TIPS & TRIK - JAKARTA. Cara pengaduan PLN secara online dan offline. Pelanggan Listrik PLN tentu menerima berbagai manfaat dari aliran listrik.
PLN atau Perusahaan Listrik Negara merupakan perusahaan penyedia listrik terbesar di Indonesia. Layanan PLN terus berkembang hingga wilayah pelosok negeri.
Namun, terkadang terjadi masalah seperti pemadaman listrik yang tidak terjadwal, tagihan listrik yang tidak masuk akal, dan masalah lain yang berhubungan dengan layanan PLN.
Jika Anda mengalami masalah semacam itu, Anda dapat mengajukan pengaduan kepada PLN.
Baca Juga: Cara Mudah Menambah Daya LIstrik Rumah Lewat PLN Mobile
PLN menyediakan layanan pengaduan baik online dan offline. Tentunya, pelanggan bisa memanfaatkan layanan pada website hingga Aplikasi.
Pastikan sebelum memulai pengaduan PLN secara online, siapkan beberapa berkas seperti menyiapkan nomor ID Pelanggan.
Tentunya, beberapa layanan seperti telepon akan dikenakan pulsa sesuai dengan kebijakan masing-masing operator.
Pastikan Anda memberikan informasi yang jelas dan lengkap tentang masalah yang Anda alami.
Baca Juga: 4 Cara Beli Token Listrik di DANA, Shopee, hingga Indomaret
Simak beberapa cara pengaduan PLN secara online dan offline yang dapat dilakukan pelanggan.
Cara Pengaduan PLN
1. Cara Pengaduan PLN secara online melalui Aplikasi
Pelanggan dapat memanfaatkan fitur pengaduan pada aplikasi PLN mobile berikut ini.
- Unduh aplikasi PLN Mobile.
- Buka aplikasi PLN Mobile.
- Klik menu Pengaduan di halaman depan aplikasi.
- Pilih jenis pengaduan yang ingin diajukan.
- Masukkan ID pelanggan atau nomor meter.
- Gunakan juga lokasi melalui maps yang disediakan.
- Pilih Konfirmasi.
2. Cara Pengaduan PLN secara online lewat Virtual Assistant
Nah, apabila Anda ingin mengajukan pengaduan kepada PLN, secara online dapat melalui laman resmi berikut.
- Persiapkan dokumen tagihan listrik, nomor meter, bukti pembayaran, dan sebagainya.
- Buka situs resmi PLN di https://www.pln.co.id/ pada browser.
- Cari menu Pengaduan Pelanggan atau Layanan Pelanggan.
- Pilih opsi yang sesuai dengan masalah.
- Isi formulir pengaduan dengan lengkap dan jelas.
- Ungkap masalah secara rinci dan sertakan dokumen pendukung.
- Berikan nomor telepon dan alamat email yang sesuai untuk menghubungi Anda.
- Simpan menerima nomor referensi pengaduan.
- Nantinya pihak PLN akan memberikan respon melalui email atau telepon dalam waktu 3-5 hari kerja.
3. Cara Pengaduan PLN secara offline melalui telepon
Langkah mudah lainnya adalah dengan mengajukan pengaduan PLN melalui sambungan telepon dengan biaya pulsa.
- Hubungi PLN di nomor 123
- Gunakan kode area tempat tinggal.
- Saat berdomisili di Yogyakarta, hubungi (0274)123 supaya tersambung ke PLN.
- Ungkap pengaduan.
- Lakukan pengaduan dengan singkat dan padat.
- Simpan nomor referensi laporan.
4. Cara Pengaduan PLN secara online melalui media sosial
Pelanggan juga dapat menghubungi salah satu akun media sosial PLN yang mudah diakses.
- Pln123@pln.co.id (email)
- @pln_123 (Twitter)
- PLN 123 (Facebook)
- @pln123_official (Instagram)
Jika Anda tidak puas dengan jawaban dari pihak PLN, Anda dapat mengajukan banding atau keluhan lebih lanjut.
Untuk memastikan pengaduan Anda ditangani dengan baik, pastikan Anda memberikan informasi yang jelas dan akurat, serta mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh PLN.
Demikian beberapa cara pengaduan PLN secara online dan offline yang mudah diterapkan oleh pelanggan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News