apel menjadi asam asetat, menghasilkan rasa dan aroma khas pada cuka.

Selain itu, cuka apel juga populer dalam berbagai produk kesehatan alami dan diyakini memiliki sejumlah manfaat kesehatan, meskipun penelitian ilmiah mendukung klaim ini masih terbatas.

Beberapa orang juga menggunakan cuka apel untuk keperluan kecantikan dan perawatan kulit. Hal ini karena Kandungan asam asetat dalam cuka apel umumnya berkisar antara 5 hingga 6 persen.

Baca Juga: Ini 9 Minuman yang Bisa Bekerja Sebagai Obat Efektif untuk Asam Lambung

Cuka apel yang belum difilter atau disaring dapat mengandung endapan. Endapan ini mengandung bakteri dan enzim yang diyakini memiliki manfaat kesehatan.

Untuk itu, Anda perlu mengenal beberapa manfaat dari penggunaan cuka apel untuk kesehatan.

Manfaat Cuka Apel

Cuka apel

Ada beberapa manfaat cuka apel yang bisa didapatkan sebagai sarana kesehatan.

  • Membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang dan membantu mengontrol kadar gula darah.
  • Menjaga kesehatan pencernaan dengan menyeimbangkan bakteri baik dalam usus.
  • Meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.
  • Menjaga kesehatan kulit dengan membantu mengatasi jerawat dan eczema.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan membantu melawan infeksi.

Cara konsumsi cuka apel

Penting untuk diingat bahwa konsumsi cuka apel bisa dengan tambahan.

  • Konsumsi cuka apel dalam jumlah moderat, yaitu sekitar 1-2 sendok makan per hari. Artinya, Anda bisa memilih dari 3 rekomendasi di bawah ini.
  • Anda bisa mengencerkan cuka apel dengan air sebelum dikonsumsi untuk menghindari kerusakan gigi.
  • Hindari konsumsi cuka apel saat memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes akut atau masalah pencernaan kronis.

Nah, setelah mengenal beberapa manfaat dan cara konsumsinya, tentu ada rekomendasi waktu yang tepat untuk minum cuka apel.

Baca Juga: 5 Buah Segar untuk Turunkan Kolesterol Jahat, Saran dari Kemenkes

Waktu yang tepat minum cuka apel

Berikut ini waktu yang tepat untuk konsumsi cuka apel untuk mendapatkan manfaat kesehatannya, dilansir dari laman Holland and Barrett.

1. Minum cuka apel di pagi hari

Beberapa peneliti ungkap bahwa waktu yang tepat untuk minum cuka apel adalah di pagi hari ketika bangun tidur sebelum makan atau minuma. Manfaat minum cuka apel di pagi hari bisa antara lain sebagai berikut Nafas lebih segar dan dorongan untuk sistem pencernaan. 

Minum cuka apel bisa menjadi cara yang efektif untuk menetralisir bau mulut. Ini anti-mikroba dan membunuh bakteri yang tumbuh subur di mulut Anda sepanjang malam dan menyebabkan bau mulut di pagi hari.

Meminum cuka apel di pagi hari juga diduga dapat memberikan efek 'detoksifikasi' pada sistem pencernaan saat perut kosong dari makanan.

Cuka apel diperkirakan mengandung sedikit pektin, sejenis serat larut yang kaya akan apel. Pektin bertindak sebagai pencahar alami, namun bukti ilmiah mengenai efek pencahar masih kurang.

Apabila Anda ingin minum beberapa sendok makan cuka apel di pagi hari, tidak ada salahnya melakukannya. Anda bisa merasakan pencernaan yang lebih baik dan nafas segar sepanjang hari.

Nah, bagi Anda bertanya-tanya bagaimana cara meminum cuka apel di pagi hari karena rasanya yang kuat. Cuka ini bisa dikonsumsi dengan perasan jus lemon atau ditambahkan ke teh herbal hangat.

2. Minum cuka apel sebelum tidur

Konsumsi cuka apel sebelum tidur diklaim dapat membantu menurunkan gula darah dalam semalam bahkan, ini bisa membantu menghentikan kram kaki. Selain itu, minum tidur mungkin membantu Anda bangun dengan gula darah stabil.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care menemukan bahwa mengonsumsi cuka sebelum tidur memoderasi konsentrasi glukosa saat Anda bangun.

Kadar potasium yang rendah dalam tubuh dapat menyebabkan kram otot. Banyak orang menderita kram di malam hari, jadi meminum cuka apel yang kaya potasium dapat membantu mencegah kram.

Jika Anda khawatir dengan kadar gula darah atau jika Anda mengalami kram otot di malam hari, Anda dapat mengonsumsi dua sendok makan cuka apel sebelum tidur untuk membantu menyeimbangkannya dalam semalam.

Namun, ketahuilah bahwa karena sifat asam dari cuka apel, hal tersebut dapat menyebabkan naiknya asam lambung pada mereka yang rentan terhadap gangguan pencernaan, mulas, atau GERD, oleh karena itu Anda harus menghindari cuka apel.

3. Minum cuka apel setelah makan

Untuk membantu pencernaan, Anda bisa konsumsi setelah makan berat. Cuka Apel memiliki kumpulan untaian bakteri dan enzim yang bertindak sebagai prebiotik.

Prebiotik mendorong pertumbuhan bakteri baik dan membantu Anda menjaga flora usus yang sehat (dikenal sebagai mikrobioma). Anda bisa meminum cuka apel encer setelah makan, tapi menurut kami yang terbaik adalah meminumnya sebelum makan.

Alasannya adalah karena terdapat manfaat yang terbukti jika meminumnya sebelum makan (yaitu, efek penyeimbangan gula darah) dan meminumnya sebelum makan tidak akan berdampak buruk pada kualitas prebiotik apa pun.

Untuk mendapatkan solusi saat makan, tambahkan cuka apel ke dalam masakan. Ini sangat baik dalam saus, saus, dan bumbu perendam, sama seperti Anda menggunakan cuka anggur putih.

Demikian informasi terkait beberapa manfaat dan waktu yang tepat untuk minum cuka apel yang bisa Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru