Ini 5 Penyebab Fan Mesin Laptop Berbunyi Kencang dan Solusinya

Senin, 04 Maret 2024 | 14:15 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 5 Penyebab Fan Mesin Laptop Berbunyi Kencang dan Solusinya


Penyebab Fan Mesin Laptop Berbunyi - JAKARTA. Simak alasan kenapa mesin laptop berbunyi kencang. Setiap komponen laptop bekerja untuk mengoptimalkan kinerja software dan hardware, termasuk bagian penting seperti fan laptop.

Fan mesin laptop, atau kipas pendingin laptop, merupakan komponen penting yang bertugas mendinginkan laptop dengan cara membuang panas dari dalam perangkat ke lingkungan luar.

Fan ini bekerja dengan memutar bilah-bilahnya untuk menarik udara dingin dari luar dan mendorong udara panas yang dihasilkan oleh komponen-komponen seperti prosesor (CPU), kartu grafis (GPU), dan unit penyimpanan dari dalam laptop.

Mesin laptop yang sehat menunjukkan beberapa ciri khas yang menandakan laptop tersebut beroperasi dengan baik dan efisien.

Baca Juga: Inilah 6 Cara Mengatasi Laptop Hang bagi Pengguna, Bisa Upgrade RAM

Tanda mesin laptop masih baik

Laptop HP

Pengguna perlu memahami beberapa kondisi yang bisa terjadi menjadi penanda mesin laptop masih baik.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri tersebut:

  • Suhu Operasional Normal: Laptop bekerja dalam suhu yang aman dan tidak terlalu panas saat digunakan, bahkan saat menjalankan aplikasi atau game yang membutuhkan sumber daya sistem yang besar. Ini menunjukkan sistem pendinginan, termasuk fan, bekerja dengan baik.
  • Fan Beroperasi dengan Suara Minimum: Meskipun fan akan berputar lebih cepat saat dibutuhkan, suara yang dihasilkan tidak berlebihan atau mengganggu. Suara fan yang halus menandakan tidak ada penghalang seperti debu yang berlebihan dan fan beroperasi secara efisien.
  • Performa Stabil: Laptop dapat menjalankan berbagai aplikasi dan tugas tanpa lag, hang, atau crash yang tidak terduga. Ini menunjukkan bahwa komponen hardware seperti CPU, GPU, dan RAM berfungsi dengan baik.
  • Waktu Boot yang Cepat: Laptop yang sehat memiliki waktu boot atau waktu untuk siap digunakan setelah dinyalakan yang relatif cepat, menandakan sistem operasi dan drive (HDD atau SSD) bekerja dengan baik.
  • Tidak Ada Suara Aneh: Selain suara fan, laptop yang sehat tidak mengeluarkan suara yang tidak biasa seperti klik, berdengung, atau suara lain yang bisa menandakan masalah pada hard drive atau komponen lainnya.

Sayangnya, setiap laptop memiliki batasan performa masing-masing, sehingga Anda perlu mengenali tandanya seperti fan mesin laptop bergerak kencang.

Penyebab fan mesin laptop berbunyi kencang

Berikut ini alasan mengapa fan mesin laptop bisa berputar kencang, dilansir dari laman Asurion.

1. Peningkatan Beban Kerja

Ketika Anda menjalankan aplikasi atau game yang membutuhkan banyak sumber daya sistem, seperti pengeditan video, desain grafis, atau game dengan grafis tinggi, CPU dan GPU akan bekerja lebih keras.

Hal ini menghasilkan panas yang lebih banyak, sehingga fan berputar lebih cepat untuk mendinginkan komponen tersebut.

2. Suhu Lingkungan yang Tinggi

Bila suhu di sekitar laptop cukup tinggi, fan perlu bekerja lebih keras untuk menurunkan suhu internal laptop ke level yang aman.

3. Debu dan Kotoran

Akumulasi debu dan kotoran pada bilah fan atau saluran udara dapat menghambat aliran udara, membuat fan harus bekerja lebih keras untuk mencapai efisiensi pendinginan yang diinginkan.

4. Penuaan Komponen

Seiring waktu, pasta termal yang berfungsi sebagai konduktor panas antara CPU dan sistem pendinginan bisa mengering dan kehilangan efektivitasnya, menyebabkan panas tidak tersebar dengan baik dan fan harus berputar lebih kencang untuk kompensasi.

5. Pengaturan Manajemen Daya

Pengaturan manajemen daya pada sistem operasi atau BIOS yang diatur untuk performa maksimal bisa membuat komponen bekerja pada kapasitas tinggi secara konstan, sehingga meningkatkan produksi panas dan kebutuhan akan pendinginan yang lebih intensif.

Untuk menjaga fan bekerja pada kecepatan normal dan memastikan suhu operasional laptop tetap optimal, penting untuk menjaga kebersihan internal laptop, memastikan lingkungan kerja memiliki sirkulasi udara yang baik, dan menggunakan software untuk memonitor suhu serta mengatur kecepatan fan jika perlu.

Cara mengatasi fan mesin laptop berbunyi

Berikut ini cara mengatasi fan mesin laptop panas yang bisa Anda coba sesuai kemampuan.

1. Letakkan laptop di permukaan yang keras dan datar

Laptop memungkinkan Anda bekerja dari mana saja dan di atas permukaan apa pun, bahkan tumpukan pakaian yang sedang Anda lipat. Nah, beberapa permukaan mungkin memblokir ventilasi yang membantu perangkat Anda mendingin.

Nah, dengan meletakkan laptop Anda di permukaan yang keras dan datar mencegah ventilasi kipas terblokir, memungkinkan kipas internal mendinginkan mesin Anda dan membuatnya bekerja dengan benar.

2. Bersihkan ventilasi udara

Saat laptop Anda masih berisik atau jika kipasnya terus-menerus berjalan, Anda juga harus memeriksa ventilasi udara dari debu, yang mungkin menyumbat perangkat Anda.

Untuk melakukan ini, arahkan kaleng udara bertekanan ke arah ventilasi kipas laptop Anda dengan sudut, berhati-hatilah untuk tidak menyemprotkan udara langsung ke dalam mesin Anda.

Ini merupakan ide yang baik untuk membersihkan ventilasi laptop Anda setiap 6 bulan sebagai langkah pencegahan, memastikan penumpukan debu tidak menyebabkan komputer Anda kepanasan.

3. Hentikan program yang berjalan di latar belakang

Laptop sering menjalankan program di latar belakang saat Anda bekerja di jendela yang berbeda. Program-program tersebut, serta jendela apa pun yang Anda buka, dapat memperlambat perangkat Anda. 

Itulah beberapa panduan yang bisa dicoba saat fan laptop cepat panas yang dapat mengganggu kinerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru