Ini 5 Cara Mengatasi Kapasitas iCloud Penuh di iPhone dengan Mudah

Selasa, 16 Mei 2023 | 13:41 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 5 Cara Mengatasi Kapasitas iCloud Penuh di iPhone dengan Mudah

ILUSTRASI. Ini 5 Cara Mengatasi Kapasitas iCloud Penuh di iPhone dengan Mudah. REUTERS/Stephen Lam


TIPS & TRIK - JAKARTA. Cara mengatasi kapasitas iCloud penuh di iPhone dengan mudah. Pengguna perangkat iPhone tentu sudah familiar dengan layanan iCloud dari Apple.

iCloud adalah layanan cloud storage yang disediakan oleh Apple untuk pengguna perangkat Apple, termasuk iPhone.

Ini adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengamankan, dan mengakses data secara online melalui server Apple.

Melalui layanan iCloud, pengguna iPhone dapat memanfaatkan penyimpanan cloud untuk mengamankan dan mengakses data dengan mudah, serta menyediakan cadangan yang dapat dipulihkan di berbagai perangkat Apple.

Baca Juga: 2 Cara Membuka iPhone yang Terkunci iCloud dan Lewati Activation Lock

Cara mengatasi kapasitas iCloud penuh

Sementara itu ada beberapa manfaat penyimpanan iCloud yang diaktifkan pada perangkat iOS.

Manfaat penyimpanan iCloud bagi pengguna iPhone

1. Penyimpanan dan Sinkronisasi Data: iCloud menyimpan berbagai jenis data, termasuk foto, video, file, catatan, kontak, kalender, pesan teks, dan banyak lagi. Data tersebut dapat dengan mudah diakses dan disinkronkan di berbagai perangkat Apple yang digunakan, seperti iPhone, iPad, Mac, dan Apple Watch. Misalnya, jika pengguna mengambil foto dengan iPhone, foto tersebut akan secara otomatis tersimpan di iCloud dan dapat diakses melalui perangkat lain yang terhubung dengan akun iCloud Anda.

2. Cadangan Otomatis: iCloud membuat cadangan (backup) otomatis dari data penting di iPhone. Cadangan ini mencakup pengaturan perangkat, aplikasi, pesan, foto, video, dan data lainnya. Dengan memiliki cadangan di iCloud, Anda dapat dengan mudah mengembalikan data ke iPhone baru atau mengembalikan data setelah mengatur ulang perangkat.

3. Ruang Penyimpanan Tambahan: Setiap pengguna iCloud mendapatkan 5GB penyimpanan gratis. dapat memanfaatkan ruang penyimpanan ini untuk menyimpan data penting secara aman di cloud. Apabila membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan, Apple juga menyediakan opsi untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan iCloud dengan berlangganan.

4. Berbagi Data dengan Mudah: Dengan iCloud, pengguna dapat dengan mudah berbagi file, foto, video, atau dokumen lainnya dengan orang lain melalui tautan unduhan atau berbagi kolaboratif. Misalnya, Anda dapat berbagi album foto dengan teman-teman atau mengundang orang lain untuk mengedit dan berkontribusi pada dokumen yang sama secara bersamaan.

5. Menemukan Perangkat yang Hilang: iCloud menyediakan fitur Find My iPhone yang memungkinkan melacak lokasi perangkat yang hilang atau dicuri. Pengguna dapat mengunci perangkat, mengaktifkan mode Hilang (Lost Mode), atau menghapus data dari jarak jauh melalui layanan ini.

Baca Juga: 3 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di HP Android, iOS, dan Laptop

iCloud yang menggunakan enkripsi end-to-end dan langkah-langkah keamanan untuk melindungi data. Ini memberikan tingkat keamanan tambahan terhadap kehilangan atau pencurian perangkat, serta melindungi privasi dan informasi pribadi.

Pengguna baru pada umumnya akan mendapatkan kapasitas iCloud sebesar 5 GB secara gratis. Tentu hal tersebut cukup terbatas mengingat foto dan video iPhone cukup memakan penyimpanan.

Jika ruang penyimpanan iCloud penuh, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut.

Simak beberapa cara mengatasi kapasitas iCloud penuh dengan mudah.

Cara mengatasi kapasitas iCloud penuh

1. Menghapus Data dari iCloud

Pertama, pengguna bisa periksa dan hapus data yang tidak perlu atau tidak lagi butuhkan dari penyimpanan iCloud.

  • Buka menu pengaturan akun Apple ID.
  • Pilih iCloud atau Penyimpanan iCloud.
  • Pilih data yang disimpan di iCloud.
  • Beberapa item seperti file, foto, video, pesan, atau cadangan aplikasi bisa jadi pilihan.

2. Mengelola Cadangan iCloud

Langkah lain dari mengatasi kapasitas iCloud adalah mengelola Cadangan. Kondisi cadangan penuh di iCloud juga dapat menyebabkan masalah ruang penyimpanan penuh.

Periksa cadangan yang ada di perangkat iOS Anda dan hapus cadangan lama atau tidak diperlukan dari pengaturan iCloud.

Pengguna juga dapat memilih untuk tidak mencadangkan beberapa aplikasi yang mungkin tidak perlu dicadangkan, atau mengurangi jumlah data yang disertakan dalam cadangan.

3. Fitur Optimalisasi Penyimpanan iCloud

Setiap perangkat iOS, pengguna dapat mengaktifkan fitur "Optimalisasi Penyimpanan iCloud" di pengaturan iCloud.

Fitur ini akan secara otomatis mengelola ruang penyimpanan iCloud dengan menyimpan versi yang lebih kecil atau hanya tautan ke foto dan video asli di perangkat Anda. Ini membantu mengurangi penggunaan ruang penyimpanan iCloud.

4. Meningkatkan Ruang Penyimpanan iCloud

Apabila pengguna masih memerlukan lebih banyak ruang penyimpanan iCloud, Anda dapat mempertimbangkan untuk meningkatkan langganan ruang penyimpanan iCloud.

Apple menyediakan berbagai opsi langganan yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dengan pembayaran bulanan dan tahunan.

5. Menggunakan Alternatif Penyimpanan

Opsi terakhir dalam menghadapi kendala ruang penyimpanan iCloud yang terus-menerus, yakni dengan mempertimbangkan menggunakan layanan penyimpanan cloud lain.

Beberapa layanan Google Drive, Dropbox, atau OneDrive sudah ada di Apps Store sebagai aplikasi menyimpan dan membackup data.

Demikian beberapa cara mengatasi kapasitas iCloud penuh di iPhone dengan mudah dan praktis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru