Ini 5 Manfaat Diet Minyak Goreng dan Cara Memulainya

Senin, 15 April 2024 | 15:26 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 5 Manfaat Diet Minyak Goreng dan Cara Memulainya

ILUSTRASI. Menggoreng Ayam


KESEHATAN - JAKARTA. Simak manfaat diet minyak goreng dan cara memulainya. Langkah mengurangi makanan berminyak telah menjadi topik penting dalam dunia kesehatan dan gizi.

Minyak goreng adalah bahan dasar yang banyak digunakan dalam pengolahan makanan, tetapi konsumsi berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan.

Dengan perhatian yang semakin meningkat terhadap efek kesehatan dari jenis minyak yang berbeda dan metode memasak, semakin banyak orang yang mempertimbangkan untuk mengubah pola makan mereka.

Eksplorasi lebih lanjut tentang pentingnya memahami peran minyak goreng dalam diet kita dan bagaimana memilih dan mengonsumsinya dengan bijak demi mendukung kesehatan.

Baca Juga: Gemar Kulineran? Ini 6 Tips Sehat saat Hobi Makan Banyak

Manfaat diet minyak goreng

deep frying

Untuk itu, Ada beberapa kondisi yang positif terhadap tubuh saat mengurangi makanan berminyak, dilansir dari Health Digest.

1. Berat badan turun

Makanan digoreng tinggi kalori karena mengandung lemak dan tepung, meningkatkan kalori dan lemak dalam makanan. Menghindari makanan ini membantu menciptakan defisit kalori dan menurunkan berat badan.

2. Kesehatan jantung meningkat

Lemak jenuh dan trans dalam makanan digoreng meningkatkan risiko penyakit jantung. Mengonsumsi makanan ini berhubungan dengan peningkatan risiko serangan jantung, stroke, dan gagal jantung.

3. Risiko Peradangan menurun

Proses penggorengan meningkatkan kadar AGEs atau zat perusak dalam makanan, yang dapat memicu peradangan. Menghilangkan makanan digoreng dari diet membantu mengurangi peradangan dan risiko penyakit yang berkaitan dengan inflamasi.

4. Risiko penyakit menurun

Konsumsi makanan digoreng berhubungan dengan peningkatan risiko kematian dan penyakit serius, termasuk penyakit jantung dan kanker. Mengurangi asupan makanan ini dapat mengurangi risiko penyakit tersebut.

5. Kemampuan kognitif meningkat

Pola makan tinggi makanan digoreng dapat terkait dengan peradangan otak dan penurunan kemampuan berpikir. Menghindari makanan ini dapat membantu menjaga kesehatan kognitif dan mengurangi risiko kecemasan dan depresi.

Baca Juga: Catat 7 Makanan untuk Membakar Lemak di Perut, Ada Yogurt dan Salmon

Cara memulai diet minyak goreng

Ada beberapa alternatif yang dapat dipertimbangkan dalam diet minyak goreng berikut ini.

Pertama, penggunaan minyak nabati seperti minyak zaitun, minyak biji rami, atau minyak kelapa dapat menjadi opsi yang lebih sehat karena kandungan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang baik untuk jantung.

Kedua, metode memasak seperti memanggang, merebus, atau mengukus dapat digunakan untuk mengurangi penggunaan minyak secara keseluruhan.

Selain itu, penggunaan bahan tambahan seperti saus tomat, yogurt, atau kaldu bisa digunakan sebagai pengganti minyak untuk memberi rasa pada makanan tanpa harus menggunakan minyak dalam jumlah besar.

Dengan memilih alternatif ini, kita dapat tetap menikmati makanan yang lezat dan sehat tanpa mengorbankan kesejahteraan kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru